Tanggal:22 February 2024
Pertanyaan Interview Kerja

Daftar Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Muncul

pertanyaan-interview-kerja-2

Image Source: https://www.ekrut.com/media/8-pertanyaan-yang-mesti-kamu-ajukan-sebagai-kandidat-selama-interview

Menghadapi interview kerja merupakan langkah penting dalam proses mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Namun, seringkali pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara dapat membuat kita merasa gugup dan tidak siap. Dalam artikel ini, kami akan memberikan kamu informasi mengenai pertanyaan-pertanyaan umum pada saat wawancara kerja. Selain itu, kami juga merekomendasikan kursus “Bahas CV, Cover Letter, Interview, dan Case Study Sampai Tuntas!” dari Vocasia, yang dapat membantu kamu dalam persiapan wawancara kerja secara menyeluruh: https://bit.ly/43K7knK

pertanyaan-interview-kerja-3

Kumpulan Pertanyaan Umum Pada Saat Wawancara Kerja

1. Ceritakan tentang diri kamu.

Pertanyaan ini memberi kamu kesempatan untuk memperkenalkan diri secara singkat. Beri informasi tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja relevan, keahlian khusus, dan minat pribadi yang dapat mendukung aplikasi kamu untuk posisi tersebut.

2. Apa alasan kamu ingin bekerja di perusahaan kami?

Ini adalah pertanyaan untuk mengetahui seberapa baik kamu memahami perusahaan dan mengapa kamu tertarik untuk bergabung. Berikan penjelasan tentang kualitas perusahaan yang menarik bagi kamu, seperti reputasi, budaya kerja, nilai-nilai, peluang karir, atau proyek-proyek yang menarik.

3. Mengapa kamu tertarik dengan posisi ini?

Fokuskan pada alasan mengapa posisi tersebut sesuai dengan kualifikasi, minat, atau tujuan karir kamu. Jelaskan bagaimana kamu melihat dirimu sendiri dapat memberikan kontribusi yang berarti dan berkembang dalam peran tersebut.

4. Bagaimana kamu menangani tantangan di tempat kerja?

Jawaban kamu harus mencerminkan kemampuanmu dalam menghadapi tantangan dengan baik. Berikan contoh konkret tentang situasi di mana kamu menghadapi tantangan, strategi yang kamu gunakan untuk mengatasi masalah, dan hasil yang dicapai.

5. Ceritakan pengalaman kerja kamu yang relevan dengan posisi ini.

Identifikasi pengalaman kerja yang paling relevan dengan posisi yang kamu lamar. Jelaskan tugas dan tanggung jawab yang kamu lakukan serta hasil yang kamu capai. Hubungkan pengalaman tersebut dengan persyaratan atau kualifikasi yang terkait dengan posisi tersebut.

6. Apa kekuatan utama yang kamu miliki yang dapat kamu bawa ke perusahaan kami?

Berikan pemahaman yang jelas tentang kekuatan utama kamu dan bagaimana itu dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Misalnya, kemampuan analitis yang kuat, kepemimpinan yang efektif, komunikasi yang baik, atau kemampuan dalam berkolaborasi.

7. Bagaimana kamu mengatur waktu dan mengelola proyek?

Beri penjelasan tentang metode yang kamu gunakan untuk mengatur waktu, mengelola prioritas, dan menyelesaikan proyek sesuai tenggat waktu. Sertakan contoh konkret yang menggambarkan kemampuan kamu dalam mengatur waktu dan menyelesaikan proyek dengan sukses.

8. Apa yang membuat kamu berbeda dari kandidat lain yang melamar posisi ini?

Gunakan kesempatan ini untuk membedakan diri kamu dari kandidat lain. Fokus pada keahlian, pengalaman, atau atribut yang unik yang dapat kamu bawa ke perusahaan. Misalnya, pengetahuan mendalam tentang industri, keahlian teknis yang langka, kreativitas dalam pendekatan kerja, atau kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan kerja yang dinamis.

9. Bagaimana kamu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di tempat kerja?

Sampaikan bahwa kamu memiliki fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Ceritakan pengalaman kamu dalam menghadapi situasi di mana perubahan diperlukan atau terjadi, dan bagaimana kamu berhasil menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut. Jelaskan bahwa kamu melihat perubahan sebagai kesempatan untuk belajar dan berkembang.

10. Ceritakan tentang sebuah proyek atau pencapaian yang membuat kamu bangga.

Pilih satu proyek atau pencapaian yang mencerminkan kemampuan, dedikasi, atau keunggulanmu. Ceritakan tentang tujuan proyek, peranmu dalam proyek tersebut, dan hasil yang kamu capai. Jelaskan juga dampak positif dari proyek atau pencapaian tersebut.

11. Apa yang kamu harapkan dari perusahaan ini dalam jangka panjang?

Berikan visimu tentang bagaimana kamu ingin berkembang dan berkontribusi dalam perusahaan jangka panjang. Bicarakan tentang aspirasi karirmu dan bagaimana perusahaan ini dapat membantumu mencapai tujuan tersebut, seperti peluang pengembangan, tanggung jawab yang lebih besar, atau lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan.

12. Bagaimana kamu mengatasi kegagalan atau kesalahan dalam pekerjaanmu?

Jelaskan bahwa kamu melihat kegagalan atau kesalahan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang. Ceritakan tentang pengalaman di mana kamu menghadapi kegagalan atau kesalahan, bagaimana kamu mengambil tanggung jawab, dan langkah-langkah yang kamu ambil untuk memperbaiki situasi atau menghindari kesalahan serupa di masa depan.

Itulah beberapa pertanyaan yang umum yang ditanyakan dalam wawancara kerja. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki pengalaman dan keahlian yang unik, sehingga jawabanmu harus disesuaikan dengan situasi dan konteks yang relevan. Selain informasi di atas, kamu juga bisa mempelajari lebih lanjut mengenai serangkaian proses seleksi seperti Bahas CV, Cover Letter, Interview, dan Case Study, dengan mengikuti kursus online dari Vocasia di sini: https://bit.ly/43K7knK

Penulis: Neda Alifia Rahma – Kelompok C

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

sukses wawancara - personal development

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *