Tanggal:25 April 2024

Merasa Canggung? Ini Dia 15 Cara Berkenalan Dengan Orang Baru

Cara berkenalan dengan orang baru merupakan hal yang penting untuk dilakukan ketika ingin memperluas jaringan sosial. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa perasaan canggung sering kali muncul ketika ingin berkenalan dengan orang baru. Perasaan canggung saat berkenalan dengan orang baru adalah hal yang sering terjadi. Rasa gugup, kekhawatiran akan penilian orang lain, atau bahkan ketidakpastian tentang topik pembicaraan membuat siapa saja merasa tidak nyaman.

Artikel ini merupakan solusi untuk kamu yang ingin mengatasi perasan canggung saat berkenalan dengan orang baru dan membantu kamu merasa lebih nyaman, lebih tulus, dan lebih terhubung saat memulai percakapan dengan orang baru.

Berikut 15 cara berkenalan dengan orang baru:

1. Menggunakan Pakaian yang Berkualitas

Ketika kamu ingin berkenalan dengan orang baru, sebaiknya menggunakan pakaian yang berkualitas. Pakaian yang berkualitas tidak harus selalu mahal, banyak brand-brand yang menjual pakaian berkualitas dengan harga terjangkau. Dengan kamu menggunakan pakaian berkualitas itu akan meningkatkan rasa percaya diri dalam diri kamu.

Dikutip dari whitehouseblackmarket.com, pakaian berkualitas tinggi dan dirancang dengan baik dapat membantu kamu lebih percaya diri, sehingga kamu dapat menghadapi tantangan di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi.

2. Paksakan Diri Kamu untuk Berani Memulai Percakapan

Biasanya ketika seseorang ingin memulai percakapan dengan orang baru akan muncul perasaan canggung. Nah, walaupun begitu kamu harus memaksakan diri kamu untuk memulai sebuah percakapan dengan orang tersebut. Mungkin awal-awal akan terasa menakutkan, tetapi ini adalah langkah penting untuk membangun suatu hubungan.

Berikut beberapa tips untuk memulai percakapan:

  • Sapa Dengan Ramah: Mulailah terlebih dahulu dengan salam yang hangat dan senyuman yang tulus. Hal ini dapat menciptakan suasana yang positif.
  • Gunakan Pertanyaan Sederhana: Ajukan pertanyaan yang bisa mendorong percakapan lebih lanjut, seperti “Bagaimana Kabar Kamu hari ini?”.
  • Berikan Komplimen: Jika sesuai, berikan komplimen yang tulus.
  • Temukan Titik Persamaan: Jika kamu mengetahui beberapa hal tentang orang tersebut maka kamu harus menemukan titik persamaan untuk membicarakannya.
  • Berikan Perhatian Penuh: Kamu harus fokus terhadap percakapan, dengarkan dan tanggapi dengan baik.

3. Selalu Percaya diri

Rasa percaya diri merupakan kunci ketika ingin berkenalan dengan orang baru. Percaya diri dapat membantu kamu menciptakan hubungan yang positif dan interaksi yang baik. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk selalu percaya diri:

  • Mengakui Diri Sendiri: Jangan membandingkan diri kamu dengan orang lain, karena setiap orang mempunyai jalannya masing-masing dan keunikannya sendiri.
  • Ubah Pikiran Negatif Menjadi Positif: Jangan biarkan pikiran negatif mengambil alih, tangani dengan afirmasi positif tentang diri kamu.
  • Persiapkan Diri Dengan Baik: Berpakaian sesuai dengan gaya dan kenyamanan kamu. Pakaian yang kamu kenakan dapat mempengaruhi tingkat percaya diri.
  • Latihan Meningkatkan Percaya Diri: Kamu bisa berlatih berbicara didepan cermin atau dengan teman dekat. Hal ini akan membantu kamu merasa lebih nyaman dalam menyampaikan pikiran dan ide. Kamu juga bisa loh ikut kursus Public Speaking di Vocasia untuk membantu kamu meningkatkan percaya diri.

4. Memperkenalkan Diri Secukupnya

Saat berkenalan dengan orang baru, memberikan informasi tentang diri kamu adalah langkah penting untuk membangun komunikasi yang baik. Namun, kamu jangan berlebihan dalam memperkenalkan diri. Kamu harus membuat lawan bicara kamu penasaran tentang diri kamu dan kasih kesempatan mereka untuk bertanya kembali tentang diri kamu.

5. Melakukan Obrolan Ringan

Kamu bisa melakukan obrolan yang ringan untuk mengatasi rasa canggung. Obrolan ringan adalah cara untuk memulai sebuah percakapan sebelum melakukan obrolan yang lebih mendalam. Berikut tips untuk memulai obrolan ringan:

  • Mengamati Sekitar: Mulailah dengan mengamati lingkungan di sekitar kamu atau situasi di mana kamu berada, hal ini akan membantu kamu untuk mencari topik awalan yang baik.
  • Cuaca dan Keadaan: Berbicaralah tentang cuaca, suasana hati, atau peristiwa yang sedang terjadi.
  • Acara atau Aktivitas: Jika kamu berada dalam suatu acara kamu dapat berbicara tentang acara tersebut atau aktivitas yang dapat dilakukan pada saat acara berlangsung.

Baca Juga: 8 Manfaat Public Speaking Bagi Mahasiswa

6. Gunakan Bahasa Tubuh yang Terbuka

Bahasa tubuh merupakan alat komunikasi yang kuat, bahkan sebelum kamu berbicara. Menggunakan bahasa tubuh yang terbuka adalah cara efektif untuk mengirimkan pesan positif dan merasa percaya diri saat berinteraksi. Berikut tips menggunakan bahasa tubuh yang terbuka:

  • Berdiri Tegap: Berdiri dengan postur yang tegap akan menunjukkan Anda lebih percaya diri dan mempunyai kepribadian yang kuat.
  • Jaga Kontak Mata: Saat berbicara, kamu harus menjaga kontak mata dengan lawan bicara kamu. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu benar-benar terlibat dalam percakapan.
  • Jangan Menyilang Tangan atau Kaki: Hindari menyilang tangan atau kaki, karena kamu akan terlihat tidak nyaman atau sebagai bentuk pertahanan.

7. Ajukan Pertanyaan Terbuka

Salah satu cara efektif untuk memulai percakapan yang bermakna dan merangsang diskusi lebih dalam adalah dengan mengajukan pertanyaan terbuka. Pertanyaan ini tidak hanya meminta jawaban yang singkat tetapi meminta lawan bicara untuk mengungkapkan pandangannya atau pengalaman. Berikut tips mengajukan pertanyaan terbuka:

  • Gunakan Kata-kata yang Mendukung: Kamu bisa memulai pertanyaan dengan kata-kata seperti bagaimana, kenapa, apa.
  • Hindari Pertanyaan Dengan Jawaban Ya/Tidak: Kamu harus menghindari memberikan pertanyaan yang jawabannya ya atau tidak, agar tidak membatasi percakapannya.
  • Berfokus Pada Pengalaman: Kamu bisa mengajukan pertanyaan tentang pengalaman pribadi seperti “Bagaimana kamu menangani situasi seperti ini sebelumnya?”.

8. Ceritakan Pengalaman Pribadi

Kamu bisa menceritakan pengalaman pribadi kamu kepada orang baru agar membangun kedekatan. Saat kamu menceritakan pengalaman pribadi, kamu membuka jendela ke dalam dunia kamu dan mengundang orang lain untuk lebih mengenal diri kamu. Berikut tips untuk menceritakan pengalaman pribadi:

  • Pilih Pengalaman yang Relevan: Kamu bisa memilih pengalaman yang relevan dengan situasi saat itu.
  • Berfokus Pada Perasaan dan Pembelajaran: Kamu bisa menceritakan tentang pengalaman yang membuat anda merasa sesuatu dan apa yang dapat anda pelajari dari pengalaman tersebut.
  • Jaga Cerita Tetap Singkat: Usahakan ketika kamu bercerita itu sesingkat mungkin, walaupun memberikan detail itu penting tapi jika ceritanya kepanjangan akan membuat lawan bicara kehilangan minat untuk mendengar cerita kamu.

9. Hormati batasan pribadi

Saat berinteraksi dengan orang baru, kamu harus menghormati batasan pribadi mereka, karena setiap orang mempunyai zona pribadi dan kenyamanan yang perlu dihormati agar interaksi berjalan dengan lancar dan positif. Tips menghormati batasan pribadi:

  • Jaga Jarak yang Sesuai: Kamu harus jaga jarak yang sesuai dengan lawan bicara jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. Sesuaikan dengan kebiasaan dan budaya di tempat tersebut.
  • Respon Terhadap Isyarat Tubuh: Ketika kamu melihat lawan bicara kamu menjaga jarak atau sedang tidak ingin diganggu, kamu harus menghormati hal tersebut.
  • Baca Ekspresi Wajah dan Bahasa Tubuh: Ketika kamu sedang berbicara dengan orang baru, coba kamu perhatikan ekspresi wajahnya jika dia terlihat tidak nyaman atau ingin menghentikan percakapan kamu harus berikan ruang untuk itu.
  • Tanyakan Sebelum Berbagi Informasi: Jika kamu ingin berbicara dengan topik yang lebih pribadi, sebaiknya kamu tanyakan terlebih dahulu kepada lawan bicara kamu, apakah nyaman untuk membicarakan hal tersebut atau tidak.

Baca Juga: 11 Cara Agar Public Speaking Bagus Buat Si Pemalu

10. Tunjukkan Empati dan Pengertian

Menunjukkan empati dan pengertian merupakan salah satu kunci untuk berinteraksi dengan orang baru. Ketika kamu berusaha untuk memahami perasaan mereka, maka itu bisa dikatakan sebagai pondasi dari hubungan yang mendalam dan bermakna. Berikut tips menunjukkan empati dan pengertian:

  • Dengarkan Dengan Seutuhnya: Ketika lawan bicara kamu sedang berbicara, berikan perhatian penuh dan dengarkan tanpa interupsi
  • Validasi Perasaan: Ketika kamu memvalidasi perasaan itu menunjukkan bahwa kamu berempati dengan cerita dia, kamu bisa mengatakan “Aku mengerti bagaimana kamu merasa…” atau “Itu pasti sulit” hal ini akan menunjukkan bahwa kamu memahami perasaan lawan bicara.
  • Tanyakan Pertanyaan yang Mendalam: Kamu bisa mengajukan pertanyaan yang mendalam tentang perasaan dan pengalaman mereka. Hal ini akan menunjukkan minat dan kepedulian kamu.
  • Jangan Menilai atau Membandingkan: Kamu harus menghindari menilai atau membandingkan pengalaman kamu dengan pengalaman mereka karena hal ini dapat menyebabkan perasaan ketidaknyamanan.

11. Cari Topik Yang Menarik

Dalam berkenalan dengan orang baru, mencari topik yang menarik adalah kunci untuk mempertahankan percakapan yang berlangsung lancar dan berarti. Memilih topik yang relevan dan menarik dapat membantu kamu membangun hubungan yang lebih dalam dan membuat percakapan lebih menggembirakan. Berikut tips mencari topik yang menarik:

  • Perhatikan Kondisi Sekitar Kamu: Kamu bisa memulai dengan membicarakan tentang situasi di sekitar kamu. Ini adalah cara terbaik untuk memulai percakapan secara alami.
  • Tanyakan Tentang Minat Pribadi: Kamu bisa memulai dengan mengajukan pertanyaan hobi, minat, atau kegiatan favorit mereka.
  • Berbicara Tentang Acara Terkini: Kamu bisa membicarakan dengan topik berita-berita yang lagi viral atau tren yang mungkin menarik bagi mereka.
  • Ceritakan Pengalaman Pribadi: Ketika kamu berbagi cerita tentang pengalaman pribadi yang menarik hal ini dapat membuat lawan bicara untuk menceritakan pengalaman pribadi yang menurut mereka menarik.

12. Hindari Modus

Ketika kamu ingin meminta kontak saat berkenalan, hendaklah melakukannya dengan sopan dan penuh rasa hormat. Jangan terlihat terlalu menekan sehingga mengakibatkan orang yang kamu ajak bicara merasa terpaksa memberikan kontaknya. Hindari menggunakan pendekatan yang terlihat memiliki tujuan tersembunyi atau motif tertentu yang dapat membuat lawan bicara merasa tidak nyaman dan kurang tertarik untuk melanjutkan hubungan lebih lanjut.

13. Hindari topic kontroversial

Saat berinteraksi dengan orang baru, bijaksana untuk menghindari membawa masuk topik-topik kontroversial dalam percakapan. Mengajukan topik yang sensitif atau kontroversial dapat dengan cepat mengubah suasana menjadi tidak nyaman dan merusak potensi hubungan positif.

14. Tukar informasi kontak dengan sopan

Saat kamu merasa hubungan dengan seseorang mulai berkembang dan ingin tetap berhubungan, ada cara sopan untuk tukar informasi kontak. Tukar informasi kontak dapat membantu mempertahankan hubungan dan memberi kesempatan untuk berinteraksi lebih lanjut di masa depan.

15. Belajar Menyikapi Penolakan

Dalam dunia interaksi sosial, penolakan adalah sesuatu yang mungkin terjadi. Meskipun sulit, belajar menyikapi penolakan dengan bijaksana adalah keterampilan penting yang akan membantu kamu tetap percaya diri dan positif dalam berkenalan dengan orang baru.

Itulah 15 cara berkenalan dengan orang baru yang bisa kamu terapkan dikehidupan sehari-hari. Dengan kamu menerapkan 15 poin di atas, diharapkan kamu akan lebih mudah untuk berkenalan dengan orang baru dan kesan pertama mereka ke kamu akan sangat baik. Apakah kamu sudah siap berkenalan dengan orang baru?

Jika rasa canggung dan kurang percaya diri menghambatmu dalam berkenalan dengan orang baru, tak perlu khawatir! Ada solusi yang tepat untukmu ikuti kursus Rahasia Jago Public Speaking di Vocasia. Dijamin, setelah mengikuti kursus ini, kamu akan merasa lebih percaya diri dan tidak akan merasa canggung lagi saat berkenalan dengan orang baru. Jadi, jangan ragu untuk mengambil langkah menuju kepercayaan diri yang lebih besar!

Penulis : Achmad Refikasa – Vocasia

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *