Tanggal:20 June 2024

Kuasai 7 Skill Ini untuk Menjadi Fashion Designer yang Sukses

Saat ini fashion merupakan salah satu kebutuhan gaya hidup yang tidak bisa terlepas dari setiap individu. Perkembangan fashion yang pesat dan pangsa pasar yang luas, menjadikan pembahasan fashion selalu menarik untuk diikuti.

Tidak mengherankan apabila banyak orang yang memiliki impian untuk menjadi fashion designer. Karena prospek karir yang ditawarkan oleh industri mode ini memang cukup menjanjikan.

Minat dan bakat saja tidak cukup menjadi bekal kamu untuk terjun di dunia fashion. Persaingannya yang cukup ketat mengharuskan kamu untuk menguasai beberapa keterampilan untuk bisa unggul dari pesaing yang lain. Kira-kira apa saja sih keterampilan yang harus dikuasai oleh fashion designer?

Kamu tidak perlu bingung, Vocasia sudah merangkumkan beberapa keterampilan yang harus kamu kuasai untuk  menjadi seorang fashion designer sukses. Yuk, simak!

1. Kreativitas dan Artistik

Keterampilan pertama yang harus kamu miliki jika ingin menjadi fashion designer sukses adalah kreativitas dan artistik. Kreativitas dan artistik merupakan kunci penting untuk setiap bidang seni.

Dengan memiliki keterampilan kreativitas dan artistik, kamu dengan mudah mengubah bahan yang biasa menjadi produk pakaian yang memukau. Dan tentu saja, kamu dapat berkesempatan untuk menciptakan desain-desain pakaian inovatif yang unik, fungsional, stylish yang belum pernah ada sebelumnya.

Oleh karena itu, keterampilan kreativitas dan artistik harus terus selalu kamu kembangkan. Keduanya adalah modal utama untuk fashion designer tetap bertahan di industri seni mode.

Baca juga: Kiat sukses interview kerja

2. Menggambar

Menuangkan ide-ide rancangan dalam gambar. Sumber: Ray Piedra/Pexels

Keterampilan kedua yang wajib kamu miliki untuk menjadi fashion designer sukses ialah kemampuan menggambar. Tentu sebagai seorang fashion designer kamu memiliki banyak sekali ide rancangan pakaian dalam kepalamu. Dengan keterampilan menggambar kamu dapat menuangkan ide-ide rancangan tersebut ke dalam sebuah kertas.

Keterampilan menggambar ini tentu akan sangat membantumu untuk fashion designer sukses. Karena dengan keterampilan tersebut kamu dapat memperlihatkan ide rancang-rancanganmu ke khalayak umum dan menarik perhatian mereka.

Meskipun begitu, tidak perlu merasa kecil hati jika belum lancar menggambar. Kamu selalu bisa mengikuti kursus dan meningkatkan kemampuan menggambarmu.

Baca juga: 4 hal yang harus dilakukan setelah membuka usaha di desa

3. Memperhatikan Detail

Memperhatikan detail juga termasuk keterampilan yang harus kamu miliki untuk menjadi fashion designer sukses. Sebagai fashion designer, kamu harus memperhatikan detail sekecil apa pun itu, seperti dalam segi warna, bahan dan detail lainnya. Baik saat pembuatan rancangan hingga ke tahap produksi pakaian. Dengan memperhatikan detail kamu dapat meminimalisir segala kesalahan. Tentu hal tersebut merupakan hal yang baik untuk kariermu sebagai fashion designer.

Baca juga: 7 jenis bahasa pemrogaman yang akan menjadi nilai plus bagi job seeker

4. Komunikasi & Interpersonal

baik dapat mengoptimalkan hasil kinerja tim. Sumber: RF Studio/Pexels

Keterampilan keempat adalah komunikasi dan interpersonal. Pada dasarnya komunikasi yang baik merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap individu. Karena manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan kehadiran orang lain untuk membantu pekerjaannya.

Tentu untuk menjadi fashion designer yang sukses kamu harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan interpersonal. Sebab dalam pembuatan produksi desain pakaian, dibutuhkan bantuan dari berbagai macam pihak. Dengan komunikasi yang baik, kamu dapat mengoptimalkan hasil kinerja tim maupun klien.

Baca juga: Cara agar sukses di usia muda

5. Pengetahuan Bisnis

Selain kreativitas, pengetahuan bisnis merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki untuk menjadi fashion designer sukses di dunia mode. Pemahaman yang baik tentang bisnis, termasuk keuangan, penjualan, dan pemasaran yang dimiliki fashion designer menentukan ketepatan pengambilan keputusan.  Keterampilan ini yang nantinya menjadi bekal untuk fashion designer bertahan di industri seni mode. Untuk itu teruslah perbarui keterampilan pengetahuanmu tentang bisnis, terlebih bisnis di industri mode.

Baca juga: tips negosiasi dengan klien

6. Pola Pikir Kompetitif

Pola pikir yang kompetitif dapat menciptakan ide rancangan inovatif.  Sumber: Rodnae Production/Pexels

Keterampilan keenam yang wajib kamu miliki untuk menjadi fashion designer sukses adalah pola pikir kompetitif. Untuk terus melahirkan desain-desain yang inovatif, seorang fashion desaigner harus mempunyai pola pikir yang kompetitif.

Kamu harus memiliki prinsip untuk terus menjadi trendsetter. Hal tersebut akan memunculkan pola pikir yang kompetitif untuk terus menerus menciptakan ide rancangan baru yang menawan. Sehingga kamu tidak tertinggal di belakang.

Selain itu, cobalah untuk terus menganalisis fashion designer lain di sekitarmu. Sebab hal itu akan membantumu untuk mengembangkan ide-ide yang lebih baik dari mereka.

Baca juga: cara menghilangkan kebiasaan menunda

7. Memahami Konsumen

Keterampilan terakhir yang tidak kalah penting yang harus dimiliki fashion designer ialah memahami konsumen. Dengan memahami karakteristik konsumen, maka kamu tidak akan pernah kehabisan ide untuk terus menghasilkan desain-desain baru memenuhi kebutuhan mereka.

Hal yang perlu kamu lakukan untuk memahami karakteristik konsumen adalah dengan menganalisis pola hidup mereka sehari-hari, apa saja yang mereka sukai dan inginkan serta mengetahui kemampuan yang mereka miliki. Dengan hal tersebut, fashion designer selalu menciptakan produk pakaian yang sesuai dan menjangkau konsumen yang tepat.

Baca juga: Bisnis modal hp

Nah, sekian 7 macam keterampilan yang kamu butuhkan untuk menjadi seorang fashion designer yang sukses. Apakah kamu sudah memiliki semua keterampilan di atas? Jika belum, kamu tidak perlu berkecil hati. Kamu masih bisa untuk mempelajarinya dan menguasai keterampilan tersebut. Salah satunya dengan ikut pelatihan di Vocasia.id dengan ahlinya langsung. Jadi, tunggu apalagi? Segera upgrade keterampilanmu!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *