Tanggal:14 June 2024

7 Aplikasi Desain Interior Gratis Terbaik untuk PC

Sekarang ini mewujudkan desain interior impianmu bukanlah perkara yang sulit. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, menghadirkan beragamnya aplikasi desain interior yang dapat membantu merancang desain yang kamu inginkan. Kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan bagaimana desain interior yang cocok untuk rancangan bangunanmu. Mulai dari pemilihan dinding, struktur bangunan, furnitur, dekorasi, finishing dan lainya, kamu hanya perlu modal PC dan menggerakan tangan.

Ada beragam aplikasi desain interior yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. Jika melihat dari aspek fitur dan fungsinya, tentu aplikasi berbayar lebih unggul dengan memiliki fitur dan fungsi yang lebih lengkap. Namun, fitur yang dimiliki aplikasi desain interior gratis juga tak kalah menarik dan fungsionalnya.

Kamu tidak perlu bingung untuk memilih aplikasi desain yang tepat. Vocasia sudah merangkumkan 7 aplikasi desain interior terbaik gratis untuk PC yang bisa kamu gunakan. Tentu dengan kualitas dan fiturnya yang tidak kalah dengan aplikasi desain interior berbayar. So, check this out!

1. SmartDraw

Salah satu aplikasi desain interior terbaik yang dapat kamu coba adalah SmartDraw. Aplikasi SmartDraw menyediakan ratusan template yang bisa kamu gunakan secara gratis. Aplikasi desain ini sangat cocok untuk kamu yang baru mulai belajar desain dan bingung harus memulai dari mana atau untuk kamu yang hanya mencari inspirasi desain. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh SmartDraw cukup beragam, seperti Quick-Start Templates, Library Simbol Besar yang memuat ribuan visual desain dekoratif siap pakai. Serta fitur drag and drop yang memudahkan kamu untuk mengimpor elemen-elemen apa pun saat mendesain seperti gambar untuk perabotan, peralatan, seni, dan elemen landscape.

Baca Juga: Keterampilan yang Wajib dimiliki oleh Arsitek Profesional

2. Sweet Home 3D

Tampilan UI pada aplikasi Sweet Home 3D. Sumber: sweethome3d.com

Selanjutnya, aplikasi desain interior terbaik untuk PC yang sering digunakan oleh banyak orang ialah Sweet Home 3D. Aplikasi desain interior ini dirancang untuk menggambar rencana desain bangunan, mengatur furnitur, dan melihat hasilnya dalam bentuk 3D. Aplikasi Sweet Home 3D ini memiliki katalog furniture yang telah dikategorikan, sehingga memudahkan kamu dalam mencari dan menggunakannya. Dalam aplikasi Sweet Home 3D juga terdapat fitur untuk mengubah ukuran, warna, penempatan, tekstur, dan lokasi dinding, lantai, langit-langit, dan furnitur. Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini ialah dapat membuat anotasi rencana, membuat gambar yang realistis, mengimpor desain, mencetak atau mengekspor dalam format PDF dan format utama lainnya.

Baca Juga: Tools Penting yang Wajib Kamu Kuasai saat Belajar Adobe Illustrator

3. Roomstyler 3D Home Planner (Online)

Roomstyler 3D Home Planner (Online)  merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk kamu yang menginginkan aplikasi desain interior yang praktis dan mudah digunakan. Aplikasi desain interior ini menyediakan lebih dari 120.000 katalog item dari merek-merek terkenal yang dapat membantu kamu dalam mendekorasi desain interior rumah impianmu. Selain itu, item yang dipergunakan dalam katalog repositori virtual adalah model furnitur asli. Hasil rancangan interior aplikasi Roomstyler 3D Home Planner berupa gambar 3D realistis foto. Dengan aplikasi ini kamu juga dapat mendapatkan inspirasi dari tampilan ribuan kamar yang dirancang tersedia secara online.

Baca juga: Hanya Modal HP, Ini 7 Aplikasi Android Terbaik untuk Desain Rumah Impianmu

4. Amikasa

Amikasa adalah aplikasi desain interior untuk pc yang berfungsi untuk merancang, mengatur ulang, dan mendekorasi desain bangunanmu. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi desain ini adalah penggunaan merek sungguhan dan terkenal pada item-item dekorasi interior seperti warna cat dinding, furnitur, dan lantai. Selain itu, Amikasa juga dilengkapi oleh berbagai jenis tampilan diantaranya 2d, 3d, dan Inside view.

Penggunaan aplikasi desain interior ini juga sangat mudah, kamu cukup menggunakan metode seret dan lepas untuk menempatkan objek apa pun di dalam desain rancangamu. Kelebihan fitur yang dimiliki oleh Amikasa adalah Mode Walk-Through. Fitur tersebut berfungsi untuk  dapat melakukan perjalanan virtual dari desain ruangan yang dirancang. Kamu juga bisa membagikan hasil desain rancanganmu ke siapa saja dalam bentuk gambar atau melalui tautan.

Baca Juga: Gaya Desain Interior Favorit Kaum Milenial

5. My Virtual Home

Tampilan UI pada aplikasi My Virtual Home. Sumber: myvirtualhome.en.softonic.com

My Virtual Home merupakan aplikasi desain interior yang memiliki tampilan UI menarik dengan tata letak professional. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam tool yang dapat membantu melengkapi rancangan desain 3D rumah kamu. Selain itu, My Virtual Home juga memiliki video pelatihan bermanfaat yang dapat kamu akses dengan mudah.

Aplikasi desain interior ini juga dilengkapi denah lantai prefabrikasi yang berbeda. Tidak hanya itu aplikasi ini memiliki banyak pilihan barang-barang furnitur yang diambil dari foto-foto berbagai merek. Dengan My Virtual Home, kamu dapat merasakan pengalaman melihat hasil desain rumahmu dalam klon 3D.

Baca Juga: Kuasai Skill Berikut ini untuk Menjadi Fashion Desainer yang Sukses

6. pCon Planner

Aplikasi desain interior terbaik gratis yang kamu dapat pergunakan adalah pCon Planner. Aplikasi ini dirancang untuk membangun struktur, mendesain objek atau menyesuaikan item. Daya tarik utama dari pCon Planner ialah aplikasinya yang dilengkapi oleh fitur-fitur  professional yang dapat digunakan secara percuma. Dengan aplikasi desain ini, kamu juga dapat menciptakan denah lantai 3D yang komprehensif dengan efek langsung. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan sehingga cocok untuk pemula.

Tidak hanya itu, pCon Planner dilengkapi fitur plug in yang memudahkanmu memasukkan model CAD dalam berbagai format seperti DWG, SKP, 3DS, dan lainnya. Fitur lain yang dimiliki oleh aplikasi desain ini adalah dapat menampilkan hasil desain kamu dalam model 3D dan panorama 360° di situs web dan blog milikimu. Nilai plus yang dimiliki pCon Planner adalah dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi secara instan.

Baca juga: 5 Software Terbaik Gratis untuk Belajar Desain Grafis

7. Space Designer

Tampilan UI pada aplikasi Space Designer. Sumber: spacedesigner3d.com

Space Designer merupakan aplikasi desain interior yang berfungsi untuk menggambar denah mulai dari ruang bawah tanah hingga atap dengan mudah. Aplikasi ini juga dilengkapi oleh fitur furnitur dan bahan lebih dari 5000 item untuk keperluan desainmu. Tampilan desain yang ditawarkan oleh Space Designer terdiri dalam bentuk 2D atau 3D secara real-time.

Kelebihan dari aplikasi desain interior ini adalah aplikasi berbasis web sehingga tidak perlu diunduh. Fitur lain yang dimiliki oleh Space Designer ialah dapat menjelajahi desain denah lantai di VR menggunakan Google Karton atau headset VR seluler lainnya. Selain itu, kamu juga dapat melihat terlebih dahulu hasilnya sebelum membeli apa pun. Aplikasi ini juga dilengkapi oleh fitur yang tidak kalah menarik yaitu dapat mengintegrasikan aplikasi Space Designer ke dalam situs web yang kamu miliki, di bawah nama merek dan katalog produkmu.

Baca Juga: Tips untuk Membuat Desain Karakter Versi Dirimu Sendiri

Nah, itu 7 aplikasi desain interior terbaik gratis untuk PC yang bisa kamu coba. Setiap aplikasi  memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhanmu. Aplikasi mana yang paling membuat Anda tertarik?

Jika kamu tertarik dengan desain interior, kamu dapat mengikuti pelatihan di Vocasia.id. Kamu akan menemui berbagai pelatihan desain berbagai software dengan ahlinya langsung. Buruan cek informasi lengkapnya hanya dengan klik tautan di bawah ini.

Vocasia: Educational Community Platform

autocad
autocad
Kursus desain website HTML CSS
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *