Tanggal:14 May 2024
E-Learning

Apa Itu E-Learning? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

E-Learning pasti sudah tidak awam di telinga bukan? Selama masa pandemi Covid-19 istilah ini sangat sering disebut, namun apakah kamu tahu apa E-Learning itu? Training atau pembelajaran secara online itu sebenarnya termasuk dalam kategori e-learning, hampir semua para pelajar pada masa pandemi pasti pernah mengikuti kegiatan e-learning. Singkatnya e-learning merupakan penggunaan elektronik dalam proses pembelajaran dan edukasi. Saat ini sudah banyak website-website yang dibuat khusus sebagai platform situs belajar online.

Pengertian E-Learning

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

E-learning terdiri dari 2 kata yakni e yang merupakan singkatan dari electronic dan learning, yang berarti sistem pembelajaran berbasis elektronik atau proses belajar mengajar yang memanfaatkan perangkat elektronik yang dilakukan dalam jaringan atau online. E-learning adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik secara khusus yaitu internet atau kegiatan edukasi yang dilakukan secara online. Dalam penerapannya, e-learning memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana pembelajaran.

Umumnya e-learning dilakukan menggunakan media berbasis internet dan website. E-learning dapat didefinisikan sebagai bentuk teknologi informasi yang diterapkan pada bidang pendidikan yang dapat diakses di mana saja. Pada kegiatan e-learning pengajar dan peserta tidak perlu bertemu tatap muka sehingga memudahkan proses belajar di masa-masa pandemi yang mengharuskan kita semua berkegiatan di rumah, sehingga memungkinkan fleksibilitas dan efektivitas dalam proses pembelajaran.

E-learning juga mempermudah karena dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran. E-learning memungkinkan kegiatan pembelajaran dapat dilakukan oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun, sehingga jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Materi yang disajikan pada e-learning dapat berupa teks dalam format dokumen, berbentuk video, bahkan berbentuk audio penjelasan.

Manfaat E-Learning

Bila membicarakan manfaat, e-learning memiliki banyak manfaat dari banyak aspek. Karena fleksibilitas dari e-learning, kegiatan belajar dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun. Sehingga, kegaiatan pembelajaran e-learning dinilai sangat efisien dalam segi biaya, karena dapat menghemat biaya-biaya yang biasa dikeluarkan pada Pendidikan konvensional, seperti biaya transport, biaya membeli buku, biaya makan, dan biaya akomodasi lainnya.

Kemudian e-learning memungkinkan kegiatan belajar dilakukan dengan fleksibel dengan mengakses website kapan pun sesuai dengan waktu belajar efektif mereka tidak seperti halnya harus tepat waktu dengan waktu yang ditentukan untuk mendapat materi pembelajaran. Hal ini juga memungkinkan peserta pembelajar untuk dapat mengulang materi pembelajaran kapan pun mereka ingin memahamai materi tersebut.

Dengan e-learning akan mempermudah siapa pun untuk dapat memilih dan menentukan topik apa yang ingin dipelajari, sehingga tidak perlu mengikuti suatu kelas yang mungkin membosankan untuk mempelajari satu topik spesifik yang ingin dipelajari.

Adapula manfaat dari e-learning yang memungkinkan untuk memantau dan mengukur performa peserta pembelajar, khususnya untuk menilai pencapaian pada materi pembelajaran. E-learning memiliki fitur analisis dan pelaporan mengenai hal-hal yang menjadi kesulitan yang mungkin dialami peserta. Dengan adanya fitur ini akan sangat bermanfaat bagi para pengajar untuk dapat melakukan evaluasi pada masalah yang perlu diperbaiki dan untuk memberi solusi metode yang tepat untuk diterapkan pada peserta pembelajar.

Fleksibilitas e-learning dari aspek waktu dan tempat memungkinkan untuk dapat menjangkau secara luas peserta didik. Karena kemudahan ini ruang dan waktu bukan lagi penghalang dalam proses pembelajaran. Siapa pun, di mana pun, dan kapan pun dapat mengikuti kegiatan pembelajaran melalui e-learning, karena segala interaksi dan pembelajaran dilakukan secara online melalui internet.

Sehingga kesempatan untuk belajar terbuka untuk siapapun yang ingin dan memerlukan. Fitur-fitur dalam media digital dan perangkat elektronik digunakan sebagai sarana e-learning memungkinkan untuk dapat menyimpan, mengubah, dan menyempurnakan materi pembelajaran secara mudah.

Contoh E-Learning

Ada banyak sekali situs pembelajaran bagi kamu yang ingin atau tertarik belajar menggunakan e-learning. Mulai dari pembelajaran bahasa hingga IT ada dalam situs-situs pembelajaran e-learning. Berikut merupakan situs e-learning yang dapat dicoba:

1. Vocasia

Vocasia merupakan platform online educational marketplace yang merupakan situs e-learning yang menawarkan berbagai program workshop dengan kursus dalam banyak bidang seperti pemasaran, bisnis, akuntansi keuangan, desain, dan masih banyak lagi.

2. Coursera

Coursera merupakan salah satu situs pembelajaran e-learning menawarkan Massive Open Online Courses atau MOOCs. Anda bisa menemukan berbagai mata pelajaran dari banyak universitas terkenal seperti Princeton, Duke, Stanford, dan CalTech. Kelas yang dipilih untuk diikuti memiliki masa berlaku akses, biasanya rentang waktunya 10-14 minggu dan setelah itu peserta akan mendapat sertifikat apabila mengikuti beberapa tes yang disediakan.

3. Ruang Guru

Ruang Guru merupakan salah satu platform e-learning yang popular di Indonesia, sejak didirikan di tahun 2014 sampai saat ini mereka memiliki lebih dari 150 ribu guru yang membagikan pengetahuan mereka di lebih dari 100 bidang pelajaran. Pelajaran yang ditawarkan di Ruangguru tidak hanya untuk mahasiswa universitas tetapi juga untuk anak-anak SD, SMP, dan SMA juga. Tentu saja semua pelajaran yang tersedia di Ruangguru disampaikan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Kamu juga bisa mengakses Ruangguru melalui aplikasi di App Store dan Play Store.

Nah diatas ini merupakan sedikit dari banyak situs-situs e-learning yang ada, semua platform memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing, apabila ingin menggunakan atau mengakses e-learning semua orang berhak menentukan pilihan nya dengan mempertimbangkan keperluan masing-masing.

Ternyata e-learning memang sangat bermanfaat dan memang dibutuhkan untuk menunjang Pendidikan apalagi pada masa pandemi yang dimana media online lah satu-satunya sarana yang tetap dapat digunakan dalam berkegiatan. Cukup sampai disini dulu ya penjelasan terkait e-learning, semoga bermanfaat bagi yang telah membaca artikel ini.

Penulis: Alya Yanuar Putri (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *