Tanggal:11 May 2024

Cara Jualan di Shopee untuk Pemula, Dijamin Mudah!

Saat ini berjualan online semakin banyak diminati oleh orang-orang. Selain karena dapat menghemat biaya dan menekan modal usaha, berjualan online juga tidak membutuhkan biaya untuk sewa toko dan membayar listrik. Bahkan, kamu juga tidak perlu repot mencetak brosur atau katalog. Menarik bukan?

Sejak pandemi, tren belanja online memang terus meningkat. Terbatasnya kegiatan di luar rumah membuat banyak orang beralih untuk berbelanja kebutuhan harian secara online. Akhirnya pun berbelanja online tampaknya telah menjadi suatu kebiasaan baru di kalangan masyarakat. Alhasil, peluang ini dimanfaatkan oleh banyak penjual untuk membuka toko baru secara online, salah satunya di Shopee.

Nah, bagaimana sih cara untuk memulai jualan di Shopee?

Dilansir dari lama penjual Shopee, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan kamu untuk mulai berjualan di Shopee.

1. Unduh Aplikasi Shopee

Hal pertama yang harus dilakukan kamu adalah mengunduh aplikasi Shopee melalui Google Play Store atau App Store. Pastikan jaringan internet stabil agar proses installing tidak terganggu.

2. Daftar Akun Shopee

Kamu dapat membuat akun Shopee dengan cara mendaftar melalui aplikasi Shopee, lalu pilih “Mulai Jual” atau “Seller Center”. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mendaftar dengan menggunakan akun Facebook, Google, Apple, atau klik “Daftar” untuk menggunakan nomor handphone. Apabila memilih untuk daftar dengan nomor handphone, kamu perlu melakukan proses verifikasi dengan memasukkan kode OTP. Tunggu sampai kode OTP dikirimkan melalui SMS ke nomor yang kamu daftarkan. Masukkan kode OTP dengan benar, kemudian klik “Lanjut”.

Selanjutnya, kamu dapat mengubah password dan username akun jualanmu melalui menu “Setting” atau “Pengaturan Akun”.

Tips: Agar toko kamu mudah ditemukan, ubah username kalian dengan username yang mudah diingat oleh Pembeli.

3. Lengkapi Profil Toko

Agar profil toko kamu semakin menarik, langkah yang dapat kamu lakukan adalah melengkapi profil toko melalui aplikasi maupun Seller Centre. Cara untuk melengkapi profil toko kamu antara lain adalah:

  1.  Buka Aplikasi Shopee di handphone atau perangkat yang kamu gunakan.
  2. Pilih “Saya” lalu “Toko Saya”.
  3. Pilih “Asisten Penjual” > “Profil Toko” > kemudian lengkapi “Nama Toko” > “Deskripsi Gambar” > “Deskripsi”.
  4. Pilih nama toko yang khas dan mudah diingat.
  5. Masukkan deskripsi gambar. Upload hingga 5 foto dan video untuk memberikan toko kamu identitas brand yang kuat.
  6. Buat deskripsi toko secara singkat dan ringkas untuk menarik pembeli mengunjungi toko kamu. Dalam hal ini, kamu dapat menambahkan berbagai informasi seperti riwayat toko, tipe produk, atau waktu membalas chat.
  7. Klik “Simpan”.

4. Menjual Produk

Setelah berhasil melengkapi profil toko kamu, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah menjual barang-barang daganganmu!

Berikut adalah cara untuk mulai menjual barang daganganmu di Shopee:

  1. Akses tokomu di Seller Center (seller.shopee.co.id) atau klik Saya > Mulai Jual di Aplikasi Shopee
  2. Klik “Tambah Produk Baru”
  3. Pastikan kamu tidak menjual barang yang dilarang oleh Shopee.
  4. Lengkapi Informasi Penjualan dengan deskripsi produk yang lengkap dan sesuai. Dalam hal ini, kamu bisa mengunggah produk, mengisi atribut produk, deskripsi produk, dan menambahkan foto produk, dan memilih jasa kirim. Sebaiknya, kamu menyiapkan foto produk dengan kualitas yang baik untuk diunggah. Pastikan foto tersebut dapat dilihat dengan jelas dan menarik bagi calon pembeli.
  5. Lengkapi Informasi Pengiriman tentang jasa kirim yang akan digunakan.
  6. Klik “Simpan & Tampilkan” untuk menampilkan produk kamu di Toko.
  7. Shopee akan melakukan pemeriksaan produk yang Anda jual dalam waktu 1 hari kerja.

5. Promosikan Produk

Apabila proses verifikasi Shopee telah selesai dilakukan, produk kamu sudah bisa muncul di etalase toko. Hal berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah mempromosikan produk-produkmu.

Promosi bertujuan agar barang dagangan kamu dapat dilirik oleh calon konsumen. Setiap 4 jam, Shopee memberikan kesempatan bagi penjual untuk ‘menaikkan’ produknya. Selain itu, kamu juga bisa membagikan tautan toko dan produk melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan.

6. Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir

Selain mempromosikan produk, kamu dapat mengaktifkan fitur gratis ongkir agar dapat meningkatkan menarik minat calon konsumen untuk membeli produkmu. Shopee menyediakan fitur gratis ongkir dengan minimal belanja mulai dari 0, Rp 30.000, Rp 90.000, dan Rp 200.000.

Gratis ongkir menjadi salah satu daya tarik terbesar bagi para pembeli. Sebaiknya kamu segera mengaktifkan fitur tersebut. Cara untuk mengaktifkan fitur tersebut pun mudah, syaratnya hanyalah foto KTP dan foto selfie memegang KTP.

Apabila pembeli menggunakan voucher gratis ongkir, kamu tak perlu membayar ongkos kirim kepada jasa ekspedisi. Jadi, pembeli untung dan kamu pun sebagai penjual juga untung!

Nah, itulah cara jualan di Shopee. Cukup mudah bukan? Yuk, kembangkan bisnismu dan tingkatkan penjualan produkmu!

Penulis: Sulthan Falah Uhum

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *