1. Hadapi dengan Tenang
Reaksi yang tenang adalah hal penting yang harus Anda lakukan untuk menghadapi perbedaan pendapat secara profesional. Ketika diselesaikan dengan cara yang sehat dan komunikatif, hal itu akan membuka pikiran Anda terhadap satu sama lain.
- Baca Juga: Skill Kerja Remote Yang Harus Dimiliki
Terkadang, perbedaan pendapat membuat emosi Anda memuncak. Jika sudah begitu, Anda akan mudah lupa bagaimana harus bertindak. Memberikan reaksi yang defensif hanya akan memperburuk situasi. Tetaplah tenang dan sabar serta jangan jatuhkan pihak mana pun. Menjatuhkan salah satu pihak hanya akan memperkeruh suasana.
2. Turunkan Ego
Salah satu pemicu tidak terselesaikannya perbedaan pendapat di tempat kerja adalah tingginya ego dari masing-masing pihak. Salah satu cara yang paling efektif dalam mengatasi perbedaan pendapatan di tempat kerja adalah dengan menurunkan ego Anda.
Cobalah untuk melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda. Jangan pernah merasa paling benar, cobalah untuk memahami orang lain. Ingatlah bahwa ketika Anda mengalah itu bukan berarti kalah. Hal ini juga dapat mengembalikan suasana kerja yang tenang dan kondusif.
3. Jaga Intonasi Bicara
Kata-kata kasar dan suara yang tinggi akan semakin membangkitkan amarah. Sebaliknya, jika Anda menyampaikan pendapat dengan suara yang lebih rendah, hal ini dapat menyingkirkan kemarahan.
Manfaat jika Anda merendahkan suara Anda saat berbicara adalah bisa mengurangi ketegangan yang ada. Kedua, orang lain akan berusaha untuk mendengarkan Anda. Namun, pastikan suara yang Anda ucapkan tidak terlalu rendah karena berpotensi disalahgunakan atau dimanfaatkan oleh lawan bicara Anda. Jadi, cukup gunakan suara yang tenang dan stabil.
4. Posisikan Diri di Sudut Pandang Orang Lain
Cobalah pertimbangkan untuk membayangkan Anda berada di posisi orang lain terlebih dahulu. Semakin Anda memahami posisi seseorang, semakin Anda memahami kekhawatiran mereka. Sehingga semakin besar pula kemungkinan Anda dapat menyelesaikan perselisihan akibat perbedaan pendapat tersebut. Menempatkan diri di sudut pandang orang lain juga dapat membantu Anda agar menjadi pribadi yang open minded.
5. Mencari solusi atau jalan tengah yang terbaik
Di dunia kerja, perbedaan pendapat dan pandangan terhadap suatu hal adalah hal yang wajar. Maka untuk menyelesaikannya kita harus bersikap profesional. Carilah jalan keluar terbaik serta pertimbangkan dari segala sudut pandang.
Baca Juga: Tips Membuat Pitch Deck Untuk Menarik Investor
Kalian bisa melibatkan orang-orang yang bersangkutan dalam mengambil keputusan. Selain itu, kita harus bersikap objektif, di mana keputusan itu adalah keputusan bersama dan tidak memihak salah satu pihak.
6. Hormati keputusan akhir yang diambil
Setiap hal yang didiskusikan pasti punya keputusan akhir. Nah meski pendapatmu dengan rekan kerja berbeda, kamu punya pendapat tentang ini, sedangkan mereka beda lagi, tetap hargai keputusan yang diambil bersama.
Karena keputusan akhir adalah keputusan terbaik dan pasti sudah dipertimbangkan secara matang. Maka kamu harus bisa menerimanya, meskipun pendapat yang kita utarakan bukan jadi pilihan.
Leave a Reply