Tanggal:22 April 2024
Brand story adalah

Mengenal Apa Itu Brand Story Bagi Bisnis

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, membangun identitas yang kuat dan memikat konsumen merupakan hal yang sangat penting. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui penggunaan brand story.

Brand story adalah cerita yang mendalam yang menggambarkan esensi, nilai-nilai, dan misi dari suatu merek atau perusahaan. Dalam artikel ini, minvo akan mengenal lebih jauh apa itu brand story, tujuannya, manfaatnya, cara membuatnya, serta melihat beberapa contoh yang inspiratif.

1. Pengertian

Brand story adalah narasi atau cerita yang merangkum identitas merek atau perusahaan. Cerita ini berfungsi untuk menjelaskan latar belakang merek, visi, misi, serta nilai-nilai yang ingin disampaikan kepada konsumen.

Brand story mencoba membangun ikatan emosional antara merek dengan konsumen, sehingga mereka merasa terhubung dan tertarik pada merek tersebut.

2. Tujuan

Tujuan dari brand story adalah untuk membedakan merek dari pesaing-pesaingnya. Dengan memiliki cerita yang unik dan menarik, merek dapat menarik perhatian dan minat konsumen.

Selain itu, brand story juga membantu membangun hubungan yang kuat antara merek dengan konsumen, sehingga meningkatkan loyalitas konsumen dan memperkuat ikatan merek.

3. Manfaat

Brand story memiliki beberapa manfaat penting bagi bisnis, antara lain:

1) Meningkatkan Daya Tarik Merek

Dengan cerita yang kuat dan autentik, merek akan lebih menonjol dan menarik perhatian konsumen.

2) Membangun Ikatan Emosional

Brand story membantu menciptakan ikatan emosional antara merek dengan konsumen, sehingga konsumen merasa terhubung secara pribadi dengan merek tersebut.

3) Memperkuat Identitas Merek

Dalam pasar yang ramai, brand story membantu merek untuk membedakan dirinya dari pesaing-pesaingnya, dengan menekankan nilai-nilai dan keunikan yang dimiliki oleh merek.

4) Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Dengan memiliki cerita yang menarik, konsumen cenderung menjadi lebih setia dan terhubung dengan merek tersebut.

4. Cara Membuat

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat brand story yang efektif:

1) Kenali Identitas Merek

Mulailah dengan memahami secara mendalam identitas merek, nilai-nilai inti, dan misi perusahaan. Ini akan membantu Anda menciptakan cerita yang autentik dan konsisten.

2) Temukan Titik Fokus

Identifikasi elemen-elemen yang paling menonjol dalam identitas merek dan gunakan sebagai titik fokus cerita. Hal ini dapat berupa asal-usul merek, perjalanan yang menginspirasi, atau nilai-nilai yang ingin disampaikan.

3) Buat Narasi Yang Menarik

Gunakan teknik storytelling yang kuat untuk menciptakan narasi yang menarik dan memikat. Buatlah cerita yang membangkitkan emosi dan menarik perhatian konsumen.

4) Sampaikan Nilai-Nilai Merek

Pastikan brand story Anda mencerminkan nilai-nilai yang ingin disampaikan oleh merek. Hal ini akan membantu memperkuat ikatan dengan konsumen yang memiliki nilai-nilai serupa.

5) Uji & Revisi

Setelah membuat brand story, uji cerita tersebut dengan melibatkan berbagai pihak, seperti karyawan, mitra, atau pelanggan. Dapatkan umpan balik dan lakukan revisi jika diperlukan.

5. Contoh

Berikut adalah beberapa contoh brand story yang berhasil dari perusahaan terkenal:

a. Nike

Brand story Nike mengangkat semangat atlet dan keberanian untuk mencapai prestasi yang luar biasa. Mereka fokus pada nilai-nilai seperti kegigihan, inspirasi, dan semangat juang.

b. Coca-Cola

Brand story Coca-Cola menyoroti momen kebersamaan dan kegembiraan. Mereka berusaha untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan menyatukan orang-orang melalui produk minuman mereka.

c. Apple

Brand story Apple berfokus pada inovasi, desain yang elegan, dan pengalaman pengguna yang intuitif. Mereka ingin memberikan alat yang memungkinkan orang untuk mewujudkan potensi mereka.

d. Airbnb

Brand story Airbnb mencerminkan nilai-nilai inklusif dan keinginan untuk menjalin hubungan antarbudaya. Mereka ingin menciptakan pengalaman perjalanan yang berbeda dari yang konvensional, memungkinkan orang untuk mengenal budaya baru dan menjalin persahabatan.

Dengan mempelajari dan menerapkan konsep brand story, bisnis Anda dapat membangun identitas merek yang kuat, menarik perhatian konsumen, dan membangun hubungan yang langgeng. Sebuah brand story yang autentik dan memikat dapat menjadi aset berharga dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini.

Public relation masterclass
Share

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *