Tanggal:26 April 2024

Contoh Email Lamaran Kerja yang Benar dan Menarik

Halo Sobat Vocasia!

Di masa kini, sobat bisa mengirimkan surat lamaran kerja secara daring (online) tanpa harus datang ke kantor yang membuka lowongan. Salah satu media yang sering digunakan dalam mengirim surat lamaran adalah platform email. Namun, masih banyak orang yang tidak tahu tata cara dalam menulis dan mengirim lamaran kerja melalui email.

Kali ini mimin Vocasia akan menyampaikan contoh email lamaran kerja yang benar dan valid, beserta cara menghindari kesalahan umum dalam mengirimkannya. Ayo simak artikel ini!

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Terdapat beberapa hal yang sobat harus perhatikan dalam mengirim surat lamaran kerja, terutama saat mengirimnya melalui platform email. Berikut adalah beberapa saran tersebut:

1) Mengisi kolom subjek email

Kolom subjek di email bisa diisi dengan nama pelamar beserta nama lowongan yang dilamar. Apabila sobat tidak mengisi kolom subjek email, ini akan mempersulit perekrut dalam melihat dokumen kirimanmu. Oleh karena itu, jangan sampai bagian ini dikosongkan.

2) Melampirkan file surat dalam format yang mudah diakses

Ada baiknya sobat melampirkan dokumen file surat lamaran dalam format yang mudah diakses. Umumnya pihak perekrut menerima dokumen dalam bentuk .pdf, .docx, dan sebagainya. Bentuk-bentuk ini adalah format yang mudah diakses oleh komputer mana pun sehingga sobat harus mengonversi file surat lamaran dalam bentuk tersebut.

3) Menggunakan bahasa yang formal dan sopan

Bahasa yang digunakan dalam surat lamaran itu tidak seperti sobat menulis surat keakraban. Tentunya dalam menulis surat lamaran harus menggunakan bahasa yang formal. Dengan demikian, sobat tidak boleh menggunakan kata-kata gaul atau singkatan yang informal.

4) Menggunakan alamat email yang nama pengirimnya jelas

Perekrut/HR akan mengutamakan pelamar mana pun yang mengirim surat lamaran kerja dengan alamat email yang jelas. Maksud ‘jelas’ disini adalah alamat email yang dimiliki mengandung nama jelas sang pengirim. Hal ini harus diperhatikan juga karena akan menjadi nilai tambah bagi sang pelamar.

5) Isi bagian badan email

Bagi sobat yang melampirkan surat lamaran dalam file terpisah, ada baiknya bagian badan email ditulis dengan keterangan tertentu. Agar singkat, tulis saja nama pelamar beserta maksud dan tujuan dalam melamar posisi pekerjaan tertentu.

Setelah mengetahui hal-hal di atas, mari mimin tunjukkan beberapa contoh surat lamaran kerja yang sesuai kaidah dan tentunya menarik.

Contoh-Contoh isi Email Surat Lamaran Kerja

Berikut adalah beberapa contoh isi email surat lamaran kerja:

1) Surat lamaran kerja dalam bentuk email

Ilustrasi email lamaran pekerjaan. Sumber: glints.com

Gambar di atas menjelaskan bagian-bagian penting yang harus ada saat sobat menulis surat lamaran kerja melalui email. Contoh di atas menjelaskan penulisan isi email dalam bagian body email.

2) Surat lamaran kerja berbahasa Inggris

Sumber: liveagents.com

Contoh kedua ini adalah isi email surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris.

3) Surat lamaran kerja dalam bentuk file

Sebenarnya isi surat lamaran kerja yang dimasukkan ke dalam bentuk pdf atau doc itu sama, hanya medianya saja yang berbeda.

Isi surat lamaran kerja dalam bentuk dokumen. Sumber: Vocasia

Semua bentuk surat lamaran kerja yang telah disebutkan memiliki kesamaan dalam penulisannya. Oleh karena itu, sobat hanya perlu menyesuaikan isinya dengan kebutuhan sobat.

Sekian contoh-contoh isi email surat lamaran kerja. Semoga bisa berguna bagi sobat yang sedang membuat surat lamaran kerja melalui email.

Ingin tahu cara membuat surat lamaran kerja yang menarik perhatian HRD? Ayo bergabung ke kursus “Rahasia Menulis Surat Lamaran Kerja yang Efektif | Vocasia”. Di kursus ini sobat akan diajarkan strategi beserta tips dan trik dalam menulis surat lamaran kerja yang efektif.

Ayo segera bergabung dengan menekan tombol di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *