Tanggal:18 May 2024
cara menabung untuk beli hp baru

Cara Menabung Untuk Beli HP Impian

Saat ini, HP menjadi salah satu benda yang tidak bisa lepas dari genggaman seseorang. Mulai dari pekerjaan, pendidikan, hingga hiburan dapat diakses melalui perangkat canggih tersebut. Kebutuhan akan smartphone yang terus bertambah membuat para produsen ponsel seperti Apple, Samsung, Xiaomi, dan sebagainya berlomba-lomba untuk mengeluarkan produk terbaik mereka. Nah, bagi kamu yang sedang ingin mengumpulkan uang untuk membeli handphone terbaru atau untuk menggantikan ponsel lama yang sudah usang, berikut adalah cara menabung buat beli HP yang bisa kamu coba!

1. Membuat Perencanaan dan Perhitungan Untuk Menentukan HP yang Ingin Kamu Beli

Buat Perencanaan (sumber: pexels.com)

Tentu saja sebelum membeli ponsel kamu perlu mengetahui detail handphone yang kamu inginkan sebelum membuat keputusan pembelian. Detail tersebut bisa berupa spesifikasi dari handphone seperti prosesor, kamera, dan sebagainya tergantung kebutuhan kamu. Salah satu cara untuk mengetahui lebih lanjut tentang spesifikasi ponsel yang kamu inginkan adalah dengan membandingkan produk yang satu dengan produk lainnya. Kamu dapat membandingkan setiap produk berdasarkan harga dan spesifikasinya. Perbandingan ini dimaksudkan agar kamu bisa menyesuaikan kebutuhan ponsel kamu serta anggaran yang kamu miliki.

Baca juga: 10 Manfaat Menabung!

2. Catat Pengeluaran Sehari-Hari Kamu

Catat Pengeluaran Harian (sumber: pexels.com)

Cara menghemat uang untuk membeli handphone adalah dengan mencatat semua pengeluaran kamu setiap hari. Dengan menggunakan catatan ini, kamu dapat menghitung pengeluaran bulanan rata-rata yang nantinya digunakan sebagai referensi untuk mengalokasikan dana yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan serta dana yang hendak ditabung.

3. Mencoba Mencari Pemasukan Tambahan

Cara menabung untuk beli HP selanjutnya adalah dengan memaksimalkan penghasilan tambahan dari beberapa usaha sampingan, seperti menjadi seorang freelancer atau membangun bisnis online. Di era serba digital ini, bisnis online adalah cara yang bagus untuk mengoptimalkan penghasilan tambahan untuk menabung, khususnya membeli HP baru. Jika kamu memiliki pendapatan sekunder, kamu bisa memperoleh lebih banyak pemasukan dan tidak harus mengandalkan pendapatan utama sebagai sumber penghasilan satu-satunya.

Baca juga: Apa Itu Dana Darurat? Kenali Pengertian, Manfaat, Hingga Tips Menyiapkannya!

4. Mencoba Untuk Berinvestasi

Cara lain agar kamu bisa menabung untuk membeli HP baru adalah dengan berinvestasi di reksa dana. Cara ini cocok untuk kamu yang tidak hanya ingin menabung, tetapi juga ingin memutar uang dan memperoleh passive income. Reksa dana adalah suatu bentuk investasi yang menyediakan wadah untuk menghimpun dana masyarakat (investor) yang ingin menginvestasikan modal atau uangnya.

Sementara itu, reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang menginvestasikan 100% dananya pada produk pasar uang. Produk pasar uang terdiri dari deposito bank dan surat berharga yang jatuh temponya kurang dari satu tahun. Reksa dana jenis ini mengelola produk berupa surat berharga dengan risiko terendah dan jatuh tempo kurang dari satu tahun, sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin membeli ponsel baru.

5. Membagi dan Mengalokasikan Pendapatan Per Bulan dengan Baik

Setelah kamu mengetahui berapa penghasilan bulanan yang kamu miliki, kamu bisa mulai mengalokasikan pendapatan tersebut untuk memenuhi kebutuhan, tabungan, dan dana membeli HP. Salah satu metode atribusi pendapatan yang dapat digunakan adalah metode 50/30/20. Cara ini sangat efektif dalam mengelola pendapatan bulanan agar pengeluaran kamu tidak sia-sia dan kamu dapat mengelola pendapatan yang kamu terima dengan lebih optimal, terutama untuk pembelian handphone.

6. Membuat Skala Prioritas

Membuat Skala Prioritas (sumber: pexels.com)

Jika kamu sudah memutuskan untuk membeli ponsel, mau tidak mau kamu harus membuat skala prioritas dan bertanggung jawab terhadap skala prioritas yang sudah kamu buat tersebut. Untuk mewujudkan impian kamu dalam membeli HP baru, kamu harus disiplin dalam mengatur pengeluaran. Ada beberapa pengorbanan yang harus dilakukan seperti menahan keinginan untuk pergi berlibur, menahan untuk membeli bahan makanan mewah, dan meninggalkan aktivitas yang dapat memperbesar pengeluaran kamu. Jika kamu setuju dengan skala prioritas yang dibuat, percayalah bahwa kamu akan mendapatkan ponsel impian yang sudah didamba dalam waktu dekat.

Baca juga: 5 Cara Kelola Keuangan Anak Kos, Dijamin Hemat!

7. Hindari Kredit atau Pinjaman

Saat ini, banyak pihak yang menawarkan sistem kredit ponsel bagi kamu yang ingin memiliki handphone baru tetapi belum memiliki cukup uang untuk membelinya dengan biaya penuh. Meski kamu bisa mendapatkan handphone secara instan dengan biaya angsuran yang lebih ringan karena sistem cicilan, perlu diketahui bahwa uang yang kamu bayarkan tentunya jauh lebih besar daripada membeli ponsel dengan pembayaran cash.

Selain itu, kamu juga perlu menghindari pinjaman mengingat maraknya penyedia pinjaman online dengan segala kemudahan yang diberikan. Pada akhirnya, sistem cicilan hanya akan membuat kamu semakin terbebani karena biaya yang dibayarkan jauh lebih besar dari harga sebenarnya. Oleh karenanya, kamu perlu konsisten menabung untuk mendapatkan HP impianmu.

8. Mulai Berhemat dari Sekarang!

Cara nabung buat beli HP selanjutnya adalah dengan berhemat. Hidup hemat merupakan langkah paling awal yang bisa kamu lakukan agar bisa menyimpan uang dan memenuhi keinginan yang kamu harapkan. Contoh paling sederhana untuk mulai berhemat dalam kehidupan sehari-hari adalah memilah pengeluaran-pengeluaran yang kamu anggap penting di kehidupan sehari-hari agar pendapatanmu tidak terbuang dengan sia-sia. Seperti mengganti kebiasaan membeli makanan dengan memasak, mengurangi kegiatan nongkrong di luar rumah, dan sebagainya.

Nah, itulah dia beberapa tips dan cara menabung buat beli HP yang bisa kamu terapkan mulai sekarang! Untuk kamu yang ingin menambah penghasilan dengan memanfaatkan sumberdaya di sekitar, kamu bisa mencoba ikut kursus jualan mudah lewat Whatsapp berikut agar bisa cuan tanpa perlu pusing ini dan itu!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *