Tanggal:20 May 2024

Cara Mudah Berbelanja di Shopee

Saat ini, menggunakan e-commerce adalah salah satu cara berbelanja yang mudah dan efisien sebab belanja dapat dilakukan dari manapun. Salah satu jenis e-commerce yang banyak digemari masyarakat adalah Shopee. 

Shopee menjadi salah satu top e-commerce di Indonesia karena transaksi mudah dan cepat dilakukan melalui e-commerce ini. Shopee juga banyak menyediakan layanan sehingga masyarakat tidak hanya dapat berbelanja saja, tetapi juga membayar tagihan, mengisi pulsa, bahkan mendapatkan pinjaman online melalui Shopee Paylater. Tak hanya itu, Shopee juga banyak memberikan promo, seperti promo gratis ongkir, voucher diskon, cashback, dan sebagainya! Tentunya hal-hal tersebut meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan transaksi melalui Shopee.

Agar dapat bisa memanfaatkan semua fitur dan layanan yang disediakan Shopee, kamu harus tahu dulu bagaimana cara untuk berbelanja di Shopee. 

1. Unduh Aplikasi Shopee

 

Pertama-tama yang harus dilakukan kamu adalah mengunduh aplikasi Shopee melalui Google Play Store atau App Store. Pastikan jaringan internet stabil agar proses installing tidak terganggu. 

2. Buat Akun Shopee

Setelah berhasil mengunduh, kamu dapat mendaftarkan akun terlebih dahulu dan masukkan nomor telepon yang kamu miliki. Tunggu sampai kode OTP dikirimkan melalui SMS ke nomor yang kamu daftarkan. Masukkan kode OTP dengan benar, kemudian klik “Lanjut”. Selanjutnya kamu bisa mengganti username sesuai dengan yang diinginkan. Langkah berikutnya yaitu membuat password baru. Terakhir klik “Daftar”. Apabila sudah mempunyai akun Shopee, kamu dapat log in dengan memasukkan e-mail dan sandi ke dalam kolom yang ada, seperti dalam gambar di bawah ini.

3. Pilih Produk yang Akan Dibeli

Ketika kamu berhasil masuk ke akun Shopee yang sudah dimiliki, sekarang kamu dapat bebas melihat dan memilih berbagai produk yang ada di dalam Shopee! kamu bisa langsung mencari produk yang ingin untuk dibeli dengan menuliskan kata kunci di kolom pencarian yang ada di bagian atas aplikasi. Setelah pilihan produk muncul, kamu dapat menggunakan menu filter untuk mencari produk yang paling sesuai dengan keinginan. Filter dapat digunakan untuk menyesuaikan lokasi, metode pembayaran, kategori, hingga merek dari barang yang ingin dicari. Apabila tidak ada produk spesifik yang ingin kamu cari maka kamu dapat scroll aplikasi Shopee hingga menemukan suatu produk yang menarik dan ingin dibeli.

Saat menemukan produk-produk yang ingin dibeli, kamu dapat klik “Beli Sekarang” untuk langsung check out produk, atau klik “Masukkan Keranjang” apabila ingin membelinya di kemudian hari.

4. Membeli Produk

Setelah kamu klik “Beli Sekarang” untuk suatu produk, maka kamu akan diarahkan ke bagian pembayaran dan pengisian alamat pengiriman barang. Kamu harus menuliskan alamat pengiriman secara lengkap mulai dari nama jalan, RT/RW, nomor rumah, kota, dan jika perlu tuliskan patokan untuk memudahkan kurir dalam mencari lokasi alamat. kamu juga harus memasukan nama penerima beserta nomor handphone yang aktif. Hal ini penting untuk meminimalisir paket hilang atau salah kirim.

Setelah mengisi alamat pengiriman, kamu harus memilih jasa pengiriman yang ingin digunakan. Dalam hal ini, kamu dapat memilih jasa pengiriman sesuai dengan ongkos kirim yang dibebankan. Tak hanya itu, kamu juga dapat menentukan waktu pengiriman. Apakah ingin dikirim saat jam kerja atau bisa dikirim kapan saja.

Lalu, kamu juga harus memilih metode pembayaran yang ingin digunakan. Shopee memberikan beberapa opsi metode pembayaran, mulai dari bank transfer, cash on delivery atau COD, ShopeePay, Kartu Kredit/Debit, dan sebagainya.

5. Shopee Cash on Delivery (COD)

Apabila kamu memilih metode pembayaran cash on delivery atau COD, yaitu suatu sistem pembayaran di tempat atau saat barang telah sampai di tangan pembeli, maka kamu harus memerhatikan beberapa hal berikut ini!

  • Pembayaran dengan sistem COD berlaku tanpa minimal pembelian, namun memiliki maksimal pembelian yakni Rp 3.000.000.
  • Pastikan alamat pengiriman termasuk dalam area jangkauan ekspedisi pengiriman.
  • Pilih toko yang mengaktifkan metode pembayaran COD karena tidak semua toko di Shopee mengaktifkan layanan ini.
  • Gunakan jasa pengiriman yang menerima pembayaran COD. Dalam laman resmi Shopee disebutkan bahwa beberapa ekspedisi yang bisa menggunakan sistem COD antara lain J&T Express,  J&T Economy, Shopee Express Standard, Shopee Express Hemat dan Standar Ekspres, serta ID Express.

6. Menggunakan Voucher Gratis Ongkir dan Promo Lain

Setelah mengisi alamat pengiriman dan memilih metode pembayaran yang ingin digunakan, kamu dapat menggunakan voucher gratis ongkir yang diberikan Shopee untuk mendapatkan diskon ongkos kirim paket. kamu hanya perlu klik “Voucher Shopee” dan memilih voucher gratis ongkir. Tak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan voucher lainnya yang menguntungkan, seperti voucher diskon produk, voucher cashback, dan sebagainya!

Setelah semua tahap selesai, sekarang kamu cukup menunggu sampai paket tiba di lokasi yang ditentukan. kamu juga bisa mengecek lokasi paket menggunakan nomor resi atau menggunakan fitur pelacakan yang disediakan dalam aplikasi Shopee.

Penulis: Sulthan Falah Uhum

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *