Tanggal:25 May 2024

Sudah Tahu Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP ? Berikut Penjelasannya!

Lensa kamera HP yang berembun merupakan salah satu hal yang lumrah terjadi pada perangkat ponsel. Meski begitu, kamera HP berembun dapat berakibat pada buruknya kualitas jepretan foto yang dihasilkan. Hal tersebut tentunya akan sangat mengganggu ketika kita hendak mengabadikan momen penting karena jepretan foto yang dihasilkan akan menjadi tidak jelas, blur, atau tidak terlihat karena adanya embun yang menutupi lensa kamera. Maka dari itu, berikut adalah rekomendasi cara menghilangkan embun di kamera HP yang bisa kamu coba dengan mudah!

Penyebab Lensa HP Berembun

Sebagian besar lensa fogging atau berembun pada kamera HP disebabkan oleh ponsel yang terkena hujan. Selain terkena hujan secara langsung, kamera juga bisa berembun ketika kamu kehujanan dan menyimpan ponsel di saku celana. Penyebab lensa fogging lainnya juga bisa berasal dari percikan air yang mengenai ponsel atau ketika kamu tanpa sengaja menjatuhkannya di bak mandi.

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

Jika kamu kamera HP kamu berembun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan embun di kamera HP dengan mudah dan sederhana. Berikut ini adalah 7+ cara menghilangkan embun di kamera HP.

1. Rendaman Beras

Rendaman Beras (sumber: pexels.com)

Beras memang dipercaya mampu menghilangkan air dari dalam ponsel yang kemasukan air, termasuk salah satunya lensa berembun. Hal ini bukan merupakan bualan semata karena beras memang memiliki daya adsorpsi yang kuat, sehingga dapat digunakan untuk membersihkan embun pada kamera ponsel. Menggunakan beras untuk membersihkan embun juga lebih mudah daripada cara lain. Cara membersihkan embun pada kamera HP yang kemasukan air adalah sebagai berikut.

  • Pertama siapkan wadah yang diisi dengan beras
  • Kemudian masukkan ponsel ke dalam wadah berisi beras tersebut
  • Tutup wadah dengan beras dan ponsel

Cara ini bisa memakan waktu beberapa jam tergantung ketebalan embun pada kamera smartphone. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba cara ini sebelum tidur agar saat bangun nantinya kamu bisa langsung menggunakan kamera ponsel kamu.

Baca juga: Ketahui Fungsi White Ballance Dalam Fotografi!

2. Silica Gel

Jika kamu merasa cara di atas masih kurang efektif, kamu bisa menggunakan silika gel yang biasa digunakan untuk menjaga sepatu dan barang lainnya tetap kering dan tidak lembap. Benda ini umumnya sering ditemukan di dalam kotak sepatu baru karena fungsinya untuk menjaga benda di sekitarnya tetap kering sehingga tidak mudah berjamur. Nah, siapa sangka silika gel bisa dengan cepat menghilangkan kelembapan dari kamera ponsel? Berikut adalah caranya!

  • Ambil wadah lalu taburkan silika gel di sekitar ponsel kamu.
  • Selanjutnya, tutup rapat wadah tersebut dan diamkan silika gel serta ponsel kamu kurang lebih semalaman.
  • Jika HP kamu menggunakan model baterai yang bisa dilepas, kamu bisa melepasnya terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam wadah.
  • Terakhir, kamu bisa menunggu sampai embun tersebut menghilang dari kamera ponsel kamu.

3. Hair Dryer

Hair Dryer (sumber: pexels.com)

Pengering rambut atau dikenal juga dengan istilah hair dryer juga bisa digunakan untuk menghilangkan embun di kamera HP loh! Selain fungsi utamanya sebagai pengering rambut, alat ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan embun di kamera ponsel dengan mudah. Kamu bisa menyalakan pengering rambut dan mengeringkan kamera telepon yang berembun dengan pengering rambut tersebut. Namun, perlu diingat bahwa kamu perlu memastikan ponsel kamu dalam keadaan mati.

Baca juga: Resep Seblak yang Enak dan Mudah Dibuat!

Saat menggunakan pengering rambut, kamu perlu ekstra waspada dan hati-hati karena jika digunakan secara tidak benar, embun dapat masuk ke kamera bagian dalam dan sulit untuk dihilangkan. Berikut adalah cara menghilangkan embun di kamera HP dengan hair dryer yang bisa kamu coba.

  • Matikan ponsel terlebih dahulu, keluarkan baterai jika perlu.
  • Nyalakan pengering rambut dan pilih suhu terendah agar ponsel kamu tidak terlalu panas nantinya
  • Sebelum menggunakannya, jauhkan ponsel dari jarak yang cukup jauh dari hair dryer, terutama bagian kamera. Kamu juga bisa mengarahkan angin dari hair dryer ke pinggiran HP.
  • Jangan biarkan ponsel terlalu panas saat dikeringkan dengan menggunakan hair dryer.

4. Kipas Laptop

Siapa sangka kipas laptop bisa diandalkan dalam menghilangkan kelembapan dari lensa kamera HP kamu. Kamu bisa menggunakan kipas laptop yang sedang menyala untuk menghilangkan embun dari kamera HP. Caranya, kamu tinggal meletakkan saja ponsel milikmu di dekat kipas laptop. Selanjutnya kamu bisa menunggu hingga embun di kamera menghilang.

5. Lepas Case

Tidak sedikit orang yang suka memasang casing tambahan di ponsel mereka dengan tujuan memberikan perlindungan ekstra untuk handphone kesayangan. Namun, dalam beberapa kasus lensa kamera mungkin terhalang, atau debu dapat masuk dan menghalangi lensa. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mencoba untuk melepas case dan membersihkan lensa dan bagian sekelilingnya dengan cutton bud atau kapas. Selain itu, pastikan casing yang kamu beli memiliki kualitas yang baik untuk memberikan perlindungan maksimal bagi ponsel kamu.

Baca juga: Usaha Franchise Sukses Modal Di Bawah 100 Juta!

6. Melepas Lensa

Selain fogging, lensa kamera HP rentan kabur karena debu dan kotoran. Karena itu, kamu harus membersihkan kamera HP secara rutin agar perangkat kesayangan kamu bisa bertahan lebih lama dan menghasilkan gambar-gambar yang jernih dan bagus. Berikut adalah cara yang bisa kamu coba untuk membersihkan embun dari kamera HP dengan cara melepas lensa.

  • Buka casing belakang HP dengan menggunakan obeng kecil yang sesuai dengan ukuran baut di handphone jika terdapat baut yang menutup casing atau handphone tersebut. Jika tanpa baut, kamu bisa membuka casing ponsel tersebut secara langsung.
  • Kamu bisa menyiapkan blower mini setelah casing atau bagian belakang penutup handphone terbuka untuk meniup debu dan kotoran yang ada.
  • Blower bisa menyedot semua noda debu yang tertinggal pada lensa
  • Gunakan kapas atau kain berbahan microfiber yang lembut untuk mengelap kembali bila dirasa cukup bersih
  • Kamu bisa pasang kembali baut pada casing atau handphone atau tutup rapat casing handphone bila sudah bersih
  • Lensa kamera handphone siap digunakan

7. Dijemur di Bawah Sinar Matahari

Jemur Ponsel di Bawah Matahari (sumber: pexels.com)

Sinar matahari ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan embun pada kamera HP loh! Prosedur ini sangat efektif bila ada sedikit embun pada lensa kamera ponsel. Namun, jika lensa ponsel kamu terlalu lembap, cara ini akan kurang efektif dan justru berisiko memburamkan kamera ponsel. Oleh karena itu, jika ponsel kamu terlalu basah sebaiknya kamu menghindari cara ini. 

  • Pertama, tempatkan HP yang berembun ke dalam sebuah wadah yang bisa menahan paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan bila langsung menghadapkan kamera ke paparan sinar matahari tanpa menggunakan penahan, bisa mengakibatkan kamera HP rusak.
  • Selanjutnya letakkan wadah berisi handphone itu di tempat yang terkena sinar matahari.
  • Kamu bisa menjemur HP yang berada di dalam wadah itu sampai embun yang ada di dalam lensa kamera handphone menguap dan menghilang.

Catatan: jangan menjemur ponsel di bawah sinar matahari terlalu lama karena bisa membuat HP kotor oleh debu.

8. Sorotan Lampu

Lampu biasanya digunakan untuk menerangi lingkungan dengan cahayanya, terutama pada malam hari. Namun, siapa sangka ternyata lampu juga bisa menghilangkan embun ponsel kamera? Lampu dapat menguapkan dan menghilangkan embun di kamera ponsel dengan udara hangat yang dipancarkan olehnya. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan embun di kamera dengan sorotan lampu.

  • Pastikan kamu mematikan HP terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.
  • Letakkan handphone kamu di atas alas yang datar.
  • Arahkan kamera handphone kamu ke atas atau posisikan ponsel kamu menjadi tengkurap.
  • Arahkan sorotan lampu itu ke arah kamera handphone yang berembun tersebut.
  • Setelahnya, kamu bisa menunggu sampai embun pada kamera menguap dan hilang.

Nah, itulah dia cara menghilangkan embun dari kamera HP yang bisa kamu coba di rumah dengan mudah. Untuk kamu yang suka fotografi dan ingin menjadi fotografer hanya dengan bermodalkan kamera ponsel, kamu bisa mencoba kursus fotografi super murah dan mudah yang satu ini!

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *