Tanggal:04 May 2024

Laptop Kamu Sering Lemot? Itu Tanda Terkena Virus. Begini Cara Mengatasinya!

Bekerja secara produktif membuat penggunaan laptop menjadi lebih sering daripada biasanya. Seringkali tanpa kamu sadari aktivitas mengunduh atau mengirimkan file ternyata dapat membahayakan laptop-mu. Contohnya laptop menjadi lebih lambat, adanya aktivitas hard drive yang mencurigakan, file rusak atau hilang, dan bahkan risiko terburuknya adalah email dibajak dan disalahgunakan. Apabila kamu sudah mendeteksi adanya beberapa keluhan di atas, ada baiknya kamu segera memeriksanya karena hal tersebut merupakan tanda laptop mu terkena virus.

6 Cara Ampuh Menghilangkan Virus di Laptop

Jika laptopmu semakin lama dibiarkan terkena virus, hal tersebut akan semakin membahayakan perangkat serta data-data yang ada di dalamnya. Untuk itu berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi virus yang ada di Laptop.

1. Install dan Aktifkan Virus Scanner

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah meng-install virus scanner. Virus scanner berfungsi untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus perangkat perusak. Setelah kamu meng-aktifkannya, kamu dapat mengetahui apakah sistem komputer telah terinfeksi virus atau tidak.

2. Segera Matikan Sambung Internet

Cara ini dilakuka untuk mencegah adanya pembajak yang masuk ke perangkat. Perangkat yang sering terhubung ke internet sangat rawan diserang malware apabila kurang waspada.

3. Ubah Password Laptop

Apabila sudah ada aktivitas yang mencurigakan, lakukan perubahan pada kata sandi agar lebih aman. Gunakan kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol dengan minimal 8 karakter.

4. Masuk ke Safe Mode

Setelah melakukan cara-cara di atas, hal yang dapat kamu lakukan selanjutnya ialah menjalankan safe mode. Safe Mode merupakan fitur standard Windows. Fitur safe mode berfungsi untuk menghapus file/virus yang tidak bisa dihilangkan melalui mode biasa.

5. Hapus Temporary Files

Hapus temporary files secara bertahap, karena jika dibiarkan maka akan semakin menumpuk. Gunakan disk cleanup untuk menghapusnya secara aman.

6. Reset Browser dan Laptop

Terakhir, setelah kamu selesai mencoba cara-cara di atas, reset browser dan perangkatmu. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya malware yang terpasang dari proses pengunduhan yang pernah kamu lakukan di internet.

Itu dia beberapa cara mengatasi virus yang ada di laptop kamu. Di era serba digital ini kamu tetap harus berhati-hati dalam melakukan segala sesuatu karena kejahat dapat terjadi di mana saja bahkan melalui dunia maya.

Baca juga: Cybersecurity: Pengertian Hingga Ancamannya

Kursus membuat Aplikasi website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *