Tanggal:25 April 2024
Membangun bisnis bersama pasangan.

6 Tips Membangun Bisnis Bersama Pasangan, Tetap Harmonis dan Profesional!

Sekarang ini, membangun bisnis bersama pasangan sedang menjadi tren di masyarakat. Hal ini dikarenakan membangun bisnis dengan orang terkasih dinilai merupakan tantangan yang menyenangkan yang setiap halangan dan rintangan berbisnis yang ada bisa dihadapi secara bersama-sama. Selain itu, berbisnis dengan pasangan juga jauh lebih terpercaya. Mereka bisa berkeluh-kesah jauh lebih intim. Hal tersebut tentunya akan berbeda jika sebuah bisnis dijalankan bersama orang asing, bukan? Banyak usaha yang dijalankan oleh pasangan kekasih bisa sukses berkembang. Namun, meskipun mereka sevisi dan semisi dalam urusan berbisnis, bukan berarti kegiatan tersebut juga dapat berjalan lurus setiap harinya. Karena tentu saja akan ada waktu dimana membangun bisnis bersama pasangan bukanlah sesuatu yang mudah.

Membangun bisnis dengan membangun hubungan merupakan dua hal yang berbeda. Tentu saja keduanya juga dijalankan dengan teknik yang tak sama. Dalam membangun hubungan, dibutuhkan sebuah teknik agar hubungan tersebut bisa berjalan lama dan tetap harmonis. Adapun dalam membangun bisnis, dibutuhkan sebuah teknik supaya bisnis tersebut bisa terus berkembang dan sukses. Adanya perbedaan itulah yang harus dijadikan pedoman oleh setiap pasangan ketika mereka berniat untuk membangun sebuah bisnis bersama. Mereka harus bisa membedakan antara kedua hal ini, sehingga baik hubungan romansa ataupun hubungan bisnis bisa berjalan dengan baik. Hal itu karena banyak sekali pasangan yang mengaburkan kedua hal tersebut dan justru berimbas pada bisnis mereka yang harus surut.

Nah, lalu bagaimanakah cara atau tips membangun hubungan bersama pasangan, agar hubungan romansa tetap harmonis, sekaligus profesional dalam urusan bisnis? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Komunikasi yang Seimbang

Komunikasi.
Komunikasi. Sumber: Pexels

Tips membangun bisnis bersama pasangan #1 yang harus kamu lakukan adalah dengan membangun hubungan komunikasi yang seimbang. Buatlah porsi agar hubungan komunikasimu sebagai rekan kerja dan pasangan sama imbangnya. Dengan catatan agar kamu selalu bisa menengahinya ya! Sebagai rekan kerja, kamu harus melakukan komunikasi secara dengan jelas. Sampaikan segala permasalahanmu dengan detail, singkirkan perasaanmu sebagai seorang pasangan. Dari sanalah bisa tercipta sebuah bisnis yang maju.

2. Buat Surat Perjanjian

Surat perjanjian.
Surat perjanjian. Sumber: Pexels

Tips membangun bisnis bersama pasangan #2 yang juga harus kamu lakukan adalah dengan membuat surat perjanjian. Mengapa harus? Memang kamu sudah begitu percaya dengan pasanganmu. Tidak ada pengkhianatan dalam hubunganmu tersebut. Namun, meski begitu, ketika ingin membangun bisnis bersama, kamu harus tetap membuat surat perjanjian yang terlegalisasi. Hal itu untuk menunjukkan profesionalitasmu dan pasangan. Selain itu, juga bisa dijadikan sebagai bukti jika di suatu hari terjadi sebuah masalah yang tidak diinginkan. Nah, kira-kira apa sajakah yang harus ada di surat perjanjian tersebut? Modal, sistem gaji, pembagian keuntungan, hak, tugas, kewajiba, dan lain sebagainya.

3. Utamakan Profesionalitas dan Buat Batasan

Profesionalitas.
Profesionalitas. Sumber: Pexels

Tips membangun bisnis bersama pasangan selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengutamakan profesinalitas. Memang kamu membangun bisnis dengan orang terdekat dan terkasihmu, namun jika sudah membicarakan bisnis, kamu harus mengutamakan sikap profesionalitas. Kamu tidak boleh mengedepankan ego dan perasaan. Kamu harus selalu bisa mengadaptasikan diri, apakah kamu sedang berada di lingkungan kerja atau tidak. Selain itu, kamu juga harus membuat sebuah batasan. Misalnya saja batasan seperti waktu kerja. Darinya, kamu akhirnya bisa mempererat hubungan di luar waktu tersebut!

4. Uang Pribadi & Bisnis

Uang pribadi & bisnis.
Uang pribadi & bisnis. Sumber: Pexels

Tips membangun bisnis bersama pasangan #4 yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah membagi atau memisahkan uang untuk pribadi dan uang bisnis. Banyak pasangan harus merelakan usahanya gulung tikar karena ketidakmampuan mereka dalam memisahkan hal ini. Mereka selalu merasa bahwa keduanya sama dan mencampuradukkannya. Padahal, keduanya berbeda! Oleh karena itu, ketika kamu ingin membangun bisnis dengan pasangan, sangat diusahan untuk memisahkan uang pribadi dan bisnis ya! Caranya bagaimana? Kamu bisa mengakalinya dengan membuat rekening bank yang berbeda!

5. Saling Berkomitmen

Komitmen.
Komitmen. Sumber: Pexels

Tips membangun bisnis bersama pasangan #5 yang juga harus kamu lakukan adalah saling berkomitmen dan menjaganya. Sebelum membangun bisnis tersebut, kamu dan pasanganmu harus selalu berkomitmen untuk memajukan bisnis kalian. Visi dan misi yang diemban juga harus sejalan. Karena banyak sekali, bisnis yang dibangung seorang pasangan hancur karena perbedaan visi dan misi. Oleh karena itu, selalu pastikan visi misi berbisnis kalian sama dan komitmen selalu terjaga ya!

6. Jangan Lupa untuk Quality Time!

Quality time.
Quality time. Sumber: Pexels

Tips membangun bisnis bersama pasangan terakhir yang harus kamu lakukan adalah jangan melupakan tugasmu sebagai seorang pasangan! Meskipun bisnismu sedang sibuk-sibuknya dan sedang membutuhkan konsentrasimu secara penuh, tak lantas kamu harus melupakan tugasmu sebagai seorang pasangan. Justru karena dalam masa sibuk itulah, lebih rekatkan hubungan kalian dengan adakan quality time. Hibur segala stress yang ada. Dijamin hubungan romansa semakin rekat, bisnis pun bisa semakin sukses.

Baca juga :

5 Strategi Pembangunan Bisnis, Pebisnis Pemula Wajib Simak!

13 Peluang Usaha Rumahan Paling Menjanjikan, Harus Coba!

12 Rekomendasi Ide Usaha Rumahan Di Desa, Mudah Dan Menguntungkan!

13 Ide Bisnis Digital Yang Menjanjikan Di Tahun 2022

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi franchise lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *