Tanggal:20 June 2024
customer oriented adalah

Strategi Customer Oriented : Pengertian, Karakter dan Tipsnya

Strategi Customer Oriented

Pendekatan customer oriented merupakan strategi bisnis yang menempatkan pelanggan sebagai pusat dari semua keputusan dan aktivitas perusahaan. Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, customer oriented menjadi kunci untuk memenangkan persaingan dan membangun loyalitas pelanggan. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai pentingnya customer oriented dalam bisnis dan strategi penerapannya.

Apa itu Customer Oriented?

Customer oriented adalah suatu pendekatan bisnis yang menempatkan pelanggan sebagai fokus utama dan berkomitmen untuk memenuhi dan mengatasi kebutuhan pelanggan. Dalam strategi customer oriented, perusahaan akan mengutamakan kebutuhan pelanggan daripada kebutuhan perusahaan. Hal ini dilakukan dengan menempatkan pelanggan di awal, tengah, hingga akhir transaksi penjualan. Perusahaan yang baik akan selalu menempatkan pelanggan sebagai pusat dari semua keputusan dan aktivitas perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memastikan pelayanan yang bersifat customer oriented dan membuat budaya customer oriented yang tidak hanya pada diri perusahaan, tetapi juga pada semua karyawan. Karakter bisnis customer oriented antara lain adalah pendekatan customer-first, fokus pada pengalaman pelanggan, dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

Pentingnya Customer Oriented

Selain itu Pentingnya customer oriented dalam bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Menempatkan Pelanggan Sebagai Fokus Utama: Dalam strategi customer oriented, perusahaan akan mengutamakan kebutuhan pelanggan daripada kebutuhan perusahaan. Hal ini dilakukan dengan menempatkan pelanggan di awal, tengah, hingga akhir transaksi penjualan.
  2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan: Dengan memprioritaskan kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas pelanggan. Pelanggan yang puas dan loyal akan memberikan pertumbuhan pada bisnis.
  3. Meningkatkan Citra Perusahaan: Perusahaan yang menerapkan customer oriented akan lebih dihargai oleh pelanggan dan masyarakat karena perusahaan tersebut memprioritaskan kebutuhan pelanggan.
  4. Meningkatkan Daya Saing: Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan yang menerapkan customer oriented akan lebih unggul dan memiliki keunggulan dibandingkan dengan perusahaan lain yang tidak menerapkan strategi ini.
  5. Meningkatkan Customer Retention: Prioritas pada customer retention dapat memastikan bahwa bisnis bersifat customer oriented dan membangun loyalitas pelanggan.
  6. Membuat Budaya Customer Oriented: Penting bagi perusahaan untuk membuat budaya customer oriented yang tidak hanya pada diri perusahaan, tetapi juga pada semua karyawan. Hal ini akan memastikan bahwa pelayanan yang diberikan selalu bersifat customer oriented.

Dengan menerapkan customer oriented, perusahaan dapat memastikan bahwa kebutuhan pelanggan terpenuhi dan membangun loyalitas pelanggan yang akan memberikan pertumbuhan pada bisnis.

Karakter

Namun Karakter customer oriented dalam bisnis dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pendekatan Customer-First: Menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama dalam setiap keputusan dan aktivitas bisnis.
  2. Empati Yang Tinggi: Memiliki kemampuan untuk memahami dan merespons kebutuhan pelanggan dengan cepat dan efektif.
  3. Responsif Terhadap Kebutuhan Pelanggan: Mampu merespons kebutuhan pelanggan dengan cepat dan memberikan solusi yang memuaskan.
  4. Fokus Pada Pengalaman Pelanggan: Memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan pengalaman yang diberikan oleh bisnis.
  5. Prioritas Pada Customer Retention: Memastikan bahwa bisnis mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membangun loyalitas pelanggan.
  6. Melibatkan Semua Pihak: Melibatkan seluruh pihak, seperti pemasok, distributor, mitra bisnis, dan pelanggan dalam membangun budaya customer oriented.

Selain itu dengan menerapkan karakter customer oriented dalam bisnis, perusahaan dapat memastikan bahwa kebutuhan pelanggan terpenuhi dan membangun loyalitas pelanggan yang akan memberikan pertumbuhan pada bisnis.

Membangun Strategi

Berikut adalah beberapa strategi untuk membangun customer oriented dalam bisnis:

  • Menempatkan Pelanggan Sebagai Prioritas Utama: Dalam setiap keputusan dan aktivitas bisnis, perusahaan harus selalu mempertimbangkan kebutuhan pelanggan dan memastikan bahwa pelanggan merasa dihargai.
  • Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan: Perusahaan harus selalu berusaha meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.
  • Meningkatkan Interaksi Dengan Pelanggan: Perusahaan harus selalu berusaha untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, baik melalui media sosial, email, atau layanan pelanggan.
  • Mengumpulkan Umpan Balik Dari Pelanggan: Perusahaan harus selalu mengumpulkan umpan balik dari pelanggan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka.
  • Membangun Budaya Customer Oriented: Penting bagi perusahaan untuk membangun budaya customer oriented yang tidak hanya pada diri perusahaan, tetapi juga pada semua karyawan. Hal ini akan memastikan bahwa pelayanan yang diberikan selalu bersifat customer oriented.
  • Prioritas Pada Customer Retention: Memastikan bahwa bisnis mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membangun loyalitas pelanggan.

Selain itu dengan menerapkan strategi customer oriented, perusahaan dapat memastikan bahwa kebutuhan pelanggan terpenuhi dan membangun loyalitas pelanggan yang akan memberikan pertumbuhan pada bisnis.

Langkah-Langkah Membangun Strategi Customer Oriented

Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang dapat diambil untuk membangun strategi customer-oriented yang efektif:

  1. Tentukan Strategi Pertumbuhan: Sebelum memulai strategi customer oriented, perusahaan harus menentukan strategi pertumbuhan yang jelas dan terukur.
  2. Pelajari Kebutuhan Pelanggan: Perusahaan harus mempelajari kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan cara mengumpulkan umpan balik dari pelanggan.
  3. Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan: Perusahaan harus selalu berusaha meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.
  4. Membangun Budaya Customer Oriented: Penting bagi perusahaan untuk membangun budaya customer oriented yang tidak hanya pada diri perusahaan, tetapi juga pada semua karyawan.
  5. Prioritas Pada Customer Retention: Memastikan bahwa bisnis mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membangun loyalitas pelanggan.
  6. Melibatkan Seluruh Tim: Perusahaan harus melibatkan seluruh tim, seperti pemasok, distributor, mitra bisnis, dan pelanggan dalam membangun budaya customer oriented.
  7. Meningkatkan Interaksi Dengan Pelanggan: Perusahaan harus selalu berusaha untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, baik melalui media sosial, email, atau layanan pelanggan.

Dengan mengambil langkah-langkah tersebut, perusahaan dapat membangun strategi customer-oriented yang efektif dan memastikan bahwa kebutuhan pelanggan terpenuhi dan membangun loyalitas pelanggan yang akan memberikan pertumbuhan pada bisnis.

Cara Menentukan Kebutuhan Pelanggan dalam Menerapkan Strategi Customer-Oriented

Selain itu Untuk menentukan kebutuhan pelanggan dalam menerapkan strategi customer-oriented, perusahaan dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  • Mengumpulkan Umpan Balik Dari Pelanggan: Perusahaan dapat mengumpulkan umpan balik dari pelanggan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka.
  • Membuat User Persona dan Buyer Persona: Perusahaan dapat membuat user persona dan buyer persona yang sesuai dengan kebutuhan setiap pelanggan. Hal ini dibutuhkan agar tim bisa memahami dan mempelajari tentang pelanggan dengan mudah.
  • Melakukan Riset Pasar: Perusahaan dapat melakukan riset pasar untuk mengetahui tren dan kebutuhan pelanggan di pasar.
  • Memahami Kondisi Pelanggan: Perusahaan harus memahami kondisi pelanggan terkait berbagai siklus atau kondisi ekonomi yang sedang berlangsung.
  • Meningkatkan Interaksi Dengan Pelanggan: Perusahaan harus selalu berusaha untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan, baik melalui media sosial, email, atau layanan pelanggan.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, perusahaan dapat menentukan kebutuhan pelanggan dengan lebih baik dan membangun strategi customer-oriented yang efektif.

Sebagai kesimpulan Dalam bisnis, customer oriented menjadi kunci untuk memenangkan persaingan dan membangun loyalitas pelanggan. Dengan menempatkan pelanggan sebagai pusat dari semua keputusan dan aktivitas perusahaan, perusahaan dapat memastikan bahwa kebutuhan pelanggan terpenuhi dan membangun loyalitas pelanggan yang akan memberikan pertumbuhan pada bisnis. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk membangun strategi customer-oriented yang efektif dengan menentukan kebutuhan pelanggan dan menerapkan strategi yang tepat. Dengan demikian, perusahaan dapat memastikan bahwa kebutuhan pelanggan terpenuhi dan membangun loyalitas pelanggan yang akan memberikan pertumbuhan pada bisnis.

Penulis : Asep – Vocasia

 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *