Tanggal:21 February 2024
contoh CV mahasiswa

Contoh CV Mahasiswa Yang Masih Kuliah dan Tipsnya

Kamu mahasiswa? Pernah merasa bingung saat membuat CV? Pikirkan tentang berapa banyak peluang yang kalian lewatkan untuk meningkatkan soft skill dan hard skill kalian. Sebagai seorang mahasiswa tentunya banyak sekali peluang-peluang untuk meningkatkan soft skill dan hard skill, kalian bisa mengikuti organisasi, magang, volunteer. CV merupakan salah satu element yang sangat penting untuk kalian dilirik HR dan menjadi tiket untuk kalian lolos ke tahap interview.

Spesial untuk sobat Vocasia, Minvo bakal ngasih tau kalian cara membuat CV untuk mahasiswa yang oke punya. Bukan cuma itu saja, Minvo juga akan memberikan contoh-contoh CV mahasiswa yang bervariasi, mulai dari CV untuk organisasi, mahasiswa aktif, sampai magang. Maka dari itu, jangan sampai kelewatan, Minvo juga punya tips-tips keren buat kalian yang mau membuat CV.

Cara Membuat CV Mahasiswa Yang Efektif

1. Cantumkan Data Diri

Data diri merupakan salah satu bagian yang penting di dalam CV, karena rekruter pastinya perlu mengetahui informasi dasar tentang diri kamu. Oleh karena itu, data pribadi dapat dikatakan bagian yang sangat krusial dan wajib dicantumkan dalam CV. Hal yang perlu di tulis dalam daftar diri, yaitu:

  • Nama Lengkap
  • Alamat / kediaman
  • Nomor Handphone
  • Alamat Email
  • Profil / URL Linkedin (opsional)

2. Tuliskan Deskripsi Diri

Deskripsi diri merupakan salah satu bagian penting di dalam CV, karena deskripsi diri akan menentukan apakah rekruter membaca seluruh CV kalian atau tidak. Oleh karena itu, tulislah deskripsi diri yang menarik. Tulislah dua atau 3 kalimat yang menggambarkan diri kalian secara profesional.

3. Sertakan Riwayat Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu prasyarat ketika seseorang melamar pekerjaan. Dengan mencantumkan riwayat pendidikan, maka rekruter akan mengetahui latar belakang pendidikan kalian. Dalam menuliskan riwayat pendidikan, selain menuliskan asal kampus, jurusan, dan IPK, kalian juga bisa menuliskan pengalaman kursus atau pelatihan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kalian lamar.

4. Tuliskan Pengalaman Magang / Volunteer

Walaupun kamu sebagai mahasiswa belum memiliki pengalaman kerja, kalian bisa menuliskan pengalaman magang, freelance, volunteer, atau part time yang pernah kalian ikuti. Dengan begitu, bisa menjadi nilai unggul untuk kalian. Biasanya rekruter akan menilai kalian lebih jika kalian memiliki pengalaman sebelumnya.

Selain itu, dengan kalian memiliki pengalaman bisa membuat kalian belajar bagaimana bekerja dalam tim dengan berbagai macam karakter seseorang.

5.  Cantumkan Pengalaman Organisasi

Dengan kalian mencantumkan pengalaman organisasi di CV tentu itu akan menjadi point plus untuk kalian di mata rekruter. Karena ada beberapa keuntungan yang kalian dapatkan ketika mencantumkan pengalaman organisasi di CV, yaitu:

  • Menunjukkan bahwa kalian mampu beradaptasi dengan berbagai tipe individu.
  • Menunjukkan bahwa kalian mempunyai kemampuan untuk menghadapi tantangan dan mencari solusi yang kreatif.
  • Menunjukkan bahwa kalian mempunyai kemampuan untuk manajemen waktu sehingga dapat mengatur jadwal dengan efisien dan juga tetap produktif.

Apa saja yang harus dicantumkan dalam pengalaman organisasi?

  • Nama organisasi.
  • Jabatan saat berada di organisasi tersebut.
  • Masa jabatan saat berada di organisasi.
  • Deskripsikan pengalaman di organisasi tersebut.

6. Sertakan Keterampilan

Yang terakhir adalah keterampilan, dalam hal ini kalian harus menuliskan keterampilan yang relevan dengan tujuan kalian. Dengan kalian menuliskan keterampilan di CV akan menunjukkan kepada rekruter kalau kalian layak untuk ditempatkan diposisi tersebut.

Apa saja yang harus ditulis dalam keterampilan?

Untuk hal ini, kalian bisa menuliskan soft skill dan hard skill yang kalian miliki.

Soft Skill

Soft skill dapat dikatakan sebagai skill yang menggambarkan bagaimana kamu berhubungan dengan orang lain.

Contoh soft skill dalam CV

  • Kemampuan komunikasi
  • Kepemimpinan / Leadership
  • Kreatif dan inovatif
  • Kerja sama tim

Hard Skill

Hard skill dapat dikatakan sebagai skill untuk melakukan pekerjaan spesifik yang dapat dipelajari dan diukur kemampuannya.

Contoh hard skill dalam CV

  • Adobe Creative Suit
  • Copywriting
  • Microsoft Office
  • Canva

Contoh CV Mahasiswa

1. Contoh CV Mahasiswa Untuk Organisasi

Contoh CV mahasiswa berikut cocok untuk mendaftar organisasi, karena berfokus pada keterampilan yang dimiliki.

Tono CV

2. Contoh CV Mahasiswa Aktif

Contoh CV mahasiswa aktif berikut akan memfokuskan pada keterampilan dan pengalaman magang yang pernah dilakukannya. CV ini cocok untuk mendaftar pekerjaan setelah lulus.

CHIKA JELIKA CV

3. Contoh CV Mahasiswa untuk Magang

CV Akbar

Tips Membuat CV Mahasiswa

1. Sesuaikan CV dengan lowongan pekerjaan yang akan dilamar

Setiap pekerjaan pasti memiliki persyaratan dan kebutuhan yang berbeda. Sesuaikan CV kalian dengan informasi yang relevan dengan posisi yang akan dilamar. Prioritaskan informasi yang paling relevan terhadap posisi tersebut.

2. Jaga Agar CV Tetap Terorganisir dan Tidak Berlebihan, Hindari Informasi Yang Tidak Relevan

Pastikan CV kalian terstruktur dengan baik dan hindari informasi yang tidak relevan dengan posisi yang Anda lamar, sehingga point-point penting bisa ditekankan dengan baik.

3. Highlight Prestasi Utama

Sertakan prestasi yang mencolok dan berkaitan dengan posisi yang akan dilamar. Ini bisa berupa proyek akademik, sertifikat pelatihan, atau pencapaian lain yang menonjolkan kualitas kompetensi kalian.

4. Pastikan CV Terlihat Profesional, Jaga Penggunaan Bahasa Formal dan Hindari Kesalahan Tata Bahasa

Pastikan CV yang kalian buat terlihat profesional. Gunakan font yang bisa dibaca seperti times new roman, calibri, dan arial. Hindari penggunaan banyak warna dan desain berlebihan. Serta gunakan bahasa formal dan pastikan tata bahasa benar.

5. Ikut Kursus CV di Vocasia

Jika kalian masih bingung bagaimana menyusun CV yang membuat rekruter tertarik, yuk join kursus di Vocasia! Bayangkan jika kalian memiliki CV yang dapat menarik perhatian rekruter, dan membuka kesempatan untuk lolos ke tahap interview. Dengan kalian mengikuti kursus di Vocasia, kalian akan mempelajari bagaimana menulis CV yang menarik perhatian rekruter, bagaimana membuat kesan positif ke rekruter, dan kalian akan dibimbing oleh instruktur yang ahli di bidangnya.

Ayo segera join kursus di Vocasia! agar CV kalian di lirik oleh rekruter!

*Bikin CV Menarik Di Mata HRD Untuk Fresh Graduate*

*Belajar Membuat CV dan Teknik Interview dari Praktisi Perusahaan Multinasional*

 

Penulis : Achmad Refikasa – Vocasia

Kursus membuat Aplikasi website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *