Tanggal:19 May 2024
mengatasi hp panas

15 Cara Mengatasi HP Panas, Sederhana Tetapi Ampuh!

HP yang panas tidak bisa membuat performa perangkat bekerja maksimal. Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara mengatasinya agar tidak terganggu saat beraktivitas dengan HP kamu. Membiarkannya terlalu lama tidak hanya akan memengaruhi kinerja HP, tetapi juga akan membuat perangkat kamu lebih cepat rusak dan membuatnya kurang tahan lama.

HP yang cepat panas adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh pengguna smartphone. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah spesifikasi HP yang kurang mumpuni. Untuk menghindari masalah tersebut, kamu harus mengetahui beberapa merek HP yang mudah panas untuk meminimalkan kondisi ini. Kali ini, Vocasia akan membahas cara mengatasi HP panas. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

1. Pastikan Menggunakan Charger yang Asli

Ilustrasi Charge HP Asli (Sumber: Freepik.com)

Jika charger HP rusak, tidak sedikit orang yang memilih untuk membeli charger palsu karena harganya yang lebih murah dibandingkan charger asli. Namun, siapa sangka hal ini justru akan menyebabkan HP cepat panas. Selain itu, menggunakan charger palsu juga dapat merusak baterai HP kamu lebih cepat.

Selalu gunakan pengisi daya asli untuk menghindari kerusakan pada HP dan masalah dengan panas berlebih yang cepat. Harganya memang sedikit lebih mahal, namun kualitas charger HP asli lebih terjamin. Pastikan charger yang kamu gunakan asli atau tidak menggunakan aplikasi Ampere.

2. Matikan Bluetooth dan GPS Jika Tidak Digunakan

Cara mengatasi HP panas selanjutnya adalah mematikan bluetooth dan GPS jika tidak digunakan. Bluetooth dan GPS adalah dua fitur yang membutuhkan koneksi internet dan kinerja yang kuat untuk mengaktifkannya. Menjaga kedua aplikasi ini tetap aktif dalam waktu lama dapat dengan mudah membuat HP kamu menjadi lebih cepat panas. Untuk menjaga suhu HP tidak panas dan menghemat daya baterai, matikan Bluetooth dan GPS saat tidak digunakan.

3. Kurangi Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Aplikasi yang dibuka secara bersamaan juga dapat menyebabkan HP kamu kepanasan. Jika ini tidak dibiarkan, dapat merusak ponsel kamu lebih cepat dan menguras baterai ponsel lebih cepat. Untuk mengatasi masalah ini, tutup sebanyak mungkin aplikasi yang tidak digunakan. Metode ini tidak hanya menjaga ponsel kamu dari kelebihan beban, tetapi juga secara efektif menghemat baterai kamu.

4. Cek Pengaturan dan Penggunaan WiFi

Ilustrasi Penggunaan Wifi (Sumber: Freepik.com)

Salah satu penyebab paling umum dari HP overheating adalah pengaturan yang tidak optimal dan penggunaan nirkabel. Penggunaan Wi-Fi terus menerus dapat menyebabkan ponsel kamu cepat panas. Hal ini dikarenakan aplikasi background juga berjalan secara otomatis saat WiFi aktif, sehingga menyulitkan ponsel untuk bekerja.

Kamu dapat menggunakan aplikasi Smart Wifi atau Wifi Sleeper untuk mengatur penggunaan WiFi kamu. Ini memungkinkan kamu untuk mengontrol kapan WiFi menyala dan kapan mati saat tidak digunakan. Aplikasi ini adalah cara untuk mengatasi dan mengatasi ponsel yang terlalu panas akibat penggunaan WiFi.

5. Hindari HP Terkena Air

Air adalah musuh nomor satu elektronik, termasuk HP. Ada banyak pilihan untuk ponsel tahan air akhir-akhir ini, tetapi jauhkan ponsel kamu dari air sebanyak mungkin. Tidak hanya ponsel akan cepat panas jika terkena air, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Kondisi ini sangat penting, terutama jika kamu memiliki baterai yang tertanam.

Baca Juga: Cara Cek IP Address Pada Laptop Dan Smartphone

6. Hapus File “Sampah” Secara Berkala

Kebiasaan malas membersihkan file sampah di HP ternyata menyebabkan HP kamu cepat panas. Berbagai file sampah seperti data yang di-cache dan cookie yang terakumulasi membuat CPU dan RAM HP kamu tidak berfungsi secara optimal. Dalam kondisi ini, baterai HP lebih cepat panas.

Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menghapus file sampah secara teratur dan hati-hati, sehingga kamu dapat menggunakan ponsel tanpa panas. Kamu dapat menggunakan aplikasi pembersihan sampah seperti Clean Master. Selain kemampuan untuk mendinginkan suhu ponsel, aplikasi ini juga akan mengoptimalkan kinerja ponsel kamu.

7. Istirahatkan HP Setelah Streaming atau Bermain Game

Siapa yang suka streaming video atau bermain game di ponselnya? Waspadai kebiasaan ini. karena ini juga merupakan salah satu penyebab HP kamu cepat panas. Streaming dan bermain game membutuhkan koneksi internet yang kuat dan menghabiskan energi HP. Akibatnya, ponsel menjadi lebih cepat panas dan baterai lebih cepat habis.

Idealnya HP hanya digunakan selama 1-2 jam untuk gaming atau streaming. Kemudian, diamkan ponsel beberapa saat agar GPU HP kembali normal. Cara ini akan mendinginkan HP kamu dan menjaganya agar tidak semakin panas.

8. Perhatikan Ventilasi Saat Menyimpan HP

HP adalah salah satu barang penting yang dapat kamu bawa kapan saja, di mana saja. Saat bepergian, banyak orang membawa ponsel di saku baju atau saku celana. Namun perlu diketahui bahwa penyimpanan HP yang salah juga dapat menyebabkan HP kamu cepat panas.

Cobalah untuk menyimpan ponsel kamu di tempat dengan ventilasi dan aliran udara yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. Jika kamu perlu menyimpannya di tempat yang kedap udara, keluarkan sesekali untuk menjaga suhu ponsel kamu tetap stabil. Sehingga HP tidak terlalu cepat panas dan performanya tetap optimal.

9. Gunakan Aplikasi Pendingin HP

Cara efektif lainnya untuk menghilangkan penyebab HP kamu menjadi panas saat charging atau lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin HP. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mendinginkan ponsel kamu, seperti Cooler Master, Cooling Master, Device Cooler. Cara ini bisa kamu pilih jika kamu terlalu malas untuk melakukan cara manual di atas.

HP yang cepat panas tidak hanya dapat mempengaruhi kenyamanan kamu, tetapi juga menyebabkan masalah dan kerusakan pada HP kamu. Jadi, gunakan aplikasi pendingin agar HP kamu tidak cepat panas.

10. Cek Kondisi Baterai HP Secara Berkala

Tahukah kamu kenapa HP menjadi panas saat tidak digunakan? Kondisi ini biasanya terjadi pada HP yang sudah lama digunakan. Penyebabnya adalah baterai tidak dalam kondisi baik. Untuk mengatasi masalah ini, jika baterai rusak, segera ganti dengan baterai baru. Untuk memeriksa apakah kesehatan baterai masih baik, kamu dapat menggunakan aplikasi CurrentWidget: Battery Monitor.

Baca Juga: 25 Cara Menghasilkan Uang Dari Smartphone Tanpa Modal

11. Diamkan HP Beberapa Waktu

Jika HP kamu mulai memanas, kamu mungkin perlu mendiamkan perangkat untuk beberapa saat. Jangan letakkan ponsel panas di atas bantal, kasur, atau di bawah sinar matahari. Karena hal ini akan membuatnya semakin panas.

12. Mode Penghematan Baterai

Ilustrasi Baterai Habis (Sumber: Freepik.com)

Salah satu alasan HP cepat panas dan baterainya cepat habis adalah penggunaan terus menerus. Ponsel kamu selalu hidup dari saat kamu bangun hingga keesokan harinya dan berulang setiap hari. Untuk mengontrol suhu ponsel dengan lebih baik, kamu harus mengaktifkan mode penghemat baterai. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan waktu penggunaan yang lebih lama dan kamu tidak perlu sering-sering mengisi daya baterai ponsel.

13. Disable Aplikasi yang Jarang Dipakai

Menjalankan banyak aplikasi juga dapat menyebabkan ponsel cepat panas. Ini adalah awal dari pengurasan baterai yang cepat. Untuk mencegah ponsel cepat panas dan menguras baterai, kamu dapat memulai dengan mematikan sementara atau menonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan. Hal ini memungkinkan prosesor bekerja lebih mudah tanpa harus mengupdate aplikasi yang tertinggal dan jarang digunakan.

14. Menonaktifkan Widget & Wallpaper Gerak

Agar tampilan HP lebih menarik, banyak pengguna yang memasang aplikasi widget. Wallpaper hidup juga dipasang di latar belakang. Faktanya, aktivitas ini memperlambat kinerja ponsel kamu. Cara untuk menangani ponsel yang panas adalah dengan menonaktifkan sementara widget dan wallpaper gerak.

15. Mendiamkan HP Saat Pengisian Daya

Saat HP kamu sedang diisi daya, saatnya untuk mengistirahatkan perangkat kamu untuk sementara waktu. Saat kamu terus memainkan HP pada saat di charge, HP bekerja lebih keras karena harus menghemat energi dan prosesor harus terus bekerja agar inti tetap berjalan. Agar tidak lagi panas, kamu bisa mendiamkan selama proses charging berlangsung. Kamu dapat mempersingkat waktu pengisian daya jika ponsel kamu mendukung fungsi pengisian cepat.

Baca Juga: 10 Kamera Smartphone Terbaik

Nah, itulah beberapa cara mengatasi HP panas agar tidak merusaknya. Tentu saja bahaya HP panas tidak bisa dianggap remeh. Selain berbahaya bagi perangkat kamu, suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ponsel kamu meledak jika disimpan di lokasi yang tidak aman. Jadi, ikuti cara dari Vocasia tersebut agar HP kamu tetap aman!

Apabila kamu tertarik dengan dunia teknologi ataupun gadget, kamu bisa mengikuti kelas Traning intensive Flutter (by Google): Membuat aplikasi Android dan iOS” dengan mengikuti kelas tersebut, kamu akan membuat aplikasi android dan iOS menggunakan Framework Flutter! Tunggu apalagi, join kelasnya sekarang!

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *