Tanggal:20 July 2024
ilustrasi pengembangan bisnis (pixabay.com)

5 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja di Lingkungan Kantor

Kesuksesan suatu perusahaan sangat didukung oleh produktivitas dari seluruh karyawannya. Salah satu tanggung jawab perusahaan yaitu terus meningkatkan dan mengembangkan produktivitas karyawannnya. Maka dari itu perusahaan wajib membentuk ekosistem kerja yang mampu mendukung para karyawan agar selalu produktif saat bekerja.

Gunakan strategi peningkatan produktivitas yang tepat agar karyawan pun terus terpacu. Tapi, strategi apa yang harusnya dilakukan perusahaan? Simak 5 cara tepat meningkatkan produktivitas kerja karyawan berikut ini.

Tips Mengembangkan Produktivitas Kerja Karyawan

1. Fasilitasi karyawan dengan maksimal

orang kerja dengan laptop sambil minum kopi

Salah satu fasilitas penting adalah perangkat seperti laptop – @rawpixel.com

Bagaimana seseorang karyawan bisa menjadi produktif jika fasilitas yang dihadirkan kurang memadai. Di sinilah peran perusahaan untuk memberikan fasilitas yang maksimal untuk mendukung kinerja karyawan lebih maksimal.

Fasilitas yang perusahaan berikan bisa berupa perangkat-perangkat untuk menunjang pekerjaan seperti laptop terbaru, koneksi sinyal internet. Tetapi perusahaan harus menyiapkan koneksi internet yang cepat karena koneksi internet yang buruk akan sangat mengganggut produktivitas karyawan.

Perusahaan juga bisa meminimalisir sebagian pekerjaan manual. Jadi karyawan pun tidak harus membuang waktu untuk melakukan aktivitas, seperti menggunakan printer atau meminta dokumen kepada divisi lain.

2. Berikan upah bonus untuk karyawan yang bekerja dengan baik

Memberikan upah bonus pada karyawan yang berprestasi adalah salah satu trik ampuh untuk meningkatkan dan mengembangkan semangat kerja sehingga karyawan akan bekerja jauh lebih produktif. Namun ingat untuk tetap menjaga keseimbangannya, agar upah gaji ini tidak dirasa mudah diraih oleh karyawan karena hal ini bisa membuat karyawan sangat bergantung dengan hal tersebut.

Cara yang satu ini tak selalu harus kenaikan gaji atau bonus dengan jumlah yang besar. Insentif bisa berupa, voucher makanan, kredit pulsa, atau sekedar day off bagi karyawan yang memang pantas untuk mendapatkannya.

Upah bonus tidak selalu berbentuk uang, kamu juga bisa menggantinya dengan memberikan makanan ringan kepada karyawan sehingga mereka bersemangat kembali. Berikan makanan ketika sore atau siang hari ketika semangat karyawan sudah mulai menurun. Hal ini bertujuan untuk membuat karyawan merasa dihargai dan diapresiasi oleh perusahaan, sehingga karyawan pun akan lebih giat lagi dalam bekerja.

3. Coba gunakan sistem work from home

orang kerja di rumah

WFH bisa meningkatkan produktivitas – @rawpixel.com

Salah satu studi yang diteliti di negara Jepang dan negara Amerika Serikat menyatakan bahwa sistem kerja yang memperbolehkan karyawannya dari rumah memberikan dampak positif terhadapa produktivitas perusahaan.

Keuntungan yang didapat oleh karyawan ini ternyata membuat individu bekerja lebih giat pada saat berada di kantor. Work from home juga dinilai mengurangi tingkat stres yang dialami oleh karyawan. Apalagi pekerja di Jepang dan Amerika Serikat pun sudah terkenal sering mengalami stres karena jam kerja yang panjang, bahkan hingga menimbulkan depresi dan bunuh diri.

Maka dari itu, kerja pada hari senin tidak lagi menurunkan semangat pagi dari para karyawan. Banyak perusahaan yang menerapkan cara ini. Bahkan, saat ini tidak jarang perusahaan memberikan jatah kerja dari rumah selama beberapa hari dalam sebulan.

4. Evaluasi kerja pada jangka waktu tertentu

meeting

Evaluasi secara berkala – @rawpixel.com

Evaluasi karyawan bisa menjadi cara untuk mengetahui, mengukur, dan menilai kinerja karyawan. Evaluasi bisa dilakukan dengan pola berputar. Dimana karyawan akan dinilai oleh supervisor, tapi perusahaan juga harus membuat penilaian untuk supervisor berdasarkan penilaian dari karyawan.

Lakukanlah penilaian atau evaluasi kerja karyawan secara adil. Hasil kinerja karyawan selama beberapa bulan akan bisa jauh lebih terpantau oleh pihak perusahaan. Nyatanya, tidak sedikit karyawan yang termotivasi ingin meraih hasil penilaian yang baik dari pihak perusahaan. Ditambah lagi, kamu bisa membuat ketentuan upah bonus melalui hasil evaluasi yang sudah dilakukan

5. Berikan Pelatihan

Biaya training memanglah tidak murah. Tapi perusahaan bisa meningkatkan produktivitas karyawan dengan mengadakan training atau memfasilitasi untuk mengikuti training yang diadakan oleh pihak luar.

Melalui pelatihan, karyawan akan mendapatkan banyak ilmu dan pembelajaran yang nantinya akan diterapkan pada saat bekerja di perusahaan. Nyatanya, banyak orang yang lebih terbiasa mempelajari sesuatu melalui training dibandingkan belajar secara otodidak.

Jadi perusahaan harus mau memberikan kesempatan untuk karyawannya, jika memang ingin mengikuti sebuah training. Mungkin sebagai timbal balik, perusahaan bisa memberlakukan larangan resign dalam jangka waktu tertentu, bagi karyawan yang sudah mengikuti training.

Baca juga: 7 tips wfh agar kamu tidak stress

Buat kamu yang masih belum mencoba 5 tips di atas, mulailah menerapkannya dari sekarang. Semoga Sukses!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia !

Sumber : smartpresence.id

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *