Tanggal:17 June 2024

7 Contoh Summary Linkedln dan Cara Membuatnya

Ada salah satu bagian yang cukup penting untuk diperhatikan dalam akun LinkedIn kalian yaitu summary. Lalu, apa itu summary? dalam bahasa Inggris summary memiliki arti ringkasan.

Oleh karena itu summary merupakan kalimat singkat yang dapat merangkum diri kalian. Sehingga melalui summary di LinkedIn, kamu bisa menunjukkan kepribadianmu dan apa yang kamu inginkan dalam mengejar karir.

Jika kamu menulis summary ini dengan tepat, profilmu bisa muncul dalam pencarian perusahaan atau perekrut. Oleh karena itu bagaimana sih membuat summary yang menarik? artikel ini akan membahas bangaimana caranya membuat summary yang informatif.

Tuliskan Tujuan Karir Dengan Jelas

Mulailah dengan menyebutkan tujuan karier Sobat dengan jelas dan terperinci. Jelaskan bidang spesialisasi atau minat kalian yang paling dominan.

Contoh: “Saya merupakan seorang profesional pemasaran dengan pengalaman yang kuat dalam bidang strategi digital dan analitik. Tujuan saya adalah mengembangkan merek dan produk melalui cara pemasaran yang inovatif dan berfokus pada data.”

Soroti Skill Utama Kalian

Identifikasi keahlian yang paling relevan dan yang paling kalian kuasai dengan tujuan karier dan divisi yang kalian lamar. Jelaskan secara singkat dan jelas mengapa kalian unggul dalam bidang tersebut.

Contoh: “Saya memiliki keahlian dalam pemasaran termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan analisis kinerja dan saya memiliki pemahaman mendalam tentang SEO, SEM, media sosial, dan strategi konten yang berhasil.”

Cantumkan Prestasi Yang Telah Dicapai

Soroti pencapaian dan proyek penting yang telah kalian kerjakan sesuai dengan posisi mana yang kalian lamar. Jelaskan semua kontribusi kamu lakukan seperti membantu organisasi atau klien dalam mencapai hasil yang signifikan.

Contoh: “Saya telah memimpin tim dalam mengembangkan kampanye pemasaran yang meningkatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 20% dalam enam bulan terakhir. Selain itu, saya berhasil meningkatkan enggagement di media sosial dengan meningkatkan pengikut sebesar 50%.”

Sampaikan Value Yang Kalian Tawarkan

Jelaskan mengapa kamu merupakan kandidat yang berharga dan bagaimana caranya kalian dapat memberikan manfaat bagi perusahaan. Fokuskan pada keahlian unik dan berbeda dari para pelamar lainnya.

Contoh: “Saya menawarkan keahlian analitis dan kreatif yang memungkinkan saya untuk menganalisis data pemasaran dengan mendalam dan menggunakannya untuk merumuskan strategi yang efektif. Saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang kuat untuk berinteraksi dengan tim”

Jangan Gunakan Bahasa Yang Bertele-tele

Hindari penggunaan kalimat yang terlalu panjang dan kompleks. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jelaskan informasi secara singkat jelas dan padat.

Contoh: “Saya memiliki pengalaman yang terbukti dalam pemasaran digital, analisis data, dan manajemen kampanye. Saya percaya bahwa kombinasi keahlian ini memungkinkan saya untuk memberikan dampak yang signifikan dalam mengembangkan merek dan meningkatkan penjualan.”

Gambarkan Kepribadian Kalian Di Luar Dunia Kerja

Berikan sedikit gambaran tentang kepribadian kalian di luar dunia pekerjaan. Hal itu dapat mencakup minat, hobi, atau nilai-nilai yang penting lainnya. Karena ini membantu membangun ikatan yang lebih pribadi dengan pembaca.

Contoh: “Di luar pekerjaan, saya suka berolahraga, menikmati musik dan melakukan kegiatan di alam terbuka. Saya juga aktif dalam mendukung program sukarela yang berfokus pada pendidikan anak-anak.”

Selain tips di atas, pastikan untuk menghindari kesalahan tata bahasa dan ejaan yang dapat merusak kesan profesional. Bacalah kembali ringkasan kalian dan pastikan bahwa semuanya tertata dengan baik sebelum mempublikasikannya. Jangan lupa untuk memperbarui ringkasan secara berkala untuk mencerminkan pengalaman dan pencapaian terbaru yang sudah kalian lakukan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam menyusun summary di LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *