Tanggal:17 June 2024
Apa itu cover letter?

Apa Itu Cover Letter? Ini Contoh Hingga Tipsnya

Cover Letter – adalah surat yang dikirimkan bersama dengan surat lamaran kerja. Dokumen ini penting saat Anda mengajukan lamaran pekerjaan dan memberikan penjelasan mengenai motivasi Anda dalam melamar posisi tertentu pada perusahaan yang sedang membuka lowongan.

Apabila Anda sedang mencari informasi mengenai definisi cover letter, Anda dapat menemukan contoh dan tipsnya dalam artikel ini. Hal ini akan membantu Anda memahami pentingnya cover letter dalam proses melamar pekerjaan serta memberikan panduan dalam membuatnya dengan efektif.

Pengertian Cover Letter

Cover letter adalah dokumen yang digunakan sebagai pendamping surat lamaran kerja. Fungsinya adalah memberikan informasi tambahan tentang diri sendiri, motivasi dalam melamar pekerjaan, dan alasan mengapa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar.

Selain itu, cover letter juga berperan dalam menyoroti kualifikasi, pengalaman, dan keahlian yang relevan yang tidak tercantum secara rinci dalam resume atau CV. Umumnya, cover letter dikirim bersama dengan resume saat mengajukan lamaran kerja dan memiliki pengaruh penting dalam penilaian perekrut dalam memilih kandidat yang berpotensi.

Contoh Cover Letter

Dibawah ini terdapat contoh cover letter yang bisa Anda gunakan sebagai panduan dalam membuat cover letter pribadi:

[Nama Anda]

[Alamat Anda]

[Kota, Kode Pos]

[Email Anda]

[Nomor Telepon Anda]

[Tanggal]

[Nama Penerima]

[Jabatan Penerima]

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

[Kota, Kode Pos]

Hormat yang Terhormat [Nama Penerima],

Saya ingin menyampaikan lamaran ini dengan penuh semangat untuk posisi [nama posisi] yang telah diiklankan di [sumber informasi lowongan] pada [tanggal]. Saya sangat tertarik dengan perusahaan [nama perusahaan] dan yakin bahwa kualifikasi dan pengalaman saya sesuai dengan kebutuhan posisi tersebut.

Latar belakang pendidikan dan pengalaman saya telah mempersiapkan saya dengan baik dalam bidang [sebutkan bidang]. Sebagai [jabatan atau gelar terkait], saya telah mengembangkan keterampilan yang mendalam dalam [sebutkan keterampilan yang relevan].

Saya juga telah mengakumulasi pengalaman kerja yang berharga di [sebutkan perusahaan atau organisasi terkait], di mana saya berhasil meraih [sebutkan prestasi atau proyek yang signifikan]. Saya terpikat oleh reputasi [nama perusahaan] sebagai pemimpin dalam [sebutkan bidang industri].

Saya sangat mengagumi dedikasi perusahaan terhadap inovasi, budaya kerja yang kolaboratif, dan komitmen terhadap [sebutkan nilai-nilai atau tujuan perusahaan]. Saya percaya bahwa dengan latar belakang saya, saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan dan membantu [nama perusahaan] mencapai tujuan yang lebih besar.

Keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan analitis yang baik, dan kemampuan bekerja dalam tim yang efektif adalah aset yang saya miliki. Saya sangat berharap untuk memiliki kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat menjadi aset berharga bagi [nama perusahaan].

Terima kasih atas perhatian yang telah diberikan terhadap lamaran saya. Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Anda dan berdiskusi lebih lanjut mengenai potensi kerjasama ini.

Saya dapat dihubungi melalui email atau telepon yang tertera di atas. Terima kasih banyak atas waktu dan perhatian yang diberikan.

Saya menantikan kabar baik dari Anda dalam waktu dekat. Hormat saya, [Nama Anda] Catatan: Mohon untuk menyesuaikan cover letter ini dengan informasi dan detail pribadi Anda.

Juga, pastikan untuk menyesuaikan gaya dan konten dengan kebutuhan dan budaya perusahaan yang Anda lamar.

Beberapa Tips Dari Cover Letter

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat cover letter yang efektif:

1. Beradaptasi dengan pekerjaan yang Anda lamar

Pastikan surat lamaran Anda mencerminkan kesesuaian Anda untuk posisi yang Anda lamar. Tinjau persyaratan pekerjaan dan soroti kualifikasi, pengalaman, dan keterampilan yang relevan.

2. Perkenalkan diri Anda secara singkat

Mulailah dengan memanggil nama penerima. Selanjutnya, jelaskan siapa Anda, pendidikan atau keahlian Anda, dan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

3. Sorot keterampilan dan pengalaman yang relevan

Jelaskan keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Sebutkan pencapaian atau proyek penting yang dapat menunjukkan kemampuan dan pencapaian Anda.

4. Jelaskan motivasi Anda

Sampaikan dengan jelas mengapa Anda tertarik pada perusahaan dan posisi tersebut. Ceritakan minat Anda terhadap industri atau bidang pekerjaan tertentu, serta bagaimana perusahaan tersebut cocok dengan tujuan karir Anda.

5. Personalisasi dan spesifikasikan

Hindari penggunaan frasa umum dan buatlah cover letter Anda lebih personal. Sertakan detail khusus mengenai perusahaan, seperti inisiatif atau proyek tertentu yang menarik minat Anda. Jelaskan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi konkret dalam peran tersebut.

6. Gunakan bahasa yang jelas dan singkat

Pastikan tulisan Anda mudah dipahami dan tidak berbelit-belit. Gunakan kalimat yang ringkas dan padat, tetapi tetap menjelaskan dengan jelas maksud dan tujuan Anda.

7. Sertakan informasi kontak

Pastikan Anda menyertakan informasi kontak yang jelas, seperti alamat email dan nomor telepon, agar perusahaan dapat dengan mudah menghubungi Anda.

8. Periksa tata bahasa dan ejaan

Periksa kembali tata bahasa, ejaan, dan tanda baca dalam cover letter Anda. Pastikan tidak ada kesalahan yang dapat mengurangi kesan profesional Anda.

9. Singkirkan informasi yang tidak relevan

Fokuskan cover letter pada kualifikasi dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Hapus informasi yang tidak terkait atau tidak memberikan nilai tambah pada lamaran Anda.

10. Selesaikan dengan kalimat penutup yang kuat

Tutup cover letter dengan kalimat penutup yang kuat dan mengundang, menyatakan harapan Anda untuk melanjutkan diskusi atau mendapatkan kesempatan wawancara. Sampaikan rasa terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah diberikan.

Selalu ingat untuk menyesuaikan cover letter dengan kebutuhan dan budaya perusahaan yang Anda lamar. Selain itu, pastikan untuk memeriksa dan mengedit cover letter Anda sebelum mengirimkannya.

Nah! Buat kamu yang ingin Masuk Perusahaan Impian : Bahas CV, Cover Letter, Interview, dan Case Study Sampai Tuntas ! Yuk, ikut Kursus di Vocasia tentang Cover Letter, dan dapatkan gambaran besar serta tips & tricks untuk lulus di setiap tahapan seleksi masuk perusahaan impian.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *