Tanggal:20 June 2024

Transfer Antar Negara Lebih Aman dengan SWIFT Code BCA

Meluasnya penggunaan jaringan internet di seluruh dunia menyebabkan ruang antar negara menjadi tak terbatas lagi. Jika dibandingkan dengan zaman dulu, intensitas orang melakukan transfer antar bank dan negara masih sangat jarang dibanding dengan saat ini yang semakin sering. Bank BCA memiliki fitur teknologi untuk memudahkan kamu dalam melakukan transfer antar bank dan antar negara dengan fitur kode SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication). 

Bagi kebanyakan orang jika mereka ingin melakukan transfer, mereka perlu menggunakan dompet digital Paypal atau menggunakan jasa Western Union. Namun, jika anda adalah nasabah Bank BCA, anda tidak perlu lagi melakukan hal itu, cukup dengan menyimpan kode Swift BCA dan memiliki nomor rekening penerima dana. Kode ini terletak di awal nomor rekening penerima untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Mengenal SWIFT Code BCA

Apa itu kode Swift Bank BCA? SWIFT adalah singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication, adalah kode unik untuk melakukan transfer bank yang berlaku secara international. Kode ini terdiri dari 8 atau 11 karakter berupa kombinasi huruf dan angka yang merupakan identitas suatu bank beserta cabangnya.

Dilansir dari Ajaib, kode swift ini juga dikenal dengan istilah kode BIC atau Bank Identifier Code yang berfungsi  untuk menghubungkan ribuan lembaga perbankan di suatu negara. Swift menghubungkan antara bank satu dengan bank yang lain untuk transaksi keuangan yang lebih aman yang dapat dilakukan antar negara. SWIFT berfungsi untuk mengirimkan informasi dan pesan yang berkaitan dengan transaksi keuangan yang dilengkapi dengan keamanan yang terbaik. Hadirnya teknologi yang dimiliki Bank BCA ini dapat mengurangi biaya operasional, menekan jumlah biaya tambahan, dan juga mengoptimalkan transaksi keuangan tersebut menjadi efektif, efisien, dan terjamin keamanannya. 

Fungsi Kode SWIFT

Kode swift berfungsi untuk membantu kamu dalam melakukan transaksi keuangan secara online ke luar negeri. Tanpa adanya kode swift, transaksi yang dilakukan akan mengalami kegagalan. Kode ini terletak di awal nomor rekening tujuan seperti ini [kode swift = nomor rekening bank tujuan]. Kode swift menjadi identitas bank dalam melakukan transaksi secara internasional. Tiap-tiap bank memiliki kode swift yang berbeda dengan yang lain sehingga mudah dalam mengidentifikasinya. Hampir seluruh transaksi internasional membutuhkan kode swift untuk memudahkan transaksi yang dilakukan agar lebih aman dan cepat.

Kode SWIFT BCA

Bank BCA lebih diminati masyarakat karena tingkat kemudahan akses dan keamanannya sangat tinggi untuk melakukan berbagai macam transaksi termasuk saat hendak melakukan transfer ke luar negeri. Bagi para nasabah yang ingin bertransaksi ke luar negeri, penting untuk mengetahui kode swift BCA karena kode ini adalah hal utama yang diperlukan agar transfer dapat sukses dilakukan, juga agar setiap transaksi yang dilakukan terasa lancar dan aman.

Berikut adalah kode swift Bank BCA yang harus kamu ketahui dan hafalkan jika kamu sering menerima dan mengirim dana dari atau ke luar negeri. Kode swift Bank BCA : CENAIDJA. Kode ini sangat membantu anda apabila anda sering berurusan dengan klien luar negeri. Saat menggunakan kode ini, kode ini tidak akan memberikan informasi ataupun data pribadimu.

Kode ini hanyalah sebagai penghubung dan identitas bank bertaraf internasional yang lebih efisien untuk memastikan  dana yang dikirimkan benar-benar sampai. Dapat dipastikan bahwa dari negara manapun si pengirim tersebut, pasti dana yang dikirimkan akan sampai dan sesuai ke rekening bank yang dimiliki oleh nasabah.

Biaya Tambahan Transfer Antar Bank Luar Negeri Bank BCA

Dalam penggunaan swift code ini sangat memudahkan para nasabahnya jika dibandingkan dengan penggunaan Western Union dan Paypal, apalagi nasabah tidak perlu repot-repot memahami sistem internet banking seperti yang diusung Paypal. Cukup hanya dibutuhkan kode SWIFT dan nomor rekening bank luar negeri yang dituju.

Namun, dibalik kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan terdapat sejumlah biaya yang dikenakan untuk setiap transaksi maupun transfer ke luar negeri baik yang diterima dan yang dikirimkan. Nominal yang dikenakan dapat berbeda-beda tergantung dari kebijakan yang dimiliki bank dan negara tersebut. 

Bank BCA mengenakan setiap kiriman di luar negeri, dikenai biaya administrasi sebesar $5 atau sekitar Rp 70.000. Biaya tersebut masih memiliki kemungkinan akan bertambah jika ditambah dengan biaya korespondensi yang tergantung dari persyaratan bank pengirimnya. Besaran yang dikenakan berkisar $30 sampai dengan $70 atau hampir setara dengan Rp 4000.000 sampai Rp 1 juta. 

Penulis: Salsa Amalia

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *