Tanggal:04 May 2024

Langkah Mudah Mengatasi Laptop Hang dan Penyebabnya

Sedang semangat mengerjakan tugas, malah mood berantakan karena aptop yang tidak karuan. Yap, Itu adalah salah satu masalah yang kerap menimpa banyak orang. Laptop hang disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu faktor eksternalnya adalah umur laptop yang sudah terlalu lama. Sementara itu, banyaknya muatan dan masalah yang terjadi pada sistem menjadi faktor internal yang mendasarinya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Apakah harus berganti pada device baru? Jawabannya, tentu saja tidak. Artikel ini akan membantumu mengatasi permasalahan tersebut. Simak pembahasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Baca juga: Seberapa Pentingkah fungsi RAM pada Kinerja PC maupun Laptop

Penyebab Laptop Hang

Ilustrasi Penyebab Laptop Hang (Source: pixabay)

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ketahuilah penyebab spesifik  yang mendasari masalah ini. Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan laptop hang :

1. Terdapat virus

Virus merupakan salah satu penyebab laptop menjadi hang atau mati secara tiba-tiba. Tak hanya mati, malware ini juga dapat menghilangkan beberapa dokumen yang tersimpan dalam laptopmu. 

2. Adanya corrupt pada system files

Ketika terjadi corrupt pada dua dokumen dalam satu sistem akan memicu terjadinya hang pada laptop. File-file yang memiliki masalah tersebut akan membuat laptop hang terus-menerus secara berulang. Akibatnya, laptop cepat rusak dan tidak bisa digunakan.

3. Hardisk bermasalah

Hardisk adalah tempat penyimpanan seluruh dokumen yang ada pada laptop. Pada laptop lama, hardisk berbentuk piringan baja. Lecet atau kerusakan yang terjadi pada piringan tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya hang.

4. Terlalu banyak program yang berjalan

Rentetan program atau aplikasi yang berjalan bersamaan menjadi salah satu penyebab laptop hang. RAM yang terbatas dengan banyaknya aplikasi membuat laptop beroperasi secara lambat. Keadaan yang memaksa dan overload memaksa peristiwa hang terjadi.

5. Memori terlalu sedikit atau habis

Bersamaan dengan RAM, memori laptop juga cukup terbatas. Ruang penyimpanan yang minim ini hanya dapat menjalankan beberapa program saja. Selebihnya, jika dipaksakan akan membuatnya lelet dan hang seketika.

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop Gaming di Bawah 10 Juta

Cara Mengatasi Laptop Hang

Laptop hang

Ilustrasi Cara Mengatasi Laptop Hang (Source: pixabay)

Setelah memahami pemicunya, kamu harus mengetahui cara mengatasinya ketika masalah tersebut menimpamu. Berikut adalah cara-cara mngatasi laptop hang:

1. Menghapus cache

Cara pertama untuk mengatasi masalah tersebut adalah menghapus cache yang terlalu banyak. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Lakukan ‘Restart’ atau ‘Force Shut Down’ dengan menekan tombol power pada laptop hingga layar mati.
  2. Lalu, nyalakan kembali laptopmu.
  3. Setelah berhasil, masuklah pada sistem BIOS dengan menekan F12, F11, F8, atau F2 pada keyboard.
  4. Lanjutkan dengan memilih menu ‘Advanced BIOS Features’.
  5. Pilih opsi ‘Disable’ pada menu ‘BIOS Cache’.
  6. Tekan ‘Enter’ untuk menyimpan perubahan.
  7. Tunggu, dan nyalakan laptop kembali.

2. Lakukan ‘End Task Window’

Melakukan ‘End Task Window’ adalah cara kedua yang dapat dilakukan untuk mengatasi laptop hang dalam ukuran ringan. Gunakanlah cara di bawah ini:

  1. Tekan tombol “Shift+CTRL+Esc” atau “CTRl+Alt+Del” secara bersamaan.
  2. Setelah berhasil masuk dalam jendela ‘Task Manager’, tekan ‘End Task’ pada program yang sedang stuck atau tidak berjalan.
  3. Tunggu program dihentikan secara paksa dan laptop dapat dijalankan kembali.

3. Cek pada Bagian ‘Starting Window’

Tak jarang masalah ini terjadi bahkan saat belum berhasil masuk pada Windows atau masih dalam tahap boosting. Ketika hal itu terjadi, berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu terapkan:

  1. Lakukanlah scanning menggunakan anti virus untuk mengatasi masalah file corrupt dan virus yang menjangkit.
  2. Cara kedua yang dapat dilakukan ketika langkah pertama tidak berhasil adalah membersihkan RAM. RAM yang kotor dapat dibersihkan dengan penghapus karet.
  3. Saat kedua cara di atas tidak berhasil, kamu perlu mengganti motherboard yang harganya sama dengan laptop baru.

4. Pasang atau Install Anti Virus

Menginstal anti virus adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghindari permasalahan ini. Laptop dapat terjangkit virus dan malware berbahaya dari flashdisk dan program-program yang dipasang. Instal anti virus dan lakukan pembersihan secara rutin untuk meminimalisir kerusakan pada laptop.

5. Gunakan Kipas Laptop

Meski terlihat sepele, nyatanya kipas atau fan laptop memiliki andil besar dalam mengatasi hang. Laptop yang terlalu panas dapat membuat kinerja sistem lambat. Akibatnya, laptop dapat terhenti secara tiba-tiba dan harus dimulai ulang.

Baca juga:Cara Cek IP Address pada Laptop dan Smartphone

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi laptop hang menurut Vocasia. Sebelum masalah tersebut terjadi padamu, lakukan upaya-upaya pencegahan seperti melakukan pembersihan secara rutin menggunakan anti virus. 

Saat sudah terjadi, temukan masalah utamanya terlebih dahulu dan terapkan salah satu cara di atas. Ketika tidak menemukan masalah utama, kamu dapat menerapkan satu per satu cara di atas. Selamat mencoba!

Baca juga: 7 Tips Membeli Laptop Baru

Kursus desain website HTML CSS
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *