Tanggal:03 May 2024

Cara Hapus Akun Facebook Permanen dan Sementara

Dengan 2,93 miliar pengguna pada kuartal kedua tahun 2022, Facebook adalah platform media sosial terbesar di dunia. Mayoritas pengguna internet memiliki akun Facebook dan masih aktif menggunakannya. 

Namun terkadang, karena alasan tertentu, kamu mungkin ingin berhenti menggunakan Facebook untuk sementara waktu atau menghapus akun kamu secara permanen. Berikut cara menghapus akun Facebook secara permanen dan sementara seperti yang dikutip dari panduan Facebook. Yuk, disimak!

Cara Hapus Akun Facebook Secara Permanen

Ilustrasi Hapus Akun Facebook (Sumber: AdobeStock.com)

Setelah akun Facebook kamu dihapus secara permanen, kamu tidak akan bisa memulihkan data apapun yang pernah ditambaha. Adapun cara hapus akun Facebook secara permanen adalah sebagai berikut!

  1. Dari profil utama kamu, klik Akun di pojok kanan atas Facebook.
  2. Pilih Pengaturan dan Privasi, lalu klik Pengaturan.
  3. Klik informasi Facebook kamu di kolom kiri. Jika kamu memiliki akses Facebook ke Halaman dengan pengalaman Halaman baru: Klik Privasi lalu klik Info Facebook kamu. 
  4. Klik Penonaktifan dan Penghapusan.
  5. Pilih Hapus akun, lalu klik Berikutnya untuk menghapus akun. 
  6. Klik Hapus Akun, masukkan kata sandi kamu, lalu klik Berikutnya.

Jika kurang dari 30 hari sejak akun kamu dihapus, kamu masih dapat membatalkan penghapusan akun. Setelah 30 hari, akun kamu dan semua informasinya akan dihapus secara permanen dan kamu tidak dapat lagi mengakses informasi ini. Diperlukan waktu hingga 90 hari untuk menghapus semua pesan kamu sejak proses penghapusan dimulai. Kamu dapat memilih untuk membatalkan menghapus akun kamu dengan masuk ke akun Facebook kamu dalam waktu 30 hari setelah menghapus akun. Klik batalkan penghapusan.

Baca Juga | Intip, 10 Cara Menampilkan Layar Hp Ke Laptop!

Cara Hapus Akun Facebook Sementara

Ilustrasi Bermain Facebook (Sumber: AdobeStock.com)

Selain hapus akun Facebook ecara permanen, kamu juga dapat menonaktifkan akun untuk sementara, berikut adalah caranya:

  1. Dari profil utama kamu, klik Akun di pojok kanan atas Facebook.
  2. Pilih Pengaturan dan Privasi, lalu klik Pengaturan.
  3. Klik informasi Facebook kamu di kolom kiri. Jika kamu memiliki akses Facebook ke Halaman dengan pengalaman Halaman baru: Klik Privasi lalu klik Info Facebook. 
  4. Klik Penonaktifan dan Penghapusan.
  5. Pilih Hapus akun, lalu klik Berikutnya untuk menonaktifkan akun dan ikuti petunjuk untuk mengonfirmasi.

Baca Juga | 5+ Cara Mengatur Kecerahan Laptop Dan Komputer

Hal yang Terjadi Jika Menghapus Akun Facebook Permanen

  1. Kamu tidak dapat mengaktifkan kembali akunmu.
  2. Profil, foto, pesan, video, dan semua yang kamu tambahkan akan dihapus secara permanen. Setiap informasi yang kamu tambahkan tidak akan dikembalikan. 
  3. Kamu tidak dapat lagi menggunakan Facebook Messenger. 
  4. Kamu tidak dapat menggunakan login Facebook untuk aplikasi lain, seperti Spotify atau Pinterest yang login dengan akun Facebook. Kamu mungkin perlu menghubungi aplikasi dan situs web yang relevan untuk memulihkan akun.
  5. Beberapa informasi, seperti pesan yang kamu kirim ke teman mungkin masih dapat dilihat oleh mereka setelah menghapus akun. Salinan pesan yang kamu kirim disimpan di kotak masuk teman kamu.
  6. Jika kamu masuk ke Oculus dengan akun Facebook, menghapus akun Facebook kamu juga akan menghapus data Oculus kamu. Ini termasuk pembelian dalam aplikasi dan pencapaian. Kmau tidak dapat mengembalikan aplikasi apapun.
  7. Halaman yang hanya kamu sebagai adminnya juga akan dihapus. Jika tidak ingin halaman tersebut dihapus, kamu dapat memberikan kontrol penuh atas halaman tersebut kepada orang lain.  Kamu kemudian dapat menghapus akun tanpa menghapus halaman.

Hal yang akan Terjadi Saat Akun Facebook Dinonaktifkan Sementara

  1. Tidak ada yang bisa melihat profil kamu.
  2. Beberapa informasi, misalnya pesan yang kamu kirim ke teman kamu mungkin masih dapat dilihat.
  3. Teman kamu masih dapat melihat namamu di daftar teman mereka. Nama kamu hanya dapat dilihat oleh teman dan hanya ada di daftar teman mereka.
  4. Admin grup tetap dapat melihat pesan dan komentar, serta nama kamu.
  5. Tidak dapat menggunakan akun Facebook kamu untuk mengakses Produk Oculus atau Data Oculus.
  6. Halaman yang hanya kamu sebagai adminnya juga akan dinonaktifkan. Jika halaman kamu dinonaktifkan, orang lain tidak akan dapat melihat atau menemukan halamanmu saat mereka mencarinya. Jika tidak ingin halamanmu dinonaktifkan, kamu dapat memberikan kontrol penuh atas halaman tersebut kepada orang lain. Kamu kemudian dapat menonaktifkan akunmu tanpa menonaktifkan situs web.
  7. Ingatlah bahwa Messenger akan tetap aktif jika kamu membiarkan Messenger tetap aktif atau tetap masuk ke Messenger, jika kamu menonaktifkan akun Facebook kamu.
  8. Masih bisa mengobrol dengan teman di Messenger. 
  9. Gambar profil Facebook kamu akan tetap terlihat di percakapan Messenger.
  10. Orang lain dapat mencari kamu untuk mengirim pesan.

Baca Juga | 5+ Cara Download Video YouTube Cepat Tanpa Aplikasi!

Demikianlah informasi mengenai cara hapus akun Facebook secara permanen atau sementara. Pengguna dapat membatalkan penghapusan sementara akun Facebook dalam waktu kurang dari 30 hari. Setelah 30 hari, akun pengguna dan semua data di akun akan dihapus secara permanen. 

Apabila kamu ingin tips lainnya mengenai teknologi ataupun ilmu komputer, kamu dapat mengikuti kelas Ilmu Komputer yang disediakan oleh Vocasia! Cek dan lihat pilihan kelasnya di sini!

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *