Tanggal:24 June 2024

Hanya Modal HP, Ini 7 Aplikasi Android Terbaik untuk Desain Rumah Impianmu!

aplikasi untuk desain rumah di HP

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan pesat, semakin memudahkan pekerjaan manusia dalam berbagai bidang. Jika dahulu kala, untuk kebutuhan desain rumah hanya bisa dikerjakan oleh desainer profesional dan hanya dapat diakses menggunakan komputer dan PC. Saat ini hal-hal tersebut telah menghadirkan opsi lain.

Kini terdapat berbagai kemudahan untuk kamu yang ini merancang desain rumah. Hanya bermodalkan HP kamu dapat menghasilkan rancangan desain rumah impianmu. Sekarang kamu dapat mencoba-coba berbagai desain yang ada dalam imajinasi dan kreativitas kamu dengan menggunakan bantuan aplikasi Android.

Cara Mendesain Rumah di HP

Untuk memulai mendesain rumah dengan bantuan HP, kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi desain rumah tersedia, baik aplikasi yang berbayar maupun aplikasi yang dapat diakses secara gratisan. Berikut ini 7 aplikasi android terbaik untuk mendesain rumah impianmu yang dapat kamu coba.

1. Home Design 3D

Home Design 3D bisa menjadi aplikasi referensi untuk desain rumahmu. Sumber: Play.google.com

Salah satu aplikasi android terbaik yang dapat kamu coba untuk mendesain rumah di HP adalah Home Design 3D. Aplikasi Home Design 3D merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menciptakan, merenovasi, mendekor, dan mengisi perabotan ruangan secara virtual. Tampilan yang ditawarkan oleh aplikasi ini sesuai dengan namanya yaitu 3D real-time yangmembuat anda mendapatkan eksperimen seolah-olah berada di dalamnya.

Kelebihan lain dari aplikasi desain rumah ini adalah terdapatnya fitur impor/ekspor dan bagikan. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk mengekspor dan melanjutkan proyek desain kamu di perangkat lain. Serta membagikan hasil desain kamu ke perangkat dan platform lainnya. Dan yang menjadi nilai plus dari aplikasi ini adalah dapat digunakan dalam keadaan offline, sehingga memudahkan kamu untuk menggunakannya kapan pun dan dimana pun.

Baca Juga:

2. Room Planner: Desain Rumah & Desain Interior 3D

Salah satu fitur Room Planner adalah ribuan katagalog produk furnitur. Sumber: Play.google.com

Selanjutnya, aplikasi android yang dapat kamu coba untuk mendesain rumah menggunakan HP adalah Room Planner: Desain Rumah & Desain Interior 3D. Aplikasi desain rumah ini merupakan aplikasi yang dirancang untuk memberikan kamu inspirasi untuk merancang atau merenovasi rumah idamanmu. Dengan aplikasi Room Planner kamu dapat memvisualisasikan desain hunian impianmu, seperti bagaimana tema desain interior dan denah yang cocok untuk ruang tamu, dapur, kamar tidur, kamar mandi, dsb. Kamu juga dapat membagikan desain rumah 3D yang sudah kamu buat ke orang lain. Aplikasi desain rumah ini dapat kamu digunakan dalam keadaan online maupun offline.

3. Planner 5D – Home & Interior Design Creator

Planner 5D memiliki dua mode tampilan yaitu 2D dan 3D. Sumber: Play.google.com

Salah satu cara untuk mendesain rumah melalui HP adalah dengan menggunakan aplikasi Planner 5D. Aplikasi Planner 5D merupakan aplikasi untuk menciptakan desain interior dan eksterior yang mudah digunakan oleh siapa saja. Tampilan yang dimiliki oleh aplikasi desain ini terbagi menjadi dua jenis mode, yakni 2D dan 3D. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Planner 5D diantaranya, editor, katalog, snapshot, dan tersedia berbagai bahasa selain bahasa Inggris.

Pada fitur katalog terdapat ratusan property item yang dapat kamu manfaatkan secara gratisan. Aplikasi Planner 5D ini dapat kamu gunakan secara online maupun offline. Kelebihan lain dari aplikasi desain rumah ini adalah ukuran aplikasi yang kecil sehingga tidak banyak memakan ruang memori. Serta kekurangan aplikasi ini adalah sejumlah fitur tersebut belum mencakup semua kompleksitas desain rumah. Jika kamu ingin mengoptimalkan fitur-fiturnya yang ada dalam aplikasi ini kamu dapat meng-upgrade ke versi berbayar.

4. Home Design 3D: My Dream Home

Terdapat ribuan objek yang bisa kamu gunakan di Home Design 3D. Sumber: Play.google.com

Aplikasi desain rumah hanya bermodalkan hp selanjutnya adalah Home Design 3D: My Dream Home. Aplikasi desain rumah ini dirancang untuk kamu yang ingin membuat desain ruangan-ruangan dan mencocokan furniture pada ruangan tersebut. Selain mendesain rumah, kamu juga bisa merancang desain apartemen impianmu menggunakan aplikasi ini. Home Design 3D dilengkapi berbagai fitur keren yang dapat kamu gunakan secara mudah dan gratis. Seperti terdapat 800 katalog benda dekoratif, ribuan tekstur dan warna penunjang desain, serta fitur 3D yang dapat membuat kamu merasakan pengalaman mendesain rumah terasa nyata.

Baca Juga: Tips Membuat Desain karakter Versi Dirimu Sendiri

5. Floor Plan Creator

Tampilan layout pada aplikasi Floor Plan Creator. Sumber: Play.google.com

Jika pada sebelum-sebelumnya merupakan aplikasi desain rumah yang fokus pada interior, aplikasi desain rumah yang satu ini cukup berbeda. Aplikasi Floor Plan Creator merupakan aplikasi desain rumah di hp yang difokuskan untuk membuat desain rumah dalam bentuk denah. Jadi menampilan fitur desain rumah dari sudut pandang atas. Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi desain rumah ini juga beragam, seperti tidak ada pembatasan lantai pada proyek desain, perhitungan otomatis pada ruangan, dukungan S-pen dan mouse, serta mode tur 3D. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini dalam versi berbayar adalah dapat mensinkronisasikan cloud secara otomatis dan ekspor hasil rancangan desain rumah impianmu ke dalam berbagai format.

Baca Juga: Tools Penting yang Wajib Kamu Kuasai saat Belajar Adobe Illustrator

6. Design Home  

Contoh katalog furnitur yang bisa digunakan di Design Home. Sumber: Play.google.com

Pada sebagian besar aplikasi desain rumah android yang sudah disebutkan berfokus pada rumah minimalis, maka aplikasi ini adalah kebalikannya. Aplikasi Design Home sangat cocok untuk kamu yang mendambakan rumah impian yang mewah dan megah. Karena aplikasi cara desain di hp ini dirancang khusus untuk menghasilkan rancangan desain yang mewah dan furnitur mahal. Sehingga fitur-fitur pilihan aksesoris rumah yang ditawarkan juga mewah dan mahal. Dalam penggunaan aplikasi ini memerlukan koneksi internet, sehingga kamu harus dalam keadaan online.

Baca Juga: Skill yang diperlukan untuk Menjadi Fashion Desainer yang Sukses

7. Magicplan

Tampilan layout pada aplikasi Magicplan. Sumber: Play.google.com

Cara desain rumah di hp menggunakan aplikasi android terbaik terakhir adalah Magicplan. Aplikasi Magicplan adalah aplikasi yang berguna untuk membuat perencanaan desain denah rumah. Magicplan ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang melakukan renovasi rumah. Dengan bantuan aplikasi adesain rumah ini yang terdapat fitur metode scan dengan kamera. Kamu tidak perlu menggambar karena aplikasi ini akan menggambar otomotasi  ke dalam rencana desain barumu.

Sehingga kamu cukup menambahkan berbagai hal desain, seperti properti, objek, dan lain sebagainya. Sebab aplikasi ini dilengkapi fitur katalog desain sebanyak 1000 item lebih yang dapat kamu gunakan. Aplikasi desain rumah ini juga sudah kompatibel dengan Excel, AutoCAD dan Chief Architect. Pengoperasian MagicPlan yang cukup mudah digunakan menjadikan aplikasi desain rumah ini cocok digunakan sebagai pemula maupun profesional.

Demikian 7 rekomendasi aplikasi android terbaik untuk mendesain rumah idamanmu. Selamat belajar dan menuangkan ide kreatifmu!

Jika kamu ingin belajar desain interior lebih dalam, kamu dapat mengikuti pelatihan di Vocasia.id. Di Vocasia.id kamu akan menemui berbagai pelatihan desain langsung dari ahlinya. Buruan cek informasi lengkapnya!

autocad
autocad
Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *