Tanggal:21 February 2024

PSD: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Membukanya

PSD adalah jenis file ekstensi yang hanya dapat dibuka oleh aplikasi tertentu saja. Ekstensi ini biasanya digunakan untuk keperluan editor foto yang berhubungan dengan desain grafis. Selain itu, jenis format file PSD adalah ekstensi yang memiliki karakteristik unik dan berbeda dari jenis ekstensi foto lainnya. Meskipun jenis ekstensi ini penggunaannya untuk membuka file dengan jenis foto, namun jenis ekstensi ini juga dapat membaca jenis file lain seperti teks, objek, filter, dan masih banyak lagi.

Ekstensi ini juga bisa digabungkan dengan path dan vektor dalam satu layer. Nah, artikel ini akan membahas mengenai PSD mulai dari pengertian, kelebihan, kekurangan, dan cara membukanya.

Apa itu PSD?

Photoshop Document atau PSD adalah file atau ekstensi format asli dokumen yang dihasilkan oleh aplikasi Adobe Photoshop. Menurut bahasa, PSD adalah salah satu jenis file yang sepenuhnya dapat mendukung semua fitur dalam software Photoshop.

Jenis file ini akan memberi perlindungan, penyesuaian, serta layer tambahan pada sebuah foto. Ketika kamu kamu membuka gambar di Photoshop, jenis file gambar dalam bentuk apapun nantinya akan terkonversi menjadi format PSD.

Fungsinya adalah untuk memudahkan proses editing foto pada software Photoshop, hal tersebut terjadi karena file ini akan terhubung dan dapat terakses dengan fitur-fitur canggih dalam aplikasi Photoshop.

Kelebihan Jenis File PSD

Berikut adalah beberapa kelebihan jenis file Photoshop Document atau PSD yang perlu kamu ketahui:

1. Format Master File Terbaik untuk Jenis Foto

PSD adalah format ekstensi file yang berfungsi sebagai file master. Dengan kata lain, ketika kamu akan mentransfer jenis ini ke dalam harddisk, pengalaman file dari ekstensi ini jauh lebih aman dibandingkan jenis ekstensi pada file foto lainnya.

2. Mempermudah Proses Editing

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh format file Photoshop Document adalah dapat mempermudah proses editing, khususnya untuk ekstensi foto. Dengan menggunakan format ini, kamu bisa melakukan editing foto secara langsung dalam software Adobe Photoshop tanpa perlu melakukan konversi file atau mengubah jenis ekstensi.

Selain itu, format file Photoshop Document merupakan ekstensi file khusus dari Adobe Photoshop yang memungkinkan kamu dapat mengakses seluruh fitur canggih saat proses editing. Format file ini juga bisa kamu ubah bentuk dalam ekstensi lain ketika proses editing selesai. Jadi, kamu tetap bisa menghasilkan format file foto lainnya seperti ,jpg, .gif. png, jpeg, dan lainnya.

3. File Memiliki Kualitas Resolusi Tinggi

Format file PSD memiliki kelebihan dalam kualitas hasil editing yang memiliki resolusi tinggi. Ekstensi ini akan menghasilkan file multimedia dalam bentuk foto dan video dengan kualitas tajam, tanpa adanya kecacatan frame sama sekali.

File yang dihasilkan PSD juga tidak akan berubah kualitas resolusinya, meskipun kamu mengkonversi file ini dalam bentuk ekstensi lain. Hal ini juga akan bermanfaat untuk keperluan konten multimedia yang menuntut untuk membuat konten dengan kualitas terbaik.

4. Fitur Cetak Langsung

File PSD adalah format ekstensi yang memungkinkan kamu untuk melakukan cetak foto langsung dalam software Adobe Photoshop.

Ketika kamu telah selesai melakukan proses editing, kamu dapat langsung mencetak hasil file ini dalam Photoshop. Bahkan, kamu juga bisa menyesuaikan file dengan bermacam-macam jenis ukuran dan resolusi sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga| Ingin Mahir Menggunakan Photoshop? Ini Dia Langkah Awal Yang Harus Diketahui

Kekurangan PSD

Format file PSD juga memiliki kekurangan yang perlu kamu perhatikan. Berikut adalah 2 kelemahan jenis ekstensi Photoshop Document yang wajib kamu ketahui.

1. Ukuran File yang Besar

Hasil foto yang kamu buat dengan ekstensi ini memiliki kualitas dan resolusi tinggi, sehingga berimbas pada ukuran file yang dihasilkan relatif besar. Pada umumnya, sebuah foto hasil format PSD memiliki ukuran sekitar 10 hingga 20 megabyte. Ukuran foto yang relatif besar tentu akan menghambat proses upload file. Namun, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara mengkonversi file dalam bentuk ekstensi lain. Selain itu, kamu juga dapat memperkecil resolusi pada saat proses convert, agar hasil file memiliki resolusi yang lebih kecil.

2. Penumpukan Layer dalam Satu File

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh ekstensi file PSD adalah penumpukan lapisan atau layer. Namun, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan metode mixing file pada saat proses editing. Mixing file akan mengakomodasi file PSD dan memperbaiki penumpukan lapisan yang terjadi akibat proses editing.

Meskipun tidak sepenuhnya mengurangi penumpukan layer, metode ini terbukti berhasil meminimalisir penumpukan layer yang tidak terpakai serta menggabungkannya menjadi satu lapisan utuh.

Baca juga| Cara Membuat Desain ID Card Di Photoshop

Cara  Membuka Format File PSD

Membuka file dengan format PSD bisa dilakukan dengan mudah, berikut adalah 3 langkah untuk membuka jenis ekstensi file Photoshop Document:

1. Melalui Aplikasi Desktop

PSD adalah ekstensi file yang terbentuk dari hasil editing pada aplikasi Adobe Photoshop. Namun, kamu juga dapat membuka file ini dengan berbagai aplikasi desain dan editing lain, seperti Coreldraw, Paint Shop Pro Tools, dan sejenisnya.

Berikut adalah langkah untuk membuka file PSD melalui aplikasi desktop:

  • Buka aplikasi yang ingin kamu gunakan untuk membuka ekstensi PSD.
  • Klik File.
  • Pilih Open.
  • Kemudian, cari ekstensi file yang ingin kamu buka.
  • Selesai.

2. Melalui Situs Aplikasi Online

Kamu juga bisa membuka jenis ekstensi Photoshop Document atau PSD dengan menggunakan aplikasi atau situs web pihak ketiga secara online. Banyak situs yang menyediakan fitur untuk membuka serta mengedit ekstensi ini secara online, salah satunya dengan website Photopea, berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke website Photopea.
  • Pilih menu File, lalu klik Open.
  • Kamu juga bisa menggunakan menu Open file from computer, pada bagian tengah halaman utama website untuk membuka file PSD.
  • Setelah itu, silakan cari ekstensi yang ingin kamu buka.
  • Kemudian, setelah file terbuka, kamu bisa melihat dan mengedit file tersebut dalam situs web Photopea.
  • Selesai.

3. Gunakan Aplikasi Android

Cara selanjutnya untuk membuka file ekstensi PSD adalah dengan menggunakan aplikasi Android. Sebenarnya ada banyak aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk membuka ekstensi ini melalui ponsel Android. Namun, yang paling umum digunakan oleh banyak orang adalah aplikasi PSD Viewer. Berikut adalah langkah-langkah menggunakannya.

  • Install aplikasi PSD Viewer di Google Playstore.
  • Buka aplikasi dan beri izin akses ponsel terhadap aplikasi.
  • Kemudian, pilih menu file, pilih Open.
  • Setelah itu, cari ekstensi yang ingin kamu buka di smartphone Android. Pastikan kamu telah mentransfer file ke dalam ponsel terlebih dahulu.
  • Selesai.

Baca juga| 10 Tools Photoshop Dan Fungsinya, Biar Kamu Jago Desain!

Nah, pada dasarnya PSD adalah sebuah jenis ekstensi file dari software Adobe Photoshop yang bermanfaat dalam proses editing multimedia. Format ini juga memiliki kualitas dan resolusi yang tinggi. Kamu bisa membuka aplikasi ini pada aplikasi desktop, web editing online, atau aplikasi Android.

autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *