Tanggal:22 February 2024

Gambar Ilustrasi: Pengertian, Fungsi, Jenis, Peran dan Karakteristiknya

Apa Itu Gambar Ilustrasi?

Dalam kehidupan sehari-hari, pastinya kita sering melihat gambar ilustrasi mulai dari berita di koran, buku pelajaran, komik, majalah. Nah, biasanya gambar ilustrasi digunakan untuk menyampaikan pesan ataupun menggambarkan kejadian di dunia nyata.

Pada saat ini gambar ilustrasi merupakan karya seni yang memiliki fungsi sangat beragam. Orang yang memiliki kemampuan mumpuni dalam membuat gambar ilustrasi, dicari oleh banyak perusahaan. Sebab di era digital ini, visual merupakan salah satu aset yang kuat untuk mengembangkan suatu bisnis.

Ilustrasi berasal dari bahasa latin, yakni “Ilustrare” berarti menjelaskan atau menerangkan. Sedangkan, menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi, yang berfungsi sebagai penjelas dari maksud suatu cerita, berita, maupun pesan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gambar ilustrasi adalah gambar yang digunakan untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dan sebagainya. Ilustrasi juga merupakan gambar, desain atau diagram penghias. Selain itu, ilustrasi merupakan sebuah penjelasan tambahan untuk menjelaskan sebuah paparan.

Jadi, bisa dikatakan bahwa ilustrasi sendiri adalah bentuk visual dari teks. Sehingga gambar ilustrasi dapat menjelaskan pesan yang ingin disampaikan dalam teks tersebut. Selain pesan yang tersampaikan, ilustrasi juga berfungsi untuk menarik minat pembaca.

Tujuan Gambar Ilustrasi

Ada beberapa tujuan dari penggunaan gambar ilustrasi, yakni sebagai berikut : 

  • Gambar ilustrasi dapat menjelaskan informasi atau pesan yang ingin disampaikan.
  • Memudahkan pembaca untuk mengingat pesan atau gagasan yang disampaikan melalui ilustrasi yang ada.
  • Gambar ilustrasi juga dapat memberikan variasi pada bahan ajar sehingga dapat menarik minat, motivasi, dan juga memudahkan pemahaman pembaca dalam memahami pesan.
  • Ilustrasi juga menghemat penyajian, dengan adanya gambar menyampaikan konsep yang rumit akan lebih mudah walaupun ruangannya terbatas.

Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi pun memiliki jenis yang juga beragam, ada beberapa jenis dari gambar ilustrasi adalah sebagai berikut : 

  • Berdasarkan bentuknya, gambar ilustrasi terbagi menjadi karikatur, kartun, komik, dan juga vignette.
  • Berdasarkan objeknya, gambar ilustrasi terbagi menjadi gambar hewan, manusia, tumbuhan, dan juga benda mati.
  • Berdasarkan bentuk naskah dan juga perannya, gambar ilustrasi terbagi menjadi komik, judul cerpen, ilustrasi bacaan dan juga sudut halaman.

Peran Gambar Ilustrasi

Selain jenisnya, gambar ilustrasi juga memiliki beberapa peran; peran lain dari gambar ilustrasi adalah : 

  • Untuk Menarik Perhatian, dengan adanya gambar ilustrasi akan menarik menarik pembaca lebih banyak lagi.
  • Sebagai Alat Persuasi, gambar ilustrasi juga berperan sebagai media untuk mengajak pembaca dalam memahami pesan tersebut.
  • Sebagai Alat Informasi, ilustrasi menjelaskan dan merekam secara lengkap hal atau fakta yang terjadi di dunia nyata.
  • Mengungkapkan Makna Teks
  • Sebagai Media Untuk Bercerita, ilustrasi dapat memberikan narasi yang lebih menarik daripada hanya sekedar teks.
  • Menunjukkan Identitas, ilustrasi bisa menjadi sebuah identitas dari personal maupun secara organisasi.

Karakteristik Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi pastinya juga memiliki karakteristiknya masing-masing, karakteristik dari gambar ilustrasi adalah sebagai berikut : 

  • Adanya Komunikasi, ilustrasi dapat berupa komentar ataupun opini terhadap suatu permasalahan yang terjadi.
  • Adanya Hubungan Antara Gambar dan Teks, antara ilustrasi dan teks harus memiliki keterkaitan satu sama lain.
  • Menjadi Faktor Menggugah Emosi Pembaca, emosi pembaca menentukan keberhasilan sebuah ilustrasi.
  • Produksi Media Massa dan Media Cetak, ilustrasi berfungsi untuk memastikan pesan itu sampai ke audience. Dengan begitu strategi pemasaran harus ditentukan apakah melalui media massa atau mendia cetak.
  • Konsep Virtual Terlihat Secara Lengkap, pembaca pastinya ingin menikmati ilustrasi secara lengkap, sehingga ilustrasi ditampilkan seutuh-utuhnya.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang apa itu gambar ilustrasi. Untuk Sobat yang ingin mendalami ilmu dalam menggambar ilustrasi kalian bisa mengikuti Kursus dari Vocasia yang membahas “Menggambar Ilustrasi Hanya Dengan Menggunakan Android”. Dengan mengikuti kursus tersebut, kalian akan mendapatkan banyak insight-insight yang menarik dalam membuat gambar ilustrasi dengan mudah. Yuk, buruan daftar jangan sampai ketinggalan dan dapatkan semua benefit-nya. PROMO TERBATAS!

autocad
autocad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *