Tanggal:29 February 2024

Front Office: Tugas, Jenis, Skill, Gaji dan Tipsnya

Front Office

Apa itu Front Office? Front Office adalah sebuah departemen di hotel yang berada di bagian paling depan dan bertanggung jawab terhadap segala proses pelayanan terhadap tamu. Front Office merupakan staff barisan pertama yang menyambut tamu saat memasuki hotel, setelah tim security. Beberapa tugas utama Front Office hotel meliputi pemesanan reservasi, mendaftarkan tamu ke kamar kosong, menetapkan tarif dan kamar, penasihat tamu yang professional, memelihara dan menyelesaikan akun tamu, menjaga catatan sejarah tamu, dan lain-lain.

Tugas Front Office

Berikut adalah beberapa tugas Front Office hotel yang dapat diambil dari beberapa sumber:

  1. Melayani tamu yang datang ke hotel, memberikan informasi pada calon tamu, dan menerima kedatangan tamu (check-in).
  2. Menangani telepon dan menjawab pertanyaan tamu.
  3. Menangani barang bawaan tamu.
  4. Menunjukkan kamar tamu dan mempersilakan tamu dengan segera.
  5. Mengarahkan tamu untuk menuju kamarnya.
  6. Memberikan informasi tentang fasilitas hotel, jenis kamar, harga kamar, dan sebagainya.
  7. Membantu reservasi dan memverifikasi tamu yang datang.
  8. Memesan penginapan dan memberikan informasi seputar kamar.
  9. Menangani keluhan dan masalah tamu.
  10. Menangani keberangkatan tamu (check-out).

Perlu diketahui bahwa tugas Front Office hotel dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis hotel. Beberapa hotel mungkin memiliki tugas tambahan atau menggabungkan beberapa tugas di atas menjadi satu tugas.

Baca Juga: Apa Itu Front Office Dan Back Office? Simak Perbedaannya!

Jenis Front Office

Jenis-jenis posisi atau bagian di Front Office hotel dapat mencakup:

  1. Greeter and Bell Boy: Bertugas sebagai penyambut tamu ketika tamu tersebut masuk ke lobby hotel.
  2. Front Desk Attendant/Reception: Bertanggung jawab untuk mendaftarkan tamu ke kamar kosong, menetapkan tarif dan kamar, serta memberikan informasi kepada tamu.
  3. Bell Driver: Bertugas untuk mengantarkan tamu ke tempat tujuan di dalam atau di sekitar hotel.
  4. Guest Relation Officer (GRO): Menjadi penasihat tamu yang professional, memberikan bantuan dan informasi yang diperlukan oleh tamu.
  5. Telephone Operator (Call Center): Bertugas untuk menerima dan menghubungkan panggilan telepon dari tamu.
  6. Front Office Admin: Melakukan kegiatan administrasi dokumen dan melayani permintaan barang-barang ke gudang.
  7. Night Auditor: Bertugas untuk memelihara dan menyelesaikan akun tamu serta menjaga catatan sejarah tamu.
  8. Concierge: Bertanggung jawab untuk memberikan informasi dan bantuan kepada tamu terkait dengan kebutuhan mereka selama menginap di hotel.
  9. Front Office Cashier: Bertugas untuk mengurus pembayaran tamu dan mengelola keuangan di departemen Front Office.

Perlu diketahui bahwa jenis-jenis posisi di Front Office dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis hotel. Beberapa hotel mungkin memiliki posisi tambahan atau menggabungkan beberapa posisi di atas menjadi satu posisi.

Skill

Berikut adalah beberapa skill yang dibutuhkan untuk bekerja di Front Office :

  1. Kemampuan berkomunikasi yang baik, termasuk kemampuan berbicara dengan jelas dan mudah dipahami oleh tamu, serta kemampuan mendengarkan dan memahami informasi yang disampaikan oleh tamu.
  2. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik, karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang umum digunakan dalam industri perhotelan dan pariwisata.
  3. Kemampuan menjaga hubungan baik dengan tamu, termasuk kemampuan untuk bersikap ramah, sopan, dan profesional dalam berinteraksi dengan tamu.
  4. Kemampuan bekerja dalam tim, karena Front Office hotel melibatkan banyak orang dan departemen yang harus bekerja sama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada tamu.
  5. Kemampuan mengoperasikan komputer dan perangkat lunak hotel, seperti sistem reservasi dan manajemen akun tamu.
  6. Kemampuan menyelesaikan masalah dengan cepat dan efektif, termasuk kemampuan untuk mengatasi keluhan tamu dan menyelesaikan masalah yang muncul dengan cepat dan efektif.
  7. Kemampuan menjaga penampilan yang rapi dan profesional.

Perlu diketahui bahwa skill yang dibutuhkan untuk bekerja di Front Office hotel dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis hotel. Beberapa hotel mungkin memiliki skill tambahan atau menggabungkan beberapa skill di atas menjadi satu skill.

Gaji

Gaji untuk posisi Front Office hotel dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis hotel, serta pengalaman dan keterampilan karyawan. Berikut adalah beberapa kisaran gaji Front Office :

  1. Gaji Karyawan Hotel Bintang 4:
  • Front Office: Rp4,3 juta
  • Front Desk Manager: Rp5,1 juta
  • Executive Housekeeper: Rp5,1 juta
  1. Gaji Karyawan Hotel Bintang 5:
  • Front Office: Rp4.300.000 – Rp4.500.000
  • Front Desk Manager: Rp5.100.000
  • Executive Housekeeper: Rp5.100.000 – Rp6.200.000
  • Food & Beverage Manager: Rp4.100.000 – Rp6.100.000
  • Resepsionis Hotel: Rp4.200.000

Perlu diketahui bahwa gaji Front Office hotel dapat bervariasi tergantung pada lokasi hotel dan negara tempat hotel berada. Selain itu, gaji untuk posisi Front Office hotel juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang dimiliki.

Tips

Untuk dapat bekerja di Front Office hotel, sebaiknya Anda memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup tentang industri perhotelan dan pariwisata. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda adalah dengan mengikuti kursus atau pelatihan di bidang perhotelan dan pariwisata, seperti yang ditawarkan oleh Vocasia. Vocasia menawarkan beberapa kursus dan pelatihan di bidang perhotelan dan pariwisata yang dapat membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda untuk bekerja di Front Office hotel. Beberapa kursus yang tersedia di Vocasia antara lain:

  1. Kursus Administrasi: Kursus ini akan membantu memahami proses administrasi hotel, termasuk dalam mengelola akun tamu dan menjaga catatan sejarah tamu.
  2. Kursus Bahasa Inggris untuk Industri Perhotelan dan Pariwisata: Kursus ini akan membantu Anda meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, yang sangat penting dalam bekerja di Front Office hotel.
  3. Kursus Manajemen: Kursus ini akan membantu Anda memahami konsep dan prinsip manajemen hotel, serta mengembangkan keterampilan dalam mengelola operasi hotel secara efektif.
  4. Kursus Pemasaran / Digital Marketing: Kursus ini akan membantu Anda memahami konsep dan strategi pemasaran pariwisata, serta mengembangkan keterampilan dalam mempromosikan hotel dan destinasi pariwisata kepada tamu.
  5. Kursus Front Office Management: Kursus ini akan membantu Anda memahami tugas dan tanggung jawab di Front Office hotel, serta mengembangkan keterampilan dalam mengelola reservasi, check-in, check-out, dan penanganan keluhan tamu.

Untuk dapat mengikuti kursus di Vocasia, Anda dapat mengunjungi situs web Vocasia dan mendaftar untuk kursus yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencari informasi lebih lanjut tentang kursus lainnya.Yuk Daftar Sekarang.

Front Office adalah departemen di hotel yang berperan sebagai titik awal dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Mereka menjadi staf pertama yang menyambut tamu ketika memasuki hotel, setelah tim keamanan. Sementara itu, Customer Delight merujuk pada kondisi di mana sebuah bisnis dapat memberikan kepuasan pelanggan yang melebihi harapan mereka. Ini berarti bisnis tersebut mampu menghadirkan produk atau layanan yang melampaui ekspektasi dan kebutuhan pelanggan.

Penulis : Asep – Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *