Tanggal:21 February 2024

Skill Kerja Remote yang Harus Kamu Miliki

Di era digital sekarang ini, peluang untuk menjadi Remote Worker sangat besar. Apalagi sekarang beberapa perusahaan besar juga sudah mulai membuka peluang untuk para Remote Worker karena lebih efisien dibanding harus membuka lowongan kerja kemudian menyeleksinya, belum lagi melakukan training dan lain-lain.

Kerja remote atau Remote Working adalah pola kerja yang tidak mengharuskan seseorang untuk berada di kantor perusahaannya. Jadi para Remote Worker ini nanti bisa secara fleksibel untuk bekerja dari rumah, cafeco-working space, atau tempat lainnya di luar lingkungan kantor/perusahaan. Bahkan kamu tidak hanya bisa bekerja di tempat yang berbeda, tetapi juga bisa antar negara.

Kadang, kerja di lingkungan yang lebih santai bisa membuat para pekerja remote terlena dan jadi kurang disiplin. Nah, untuk bisa sukses menyelesaikan pekerjaanmu sehari-hari, penting untuk seorang remote worker memiliki skill-skill tertentu. Berikut ini skill-skill yang harus dimiliki pekerja remote. 

1. Cakap menggunakan teknologi

Karena bekerja dari jarak jauh, tentunya kamu akan mengandalkan teknologi untuk kelancaran kerja. Akan ada banyak tool yang digunakan untuk mendukung efektivitas kerjamu. Oleh karena itu, penting untuk bisa cepat beradaptasi dengan teknologi baru. Jangan cepat menyerah atau mengatakan tidak bisa saat belajar suatu teknologi, dan cobalah hingga kamu menguasainya dengan baik.

Baca juga: Kumpulan Rumus Microsoft Excel

Baca juga: Tips Mahir Microsoft Office

2. Keterampilan Sesuai Bidang

Kemudian yang penting lagi adalah keterampilan yang sesuai bidang kamu. Ya karena Remote Working ini yang dijual adalah keterampilan kamu, maka ya kamu harus punya bekalnya dulu.  Sekedar informasi saja, kalau kamu ingin sukses sebagai Remote Worker maka kamu harus punya keahlian yang bagus, akan lebih baik jika memiliki pengalaman di bidang itu. Karena itu akan memberikan kepercayaan kepada perusahaan untuk bisa memilihmu. untuk memperdalam ketrampilanmu, kamu bisa mengambil kursus di vocasia

3. Komunikasi yang baik

Skill komunikasi adalah salah satu yang paling penting untuk dimiliki jika kamu kerja secara remote. Jenis komunikasi yang utama adalah secara melalui tulisan yaitu dengan chat, email, SMS, dan sejenisnya.Akan tetapi, komunikasi verbal juga tetap dibutuhkan.

Pasalnya, tak jarang kamu berkomunikasi lewat telepon ataupun video call. Melansir The Muse, skill komunikasi bukan hanya mampu membalas dengan jelas, tetapi juga cepat dan tepat.

Baca juga: Cara Berkomunikasi yang Efektif di Dunia Kerja

4. Manajemen Waktu

Karena Kerja remote tidak dibatasi jam kerja atau lebih tepatnya tidak ada pihak yang mengatur jam kerja kita, maka kita sendiri yang harus pandai memanajemen waktu. Jangan sampai kamu menganggap pekerjaan ini santai, lantas tidak menghargai waktu yang pada akhirnya bakal berdampak buruk ke pekerjaan.

Sekedar informasi saja, kalau pemberi kerja kamu berasal dari luar negeri, dimana mereka sudah familiar dengan sistem kerja seperti ini, maka jangan sampai kamu membuat kecewa. Apalagi tidak didisplin waktu dalam menyelesaikan tugas.

Mereka (klien luar negeri) sangat menghargai waktu. Jika kamu bisa bekerja dengan baik dan tepat waktu, maka kamu bisa saja akan digunakan lagi di next project. Mereka itu terkenal dengan loyalitasnya. Jadi jangan membuat kecewa.

Baca juga: Tips Manajemen Waktu

5. Kerja sama tim lintas budaya

Bekerja secara remote terkesan kerja sendirian. Padahal, kamu akan menjadi bagian dari tim meskipun tidak bekerja di satu tempat yang sama. Bahkan, anggota timmu mungkin saja tidak berasal dari negara yang sama.

Latar belakang yang berbeda-beda ini bisa jadi tantangan untuk kerja remote, oleh karena itu penting untuk punya skill kerja sama tim yang baik. Bekerja sama dengan orang dari negara berbeda membuatmu harus cepat beradaptasi dan bisa memahami perbedaan bahasa, budaya, pola pikir, dan cara kerja. Jadi, empati dalam bekerja merupakan hal yang penting untuk dapat melakukannya.

6. Proaktif

Memiliki sifat proaktif adalah skill yang bisa kamu asah jika ingin kerja remote. Utarakanlah opinimu, mulai suatu hal yang bermanfaat bagi tim dan proyek yang dikerjakan, tunjukan inisiatifmu dalam bekerja. Pastinya perusahaan akan menghargai upayamu.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *