Tanggal:21 February 2024

Bagaimana cara menghilangkan stress? Stres sangat wajar dialami oleh setiap orang. Berbagai situasi yang bisa memicu stres begitu akrab dengan kehidupan kita. Namun, jangan biarkan perasaan stres tersebut berkelanjutan dalam hidupmu.

Cara menghilangkan stress

Ilustrasi Stress (freepik)

Perasaan stres sering kali membuat keadaan menjadi berantakan dan tidak karuan. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara menyikapi dan mengatasi saat stres melanda. Berikut ini Vocasia telah merangkum beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan stres. Simak hingga akhir, ya!

Cara Menghilangkan Stress yang Efektif

Cara Menghilangkan Stress (freepik)

1. Bercerita 

Salah satu pemicu stres adalah memendam perasaan. Oleh karena itu, kamu harus melepaskan segalanya tentang keluh kesah yang dimiliki. Caranya dengan bercerita ke orang yang kamu percaya. Tidak ada salahnya untuk mengungkapkan keluh kesah yang kamu miliki kepada orang lain. Sebab ternyata dengan bercerita, beban yang ada dalam pikiranmu akan sedikit berkurang.

2. Rutin olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan. Tidak hanya menyehatkan untuk fisik saja, tetapi mental juga. Dengan berolahraga, tubuhmu akan menjadi lebih bugar dan pikiranmu akan teralihkan sejenak. Sehingga, perasaan stres dalam dirimu juga perlahan akan menghilang.

3. Berpikir positif

Kamu akan jauh dari stres jika dalam dirimu terdapat energi dan pikiran yang positif. Tidak hanya itu, berpikir positif juga akan menuntunmu melakukan hal-hal yang baik pula. Dengan begitu, secara tidak langsung perlahan kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

4. Batasi bermedia sosial

Media sosial memang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Namun, dibalik itu juga terdapat dampak negatif yang merugikan di dalamnya. Iya, media sosial dapat bersifat adiktif. Untuk itu, kamu perlu membatasi waktu untuk bermedia sosial. Berilah jeda waktu untuk otak dan juga fisikmu untuk beristirahat serta rileks sejenak.

5. Melakukan kegiatan yang menyenangkan

Kamu juga bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk menghilangkan stres. Cobalah mengingat-ingat apa kegiatan yang kamu suka. Mungkin bisa dengan berenang, berkebun, bermain game, dan lain-lain.

6. Tidur yang cukup

Faktanya kurang tidur juga dapat menjadi salah satu pemicu stres, lho. Untuk itu, kamu perlu mengubah jam tidurmu menjadi lebih terstruktur. Pastikan kebutuhan tidurmu telah tercukupi, ya. Agar tidurmu semakin nyenyak, kamu bisa mencoba untuk mandi air hangat sebelum tidur. 

7. Mendengarkan lagu

Beberapa lagu memang terbukti dapat memengaruhi suasana hati. Kamu bisa mencoba mendengarkan lagu-lagu ceria yang bisa membangkitkan semangat dan energi positif dalam diri. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu favorit yang ada dalam playlist-mu. Dengan mendengarkan lagu, harapannya suasana hatimu yang tadinya buruk bisa menjadi lebih baik setelahnya.

8. Menata kamar

Situasi kamar yang berantakan memang menyebalkan. Terkadang hal tersebut juga menjadi penyebab kita stres, bukan? Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkan dan menata ulang kamarmu. Kamar yang bersih dan rapi akan membuat mood menjadi lebih baik. 

9. Traveling 

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stres adalah traveling. Suasana alam yang asri dan menenangkan bisa menjadi metode penghilang stres alami. Alam merupakan opsi yang tepat untukmu yang ingin healing.

10. Hangout dengan bestie

Stres yang melanda mungkin saja karena kurangnya waktumu untuk bersenang-senang. Tinggalkan pekerjaan dan segala bebanmu sejenak dan mulailah untuk sedikit bersantai. Kamu bisa hangout dengan bestie ke mal, pantai, kafe, atau tempat-tempat yang menyenangkan lainnya. Nikmati waktu tersebut untuk memupuk kembali semangat dalam dirimu.

Baca juga | Places To Hangout During Weekends, After a Stress Week At The Office!

11. Tertawa 

Mungkin cara menghilangkan stress yang satu ini cukup unik. Namun, faktanya tertawa terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan stres dalam diri seseorang, lho. Tertawa dapat mengurangi hormon stres dan melepaskan hormon bahagia. Kamu dapat menonton stand up comedy, membaca meme di media sosial, atau menonton video lucu lainnya yang bisa memicu untuk tertawa.

12. Pijat 

Otot-otot tubuhmu akan pegal saat stres melanda. Untuk mengurangi rasa pegal tersebut, kamu bisa melakukan pijat refleksi. Dengan begitu, otot-otot yang menegang akan rileks kembali. Akan semakin lengkap apabila kamu menyalakan lilin aroma terapi saat sedang pijat. Dijamin stres yang ada dalam dirimu segera menghilang.

13. Mendekatkan diri dengan Tuhan

Tips satu ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan stres. Saat mental dan suasana hatimu tidak baik-baik saja, kamu bisa mengadu kepada Tuhan. Kamu dapat dengan leluasa menceritakan segala keluh kesahmu. Dengan cara tersebut, hubunganmu dengan Tuhan akan semakin dekat. Ketenangan akan kamu dapatkan setelahnya.

14. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat dapat kamu jadikan sebagai salah satu cara mengelola stres. Hal itu karena makanan sehat mampu memaksimalkan kinerja otak serta menjaga kesehatan mental kamu.

15. Konsultasi ke psikolog

Jika memang rasa stres yang dialami tidak terbendung lagi, kamu bisa konsultasi ke psikolog. Di sana kamu bisa menceritakan perasaanmu untuk mendapatkan sebuah solusi. Jangan pernah ragu, takut, atau malu untuk ke psikolog, ya. Sebab kesehatan mental juga wajib untuk kamu jaga.

Itu dia beberapa cara menghilangkan stress yang bisa kamu terapkan. Stres memanglah hal yang lumrah terjadi pada diri manusia. Namun, jangan biarkan ia berlarut-larut dalam diri. Cobalah cara-cara yang sudah dipaparkan di atas untuk menghilangkan rasa stres yang kamu alami. Semangat!

Baca juga | 10 Perilaku Orang Tua yang Menyebabkan Anak jadi Stres!

 

 

kursus belajar membuat dimsum vocasia
sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *