Tanggal:15 May 2024

Color Palette : Apa Itu, Fungsi, Tips dan Toolsnya

Color palette adalah sekumpulan warna yang bisa dikombinasikan sehingga menghasilkan padukan warna yang menarik. Untuk menghasilkan padukan warna yang menarik, kamu bisa tidak perlu repot membuatnya sendiri, pasalnya sekarang kamu sudah bisa mengunjungi beberapa website yang menyediakan color palette.

Apa itu Color Palette?

Color Palette adalah sekumpulan warna yang dapat digunakan dalam berbagai konteks visual, baik untuk seni maupun desain. Pilihan warna dalam color palette akan disesuaikan dengan logika yang bisa kamu gunakan nantinya dalam roda warna. Teori warna mengatakan bahwa menggunakan color palette adalah sesuatu yang penting. Hal tersebut berguna untuk mempermudah kamu dalam mendapatkan padukan warna yang kontras dan jelas. Dengan demikian, desain yang kamu buat akan terlihat lebih baik.

Teori warna banyak digunakan untuk menjelaskan bagaimana perasaan manusia terhadap warna yang mungkin terjadi akibat geografi, sejarah, dan unsur lainnya. Skema warna ini sebenarnya ada disekeliling kita, mulai dari bagaimana pencampuran warna pada eksterior rumah, kombinasi pada sebuah brand, hingga skema warna lainnya.

Fungsi Color Palette

Color palette adalah range warna yang dapat digunakan dalam sebuah karya desain. Warna-warna yang terdapat dalam sebuah color palette sudah disesuaikan dan dianggap cocok untuk dikombinasikan antara satu dengan lainnya. Biasanya, seorang desainer grafis menggunakan color palette untuk menjaga identitas dan konsistensi desain yang mereka buat.

Pada dasarnya, color palette berfungsi untuk memadukan kombinasi warna yang unik dan menarik. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan identitas warna yang sesuai dengan karya atau desain yang kamu buat. Saat membuat color palette, kamu tidak hanya menggabungkan satu atau dua warna saja, namun juga menggunakan beberapa warna yang memiliki kecocokan.

Tips Menentukan Color Palette

Ketika kamu berkeinginan mendapatkan warna yang menarik, kamu harus bisa menentukan color palette-nya terlebih dahulu. Nah, berikut adalah beberapa tips menentukan color palette yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan Color Theory

Color mixing wheels meanings properties tones combinations with explanations and circle schemes set infographic poster vector illustration

Hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin mendapatkan warna yang menarik adalah dengan menggunakan color theory atau teori warna. Teori warna merupakan tools yang dapat membantu kamu dalam membuat warna yang menarik. Website yang menggunakan warna yang menarik tentu akan lebih digemari karena menampilkan keseimbangan warna.

Kamu bisa menggunakan tiga skema warna sebagai acuan, yaitu warna analogus, warna complementary, dan warna monochrome.

  • Warna Analogus: Skema warna ini merupakan warna yang cukup sulit untuk dipadukan karena memiliki karakter yang kuat. Warna analogus akan cocok digunakan untuk kamu yang ingin membuat sebuah karya dengan kesan colorful.
  • Warna Monochrome: Skema warna monochrome adalah warna yang paling mudah dipadukan karena memiliki sifat general dan paling aman untuk kamu gunakan.
  • Warna Complementary: Selanjutnya adalah skema warna complementary yang berada diantara warna analogus dan warna monochrome. Jenis warna ini cukup beragam, namun tidak terkesan ramai. 

Dengan memperhatikan teori warna, tentunya akan memudahkan dalam menentukan warna agar bisa menyatu dengan baik dan memiliki kesan harmonis.

2. Mempelajari Psychology of Color

Cara selanjutnya untuk menentukan color palette adalah dengan mempelajari psikologi warna. Dalam teori warna, kamu sudah belajar bagaimana membuat kombinasi warna secara padu agar menghasilkan padukan warna yang menarik.

Psikologi warna akan mengajarkan kamu bagaimana caranya memberikan kesan ketika orang melihat padukan warna yang kamu gunakan. Untuk melihat psikologi warna, perhatikan penjelasan dalam gambar berikut.

Image: Pinterest

Baca juga| Jurusan Desain Komunikasi Visual: Pengertian Dan Prospek Kerjanya

3. Membuat Perpaduan Warna

Tips selanjutnya untuk menentukan color palette adalah dengan memadukan warna dengan elemen yang digunakan. Contohnya saja ketika kamu ingin menghasilkan paduan warna yang menarik untuk sebuah desain, maka kamu tidak hanya bisa menggunakan satu warna saja.

Kamu membutuhkan beberapa warna untuk setiap elemen website, mulai dari background, header, hingga footer. Pengunjung website biasanya akan lebih senang apabila melihat kombinasi warna yang seimbang. Jadi, meskipun kamu telah memilih warna dengan karakter yang kuat, kamu tetap perlu memperhatikan warna palet yang relatif memiliki kesamaan.

4. Buat Branding

Ketika kamu ingin membuat branding, warna ternyata menjadi salah satu elemen penting untuk bisa menciptakan brand awareness. Warna dapat memengaruhi orang yang melihat brand yang kamu buat dan tentunya membuat konsumen mengingat bisnis yang kamu kelola.

Menciptakan warna yang menjadi karakteristik dari bisnis yang kamu kelola merupakan sebuah hal yang penting. Dalam memilih warna yang tepat, kamu perlu menggunakan color theory dan mempelajari psikologi warna dengan baik.

Baca juga| Apa Itu CMYK? Kenali Perbedaannya Dengan RGB Dalam Desain Grafis

Image: Freepik

 

Tools Color Palette

Untuk mempermudah melakukan color palette, terdapat tiga tools yang bisa kamu gunakan. Dengan memanfaatkan tools di bawah ini, pekerjaan menentukan color palette akan lebih mudah.

1. Adobe Color

Tools Adobe Color sebelumnya dikenal dengan nama Adobe Kuler, dirilis oleh perusahaan kreatif terkenal, yaitu Adobe. Adobe Color dapat membantu kamu melakukan color palette dengan menyediakan berbagai koleksi warna yang beragam.

Adobe Color menyediakan perpaduan warna seperti analogus, monochromatic, complementary, split complementary, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemukan berbagai kombinasi warna yang sedang trending (warna yang banyak digunakan), tentunya ini akan mempermudah kamu dalam menentukan warna yang dapat menarik perhatian orang lain. Adobe Color juga memungkinkan kamu untuk dapat menemukan warna melalui sebuah gambar (foto) dan mengedit warna sendiri sesuai dengan keinginan.

2. COLOURLovers

Selanjutnya adalah COLOURLovers yang telah digunakan oleh 9.128.229 pengguna di seluruh dunia dan telah menciptakan 10.083.807 warna, 4.763.704 pallet, dan 5.902.788 pattern (pola). Tools COLOURLovers juga memiliki berbagai kombinasi warna menarik yang bisa kamu gunakan.

Dengan COLOURLovers, memungkinkan kamu untuk mencari perpaduan warna berdasarkan beberapa tema, misal fashion, sport, cetak, website, dan lainnya. Kamu juga bisa mencari perpaduan warna melalui sebuah foto atau gambar. Setiap perpaduan warna yang dihasilkan, dilengkapi dengan kode warna sehingga dapat memudahkan ketika mengidentifikasi sebuah warna. Dengan tools ini juga kamu bisa mendapatkan hasil warna dalam bentuk gambar dengan berbagai ukuran resolusi.

3. Coolors

Tools yang terakhir adalah Coolors. Dengan menggunakan tools ini, memungkinkan kamu untuk memiliki berbagai koleksi perpaduan warna yang beragam dan telah digunakan pada berbagai situs terkenal seperti Designmodo, Smashing Magazine, dan situs terkenal lainnya.

Coolors memiliki alat bantu untuk melihat bagaimana kombinasi yang kita pilih jika dilihat oleh orang yang mengalami buta warna. Tools ini juga menyediakan aplikasi untuk dapat digunakan di aplikasi. Kamu juga dapat menemukan perpaduan warna yang sedang trend, populer, serta banyak digunakan. Kamu bisa menemukan kombinasi warna melalui sebuah gambar atau foto. 

Baca juga| Mengenal Color Grading Mulai Dari Definisi, Fungsi, Dan Tools

Nah, itulah beberapa informasi color palette yang dapat memudahkan kamu dalam menentukan warna untuk sebuah desain. Pada dasarnya, color palette adalah sekumpulan warna yang bisa kamu padukan sehingga menghasilkan kombinasi warna yang unik dan menarik. Ketika membuat color palette, kamu tidak hanya bisa menggabungkan satu atau dua warna saja, namun juga beberapa warna sekaligus.

autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *