Tanggal:25 April 2024

5 Cara Membuat Iklan Lowongan Kerja yang Menarik

Kamu sedang membutuhkan seorang karyawan untuk usahamu yang baru buka? Atau justru kamu adalah seorang HRD yang sedang ingin melakukan rekrutmen untuk posisi yang sedang kosong? Namun, permasalahan yang sedang kamu hadapi adalah sulitnya mendapatkan karyawan baru tersebut. Tidak ada seorang pun yang mengirimkan surat lamaran kerja dan CV mereka. Padahal iklan lowongan kerja ini sudah kamu buka lama dan telah disebarkan ke banyak tempat? Entah itu di papan pengumuman, website, sosial media, dan lain sebagainya. Jika permasalahan ini masih berlanjut hingga sekarang, mungkin ada yang salah dengan iklan lowongan kerja yang kamu buat tersebut, nih!

Nah, kira-kira apa yang salah pada iklan lowongan kerjamu itu ya? Bagi masyarakat yang sedang mencari pekerjaan atau jobseekers, salah satu yang dilihat oleh mereka pada iklan lowongan pekerjaan adalah menarik atau tidaknya iklan tersebut. Meskipun mereka sedang berlomba-lomba untuk mencari pekerjaan, para jobseeker ini juga tentunya tak akan asal apply. Mereka juga selalu menimbang-nimbang sebelum melampirkan surat lamaran kerja dan CV mereka tersebut. Hal itu dikarenakan agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan.

Jadi, jika tidak ada satupun yang melamar di lowongan kerja yang kamu buka, bisa jadi iklan yang kamu buat tersebut tidak menarik sama sekali! Nah, lalu bagaimanakah contoh iklan lowongan kerja yang bisa menarik di mata para jobseeker? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Penggunaan Judul yang Tepat

Judul iklan.
Judul iklan. Sumber: Pexels

Cara membuat iklan lowongan kerja yang menarik #1 yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan atau memberikan judul yang tepat. Usahakan untuk menggunakan judul yang spesifik. Hal itu agar nantinya iklan lowongan kerja yang kamu buat tersebut bisa menyasar ke target yang tepat atau relevan. Misalnya saja ketika kamu sedang membuat iklan lowongan kerja untuk bagian Sales, maka berilah judul spesifik seperti “Lowongan Kerja Sales di PT X”. Jangan pernah membuat judul iklan lowongan kerja yang ambigu, hal itu karena bisa membingungkan para pembacanya. Bahkan darinya juga bisa berimbas ke nama baik perusahaanmu yang bisa saja dicap sebagai penipu dan tidak dapat dipercaya. Selain itu, usahakan juga agar penulisan judul tersebut menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga mudah dipahami, sekaligus menunjukkan prefesionalisme perusahaan ya!

Baca Juga : Apa itu Target Market?

2. Berikan Informasi terkait Perusahaan

Deskripsi perusahaan.
Deskripsi perusahaan. Sumber: Pexels

Cara membuat iklan lowongan kerja #2 yang bisa kamu lakukan sehingga menarik banyak minat jobseekers adalah memberikan informasi detail mengenai profil perusahaan. Selain untuk mengiklankan posisi yang sedang dibuka, sebuah iklan lowongan kerja juga berguna untuk memperkenalkan perusahaan itu sendiri kepada khalayak. Oleh karena itu, biasanya dalam sebuah iklan lowongan kerja, akan ada section penjelasan mengenai perusahaan, seperti visi dan misi yang diemban atau alamat kantor. Adanya section ini juga akan mempermudah para pelamarnya untuk mengenali lebih jauh terhadap perusahaan terkait.

Bahkan kadang, informasi ini juga bisa menjadi pertimbangan besar oleh seorang jobsekeers apakah dirinya akan mengapply atau tidak. Mengapa demikian? Misalnya saja begini, ketika ada informasi terkait perusahaan seperti lokasi kantor. Para pelamar bisa memperkirakan jarak yang harus ditempuh setiap harinya dari rumah ke kantor. Tentu saja banyak yang akhirnya ‘mundur’ ketika melihat bahwa jarak yang ditempuh begitu jauh.

3. Berikan Deskripsi Posisi dan Persyaratan dengan Jelas dan Lengkap

Deskripsi posisi.
Deskripsi posisi. Sumber: Pexels

Cara membuat iklan lowongan kerja yang menarik #3 yang bisa dilakukan olehmu adalah dengan memberikan deskripsi posisi dan persyaratan dengan jelas dan lengkap. Biasanya dalam setiap iklan lowongan kerja yang beredar tentulah ada informasi tersebut. Kamu juga bisa membuatnya sesuai kebutuhan perusahaan. Perlu menjadi catatan agar informasi mengenai jobdesk dan persyaratan tersebut harus relevan dengan posisi yang dibuka. Misalnya saja ketika kamu sedang membuka lowongan kerja dengan posisi ‘Content Writer’, maka sudah sepatutnya jobdesk dan persyaratannya juga berkaitan dengan dunia tulis-menulis.

Informasi ini begitu dipertimbangkan oleh jobseeker ketika sedang mencari pekerjaan. Hal itu dikarenakan banyak iklan lowongan pekerjaan yang memberikan informasi jobdesk dan persyaratan yang begitu banyak, tetapi justru tidak relevan dengan posisi yang dibuka. Misalnya saja seperti lowongan kerja posisi legal, justru jobdesk dan persyarannya seperti untuk marketing, editing, sales, dan lain sebagainya! Oleh karena itu buatlah deskripsi ini dengan jelas dan relevan menggunakan bahasa yang mudah dipahami ya!

4. Berikan Informasi terkait Benefit

Deskripsi benefit.
Deskripsi benefit. Sumber: Pexels

Cara membuka iklan lowongan kerja selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan memberikan informasi mengenai benefit yang akan diterima ketika bekerja dengan posisi terkait. Banyak para jobsekeer ketika mencari lowongan pekerjaan, salah satu yang diamati terlebih dahulu adalah keuntungan atau benefit yang didapatkan nantinya. Oleh karena itu, pastikan agar iklan lowongan kerjamu juga mencantumkan hal ini ya! Nah, lalu apa saja benefit yang harus ditulis? Bisa disesuaikan dengan kebijakan perusahaanmu!

5. Berikan Tenggat Waktu dan Informasi Kontak Perusahaan

Kontak perusahaan.
Kontak perusahaan. Sumber: Pexels

Cara membuka iklan lowongan kerja terakhir yang menarik dan harus kamu lakukan adalah dengan memberikan tenggat waktu dan informasi kontak perusahaan. Berikanlah deadline atau tenggat waktu lamaran tersebut tersedia. Selain itu, berikan juga informasi kontak dimana para pelamar bisa mengirimkan surat lamaran kerja dan CV mereka. Misalnya seperti email ataupun alamat kantor. Kamu juga bisa menyantumkan nomor kontak perusahaan untuk memudahkan para pelamar bertanya-tanya terkait lowongan tersebut.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi franchise lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *