Tanggal:08 September 2024

10+ Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Sedang menggunakan laptop namun tiba-tiba suara kipas laptop terdengar berisik? Permukaan laptop pun terasa sangat panas. Beberapa aplikasi mungkin akan terasa lambat saat digunakan. Ternyata kipas laptop yang berisik tersebut merupakan pertanda bahwa laptop kamu sedang tidak baik-baik saja. Nah, ada beberapa cara mengatasi kipas laptop berisik. Yuk, simak cara mengatasi kipas laptop berisik di bawah ini!

1. Periksa Suhu Laptop

Untuk memeriksa suhu laptop, kamu bisa menggunakan perangkat lunak pengukur suhu laptop seperti Real Temp yang dapat mengukur suhu laptop tanpa perlu membongkarnya. Kamu juga bisa mengecek kondisi hardware dan kinerja sistem laptop dengan membuka Task Manager atau dengan CTRL+ALT+DEL. Berikutnya, pilih ‘Performa Tab’ untuk melihat ruang penyimpanan, RAM, dan prosesor yang sedang bekerja.

Untuk menjaga agar kipas laptop bisa lebih awet, kamu bisa menggunakan perangkat pendingin eksternal atau laptop cooler agar suhu laptop dapat tetap terjaga.

2. Sesuaikan Pengaturan Daya Laptop

Menyesuaikan pengaturan daya laptop berarti mengurangi konsumsi daya laptop. Hal ini akan membuat kinerja kipas laptop menjadi lebih ringan saat mempertahankan suhu mesin, yaitu 30 derajat Celcius. 

Langkah-langkahnya adalah dengan membuka ‘Control Panel’ di menu ‘Start’. Kemudian pilih ‘Power Options’. Selanjutnya, klik ‘Change plan Settings’. Lalu, klik ‘Change advanced power settings’. Pilih ‘Power saver’ pada menu drop-down. Pada ‘Sleep after’ dan ‘Hibernate after’, kurangi waktunya di setiap pengaturan agar ketegangan yang terjadi pada kipas berkurang. Terakhir, klik ‘Ok’ dan lakukan restart laptop.

3. Identifikasi Software yang Bermasalah

Cara ini dilakukan untuk mengetahui aplikasi atau perangkat lunak yang bekerja sangat keras, sehingga menyebabkan kipas prosesor laptop berisik.

Pertama, tekan CTRL+ALT+DEL secara bersamaan dan pilih ‘Task Manager’. Klik ‘More details’. Lalu, pilih tab ‘Processes’ dan klik kolom ‘CPU’. Jadi, proses akan diurutkan berdasarkan beban yang paling berat. Kemudian, carilah proses-proses yang mencurigakan. Setelah itu, pilih ‘End Task’ untuk proses yang mencurigakan tersebut.

Baca juga| Langkah Mudah Mengatasi Laptop Hang Dan Penyebabnya

Image: Freepik

4. Tingkatkan Efisiensi Laptop

Laptop akan bekerja lebih keras dan menghasilkan panas saat ada banyak aplikasi yang dibuka secara bersamaan, terutama pada aplikasi yang membutuhkan kinerja tinggi. Misal, kamu bermain game sambil memutar musik, tentu beban kerja laptop akan menjadi berat. Berikut adalah cara mengatasi kipas laptop berisik saat bermain game:

  • Tutup aplikasi setelah selesai digunakan.
  • Tutup browser internet setelah selesai digunakan. Jangan membiarkan banyak tab terbuka.
  • Jika kamu sering bermain game, turunkan resolusi dan kurangi pengaturan grafis agar kinerja laptop menjadi lebih ringan.

5. Turunkan Kecepatan Laptop

Cara mengatasi kipas laptop berisik selanjutnya adalah dengan menurunkan kecepatan laptop. Cara ini disebut dengan defrag laptop. Kamu bisa melakukan defrag laptop secara rutin satu bulan sekali. Berikut cara defrag laptop untuk mengatasi kipas laptop yang berisik:

  • Pada kolom pencarian Windows, ketik ‘Defrag’.
  • Pilih ‘Defragment’ dan ‘Optimalkan Driver’.
  • Pilih disk drive yang ingin dioptimalkan, lalu klik ‘Optimalkan’.

Melakukan defrag laptop juga dapat memelihara performa laptop sehingga prosesor dapat bekerja lebih optimal. Cara ini juga akan menyegarkan Hardisk dan RAM yang digunakan.

6. Tutup Aplikasi yang tidak terpakai

Salah satu cara mengatasi kipas laptop berisik juga bisa dilakukan dengan menghentikan beberapa aplikasi yang tidak terpakai. Aplikasi mungkin akan tetap berjalan meskipun kamu tidak memakainya. Lakukan uninstall beberapa aplikasi yang dirasa sudah tidak terpakai atau bisa digantikan dengan aplikasi yang lebih ringan. Selain itu, tutup aplikasi jika memang sudah selesai dipakai. Jangan biarkan begitu saja agar kipas laptop tidak bekerja terlalu berat.

7. Tingkatkan OS Windows

Jika kamu masih menggunakan sistem operasi yang lawas atau masih menggunakan OS Windows 7, Windows 8, atau Windows 10, mungkin kamu perlu memperbarui sistem operasi ke versi yang lebih baru. Menggunakan OS baru juga dapat meningkatkan performa laptop menjadi lebih baik. Dengan begitu, suara kipas laptop yang berisik dapat diatasi.

Baca juga| Cara Cek IP Address pada Laptop dan Smartphone

Image: Freepik

8. Gunakan Software Kecepatan Kipas

Cara mengatasi laptop berisik juga bisa dengan menggunakan software pengukur kecepatan kipas. Hardware kipas yang dipasang biasanya secara default melebihi kebutuhan pengguna. Jadi, kipas laptop terdengar sangat berisik.

Aplikasi tersebut dapat menjaga kipas laptop dapat terkendali. Kamu bisa menggunakan aplikasi SpeedFan untuk mengatur kecepatan kipas laptop. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mendeteksi adanya aktivitas aplikasi yang tidak lazim.

9. Oleskan Pasta Thermal pada CPU

Di samping kipas laptop, prosesor juga mungkin memerlukan pendingin tambahan untuk menjaga suhunya tetap stabil. Kamu bisa menggunakan pendingin seperti pasta thermal. Alat tersebut berbentuk pasta yang dioleskan pada prosesor. Dengan menggunakan pasta ini, suhu panas pada laptop dapat diturunkan, sehingga tidak terlalu panas. Dengan demikian, suara kipas laptop tidak terlalu bising.

10. Identifikasi Permasalahan Kipas

Jika beberapa cara di atas masih belum teratasi, mungkin ada masalah lain yang terjadi pada laptop. Coba untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut. Misal, BIOS yang belum diperbarui juga bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi berat.

  • Pastikan Windows selalu melakukan update. Buka ‘Windows Update’ yang bisa ditemukan pada menu ‘Settings’ untuk melihat apakah sudah melakukan pembaruan atau belum. Jika belum, segera melakukan pembaruan. Tunggu hingga proses selesai dan restart laptop.
  • Pastikan BIOS sudah diperbarui. Jika belum, memperbarui BIOS dapat membantu agar kinerja laptop menjadi maksimal.

Saat kamu memperbarui Windows dan BIOS, download file pembaruan yang disediakan secara resmi oleh produsen laptop. Jangan gunakan file yang tidak resmi, karena dapat memperparah masalah pada laptop.

11. Bawa ke Pusat Service Laptop

Cara mengatasi kipas laptop berisik yang terakhir adalah dengan membawa perangkatmu ke tempat servis. Mungkin ada kerusakan pada hardware kipas, sehingga bunyinya menjadi berisik. Dengan mengunjungi pusat servis laptop, kamu dapat mengetahui penyebabnya dan mengatasinya dengan tepat. Namun, tentu saja kamu perlu menyiapkan biaya yang mungkin tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Baca juga| Laptop Kamu Sering Lemot? Itu Tanda Terkena Virus. Begini Cara Mengatasinya!

Demikian beberapa cara mengatasi kipas laptop berisik yang bisa kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pencegahan dengan mengecek dan merawat laptop secara berkala agar memperpanjang usia laptop milikmu. 

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *