Tanggal:24 June 2024

10 Tools Penting yang Wajib Kamu Kuasai Saat Belajar Adobe Illustrator

Adobe Illustrator, salah satu software desain grafis terbaik. Sumber: pngwig.com

Saat ini desain grafis merupakan bidang pekerjaan yang cukup digandrungi. Hal tersebut tentu berimpak pada banyaknya penciptaan software desain grafis yang bisa digunakan menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Salah satu diantaranya Adobe Illustrator.

Adobe Illustrator adalah software desain grafis pengolah gambar berbasis vektor. Software ini dapat digunakan untuk membuat sebuah desain vektor (vector) seperti sketsa, tipografi atau bahkan desain ilustrasi yang lebih kompleks untuk kebutuhan video.

Beragam manfaat yang dapat dilakukan Adobe Illustrator untuk membantu semua orang di bidang desain grafis. Membuat Adobe Illustrator menjadi software desain grafis yang paling diminati untuk dipelajari.

Jika kamu salah satu orang yang tertarik untuk belajar Adobe Illustrator, maka terdapat 10 tools penting yang wajib kamu kuasai. Dengan menguasai tools tersebut akan memudahkan kamu saat belajar desain menggunakan software Adobe Illustrator. Berikut adalah 10 tools yang wajib kamu kuasai.  

1. Pen Tool

Pen tool merupakan sebuah tool Adobe Illustrator yang simple, yang berfungsi untuk menggambar garis yang lurus, lengkung, serta sudut. Pen tool juga berfungsi untuk membuat sebuah objek secara detail, sesuai dengan yang kamu inginkan dengan titik per titik atau anchor point untuk membentuk sebuah kurva.

Walaupun terlihat simple, namun tool ini termasuk ke dalam tool yang cukup ditakuti oleh para pengguna pemula. Karena sering kali dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga dapat menguasai tool ini. Dengan menguasai pen tool, tentu proses belajar Adobe Illustrator akan selangkah lebih mudah.

Baca juga: Tips agar kamu percaya diri tampil di sekolah

2. Clipping Mask

Contoh tampilan penggunaan fitur clipping mask. Sumber: community.adobe.com

Clipping mask adalah tool Adobe Illustrator yang berfungsi untuk membatasi pola, jalur, kelompok bentuk, maupun apapun yang diinginkan menuju area tertentu. Cara kerja clipping mask tool ini adalah menutupi objek satu dengan objek lainnya sehingga hanya area yang terletak di dalam bentuk yang terlihat.

Clipping mask tool ini mempunyai banyak sekali fungsi. Sangat dianjurkan untuk kamu kuasai saat belajar Adobe Illustrator. Karena dengan menguasai tool ini, kamu dapat menghemat waktu cukup banyak saat mendesain.

Baca juga: 5 software terbaik untuk belajar desain grafis

3. Pathfinder

Pathfinder adalah sebuah tool Adobe Illustrator yang berfungsi untuk menggabungkan, memisahkan dan memotong objek. Tool ini akan memudahkan pengguna Adobe Illustrator untuk membuat bentuk dari berbagai bentuk lain.

Pathfinder juga dilengkapi banyak pilihan fitur yang akan membantu membuat bentuk sempurna hingga tercipta bentuk-bentuk baru, seperti unite, minus front, devide, trim, dan lain-lainnya. Sehingga tool ini merupakan hal wajib kamu kuasai saat belajar Adobe Illustrator.

Baca juga: 4 proses kesalahan yang lama lama menjadi kebiasan, yuk ubah!

4. Appearance

Mengatur efek tampilan suatu objek tanpa mengubah struktur dasarnya. Sumber: helpx.adobe.com

Appearance merupakan sebuah tool di Adobe Illustrator yang berfungsi untuk mengatur efek yang sudah kita berikan pada objek yang kita buat tanpa mengubah struktur dasarnya. Tool ini akan sangat berguna ketika kamu hendak melakukan duplikasi bentuk sama kemudian berulang-ulang hanya untuk menambahkan variasi berbeda.  

Selain itu dengan tool Appearance juga berfungsi untuk menghapus efek tersebut tanpa menghapus keseluruhan objek yang sudah kamu buat. Selain itu kamu dapat menetapkan beberapa stroke, isian, dan efek untuk objek tunggal, membuat desain rumit pada tool ini. Karena memiliki manfaat yang penting, tentu kamu harus menguasai tool ini untuk mengefisiensikan pekerjaanmu.

Baca juga: 8 buah asal Indonesia yang mendunia

5. Brushes

Brush Tool adalah salah satu tool khusus yang ada di Adobe Illustrator yang berfungsi untuk mengedit, mengolah, menambahkan, dan mengatur sebuah objek yang kita buat. Selain itu tool ini berfungsi untuk mengatur dan membuat menciptakan custom sendiri. Tentu dengan menguasai tool Adobe Illustrator brush ini akan memudahkan dan memahirkan kemampuan yang kamu miliki.

Baca juga: 6 tips menjadi seorang barista

6. Selection Tool

Selection tool merupakan sebuah tool khusus yang ada di Adobe Illustrator yang berfungsi untuk menyeleksi atau memilih objek, memindahkan objek, dan menyalin satu hingga banyak objek dalam sekali saja. Sehingga dengan tool ini kamu bisa memilih objek mana yang mau diedit, dihapus atau bahkan ditambahkan ketika proses editing berlangsung supaya lebih mudah.

Baca juga: Pengertian investasi reksadana

7. Direct Selection Tool

Direct Selection Tool merupakan salah satu tool Adobe Illustrator yang memiliki fungsi hampir mirip dengan Selection Tool. Namun Direct Selection Tool berfungsi untuk menyeleksi kurva atau titik pada objek.  Selain itu tool ini juga dapat dimanfaatkan untuk menggeser objek yang akan diseleksi pada salah satu sudutnya. Sehingga memudahkan kamu untuk mencari titik atau kurva yang mau diedit.

Baca juga: Membuat website gratis

8. Magic Wand Tool

Menyeleksi objek yang memiliki warna, garis, dan gradient yang sama. Sumber: community.adobe.com

Magic Wand Tool merupakan  tool yang ada di Adobe Illustrator yang berfungsi  untuk memilih sekaligus menyeleksi objek yang memiliki warna, garis, dan gradient yang sama. Dengan menggunakan tool ini maka akan memudahkan proses penyeleksian banyak objek sekaligus, jika kamu ingin  menggeser, menghapus, atau mengganti semua objek yang ada.

Magic Wand Tool merupakan tool yang wajib kamu kuasai ketika belajar Adobe Illustrator, karena tool ini sangat bisa diandalkan dan dapat menghemat waktu yang kamu punya ketika mendesain.

Baca juga: 5 kelebihan dan kekurangan dropship

9. Lasso Tool

Lasso tool merupakan tool Adobe Illustrator yang berfungsi untuk menyeleksi titik atau ruas kurva secara laso di dalam objek. Dengan tool ini maka memudahkan kamu untuk memilih ruas kurva yang ingin diseleksi. Setidaknya kamu tidak perlu mencari bagian tersebut satu-satu karena sudah ada tool ini.

Baca juga: 7 tips menjadi pribadi yang proaktif saat bekerja

10. Type tool

Selain itu pada Type tool terdapat berbagai jenis tool lain yang memiliki fungsi berbeda-beda yaitu Area Type Tool, Type on a Path Tool, Vertical Type Tool, Touch Type Tool. Keberagaman tool tersebut semakin memudahkanmu saat belajar desain menggunakan Adobe Illustrator.

Type tool merupakan sebuah tool Adobe Illustrator yang berfungsi untuk membuat objek tulisan (teks dan huruf). Dengan tool ini kamu dapat membuat berbagai macam tulisan, mulai panjang hingga dengan tulisan pendek seperti judul atau nama brand.

Baca juga: Cara berjualan di Instagram untuk pemula

Itulah beberapa tools penting Adobe Illustrator yang wajib kamu mempelajari dan kuasai. Bagi kamu yang ingin meningkatkan keterampilan desain, kamu dapat langsung menuju Vocasia.id. Di Vocasia kini tersedia berbagai pelatihan desain dengan ahlinya dilengkapi dengan materi pelatihan yang lebih spesifik dan tentunya sangat berguna untuk meningkatkan keterampilanmu. Tunggu apalagi, ayo segera upgrade skill kamu di Vocasia.id!

autocad
autocad
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *