Samsung memberikan masa garansi untuk produk elektronik. Verifikasi garansi Samsung juga dapat dilakukan dengan beberapa cara. Kategori ponsel Samsung biasanya dilengkapi dengan masa garansi 12 bulan (1 tahun). Sebagai pengingat, garansi adalah jaminan yang berkisar dari biaya perawatan hingga biaya penggantian jika barang yang kamu beli rusak.
Pengguna dapat datang ke service center resmi Samsung untuk memperbaiki gadget atau produk elektronik yang baru dibeli. Untuk mendapatkan garansi, kamu harus memiliki kartu garansi yang masih berlaku saat memperbaiki produk elektronik. Dengan begitu, kamu tidak perlu merogoh kocek yang mahal untuk perawatan atau perbaikan produk Samsung kamu.
Jika memiliki garansi yang valid dan memiliki masalah dengan produk Samsung kamu, biasanya kamu tidak akan dikenakan biaya untuk perbaikan atau penggantian suku cadang (syarat dan ketentuan berlaku). Nah, buat kamu yang baru saja membeli produk Samsung, berikut ini adalah cara untuk cek garansi Samsung dengan mudah.
Cara Cek Garansi Samsung
Cara cek garansi Samsung dapat kamu temukan di kotak pembelian. Ponsel Samsung yang didistribusikan di Indonesia hadir dengan garansi resmi Samsung Indonesia (SEIN). Pengguna dapat menggunakan IMEI (International Mobile Equipment Identity), kode UMB untuk memeriksa garansi Samsung Indonesia secara online dan menghubungi customer service Samsung. Di bawah ini adalah penjelasan lengkap dari Vocasia terkait cara cek garansi Samsung.
1. Cek Garansi Samsung Melalui IMEI
IMEI adalah kode penting yang berisi informasi telepon. Semua ponsel Samsung memiliki nomor IMEI yang berbeda. Kamu dapat memeriksa IMEI ponsel kamu di kotak atau kode verifikasi IMEI. Cara Cek Nomor IMEI HP Samsung 15 Digit adalah sebagai berikut:
- Pilih aplikasi Phone di HP Samsung
- Klik kode dial *#06#
- Pilih menu panggilan
- Tunggu beberapa saat sampai kamu mendapatkan informasi IMEI ponsel
- Pengguna bisa menemukan nomor IMEI melalui menu pengaturan, lalu pilih About Phone (Tentang Ponsel)
- Cek IMEI bisa dilakukan melalui website www.imei.info atau www.samsungwarrantycheck.com. Setelah itu, kamu bisa memasukkan IMEI HP Samsung di kolom pencarian di website. Nantinya, informasi mengenai model, serial number, dan masa garansi akan muncul.
Baca Juga: Apa Itu Dana Darurat? Kenali Pengertian, Manfaat, Dan Tips Menyiapkannya
2. Cek Garansi Samsung Menggunakan Kode
Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan kode untuk mengecek garansi produk Samsung kamu. Bukan rahasia, tetapi banyak orang menyebutnya kode rahasia. Dikatakan rahasia karena tidak banyak orang yang mengetahuinya.
Cara memeriksa garansi Samsung dengan kode ini lebih mudah dibandingkan cek secara online. Namun, meskipun lebih mudah, terdapat kelemahan dalam menampilkan informasi yang lebih sedikit daripada metode sebelumnya. Nah, berikut ini Vocasia akan menjelaskan cara cek garansi Samsung menggunakan kode!
- Pada menu utama smartphone Samsung, klik tombol telepon hijau yang biasa kamu gunakan untuk menelepon.
- Masukkan kode #12580369# dan klik tombol panggil.
- Menekan tombol panggil akan memunculkan halaman baru dengan banyak kode dengan angka dan huruf.
- Perhatikan tulisan RF CAL, yang menunjukkan kapan gadget itu diproduksi.
- Contoh: RF CAL 20210115. Nomor ini menunjukkan bahwa ponsel kamu diproduksi pada 15 Januari 2021. Garansi biasanya berlaku hingga 2 tahun sejak gadget diproduksi.
3. Cara Klaim Garansi HP Samsung Online
Selain memeriksa garansi Samsung kamu secara online, kamu juga dapat mengklaim garansi HP Samsung secara online. Setidaknya ada langkah yang bisa kamu lakukan secara online sebelum mengunjungi Samsung Service Center.
Mohon diperhatikan bahwa cacat produk hanya dapat diklaim dalam waktu maksimal 2 hari setelah produk diterima. Untuk mengganti produk yang rusak dan memperbaiki perangkat yang rusak, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini. Silakan kirim email ke Layanan Pelanggan Samsung ([email protected]) agar bisa mendapatkan pertolongan dengan menyertakan detail-detail yang diperlukan sebagai berikut:
- Order ID pesanan
- Tanggal Produk diterima
- Foto box/kardus produk bagian luar pada semua sisi
- Foto Detail kerusakan produk
- IMEI atau Serial Number produk
4. Kontak Customer Service
Cara terakhir, kamu dapat menghubungi nomor layanan pelanggan resmi Samsung. Berbagai cara untuk terhubung dengan customer service di antaranya; menelepon, mengunjungi media sosial Samsung, hingga live chat di situs web resmi www.samsung.com.
- Telepon Samsung Indonesia: 0800-112-7777 atau 0800-112-8888
- Instagram Samsung Indonesia: @samsung_id
- Facebook Samsung Indonesia: @SamsungIndonesia
- Twitter Samsung Indonesia: @SamsungID
Baca Juga: Cara Menabung Untuk Beli HP Impian
Ketentuan Garansi Samsung
1. Berlakunya Jaminan di dalam Ketentuan Garansi Samsung
- Garansi ini berlaku sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh PT. Samsung Electronics Indonesia.
- Garansi diberikan untuk produk Samsung Electronics yang dijual oleh PT. Samsung Electronics Indonesia dan berlaku di Indonesia.
- Jika produk rusak selama masa garansi, suku cadang dan/atau layanan perbaikan tidak akan dikenakan biaya pada saat pembelian. Masa garansi untuk setiap produk terlampir di atas.
- Reparasi dilakukan di Pusat Pelayanan Purna Jual Samsung di seluruh Indonesia dengan membawa kartu jaminan.
2. Tidak Berlakunya Jaminan di Dalam Ketentuan Garansi Samsung
- Kartu garansi tidak lengkap/tidak sesuai serial number, model, IMEI.
- Nomor seri, model, IMEI produk telah dilepas, diubah, dicoret, atau dihilangkan.
- Kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan yang tidak benar atau ketidakpatuhan terhadap petunjuk penggunaan.
- Kerusakan yang tidak disengaja meliputi kerusakan luar karena terjatuh, kontak dengan cairan yang salah, arus listrik, retak karena tekanan, penyimpanan yang tidak tepat, goresan, karat, kotoran, jamur, atau penggunaan normal sehari-hari.
- Kerusakan yang disebabkan oleh force majeure, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam dan/atau huru-hara.
- Hologram/segel rusak, suku cadang pengganti diganti dengan suku cadang tidak asli oleh pengguna selain yang ditunjuk oleh Samsung, dibuka dan/atau diperbaiki oleh teknisi non-Samsung.
- Perangkat lunak atau perangkat keras yang dimodifikasi oleh pengguna.
- Garansi telah kedaluwarsa.
Baca Juga: Sudah Tahu Cara Menghilangkan Embun Di Kamera HP ? Berikut Penjelasannya!
Demikian pembahasan mengenai cara cek garansi Samsung. Semoga dengan adanya pembahasan ini, membuat Sobat Vocasia menjadi lebih mudah untuk mengecek garansi produk Samsung kamu, ya!
Leave a Reply