Tanggal:25 April 2024

Hiring : Pengertian, Fungsi, Tahapan dan Bedanya Dengan Rekrutmen

Hiring atau sering disebut juga dengan istilah perekrutan atau pencarian tenaga kerja adalah salah satu aspek penting dalam manajemen sumber daya manusia (SDM). Hiring merupakan proses yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau organisasi dalam mencari dan memilih kandidat terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang telah ditetapkan. Dalam artikel kali, Vocasia akan membahas tentang pengertian hiring, fungsi, tahapan, serta perbedaannya dengan rekrutmen.

Apa itu Hiring

Hiring atau perekrutan dapat diartikan sebagai proses pencarian, seleksi, dan penempatan kandidat yang tepat untuk posisi pekerjaan tertentu. Tujuan dari hiring adalah untuk menemukan kandidat terbaik yang memiliki kualifikasi, kemampuan, dan kecocokan dengan perusahaan atau organisasi tersebut.

Fungsi Hiring

Fungsi utama dari hiring adalah untuk menemukan kandidat terbaik untuk posisi yang kosong dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Selain itu, fungsi hiring lainnya antara lain:

1) Mengisi kekosongan posisi pekerjaan

Hiring dilakukan untuk mengisi kekosongan posisi pekerjaan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Tujuannya adalah untuk menemukan kandidat terbaik yang memiliki kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.

2) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Dengan melakukan hiring, perusahaan atau organisasi dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) mereka. Kandidat terbaik yang dipilih melalui proses hiring biasanya memiliki kualifikasi dan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan kandidat yang dipilih melalui rekrutmen.

3) Menjaga kestabilan organisasi

Hiring juga dilakukan untuk menjaga kestabilan organisasi, terutama jika terdapat posisi penting yang kosong. Kandidat yang dipilih melalui proses hiring dapat membantu menjaga stabilitas organisasi dan mencegah terjadinya kekosongan posisi yang bisa berdampak buruk pada produktivitas dan kinerja perusahaan atau organisasi.

Tahapan Hiring

Tahapan hiring meliputi beberapa proses, antara lain:

1) Identifikasi kebutuhan dan kriteria

Proses pertama dalam hiring adalah mengidentifikasi kebutuhan dan kriteria yang dibutuhkan untuk posisi yang akan diisi. Ini termasuk kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan kemampuan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dalam posisi tersebut.

2) Pencarian kandidat

Setelah kebutuhan dan kriteria ditetapkan, tahapan selanjutnya adalah mencari kandidat yang memenuhi kriteria tersebut. Pencarian kandidat dapat dilakukan melalui beberapa sumber, seperti iklan lowongan kerja, situs web perusahaan, atau rekomendasi dari karyawan atau pihak luar.

3) Seleksi kandidat

Setelah kandidat ditemukan, tahapan selanjutnya adalah melakukan seleksi. Seleksi dapat dilakukan melalui wawancara, tes kemampuan, atau tes psikologi. Tujuan dari seleksi adalah untuk menemukan kandidat terbaik yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan yang telah ditetapkan sebelumnya.

4) Penempatan kandidat

Setelah melalui proses seleksi, tahapan selanjutnya adalah penempatan kandidat. Kandidat yang terpilih akan ditempatkan pada posisi yang sesuai dengan kualifikasi dan keahlian yang dimilikinya. Selain itu, perusahaan atau organisasi juga harus menyusun rencana induksi atau pelatihan untuk memperkenalkan kandidat pada lingkungan kerja dan tugas-tugas yang akan dijalankannya.

Perbedaan Hiring dengan Rekrutmen

Meskipun seringkali digunakan secara bergantian, istilah hiring dan rekrutmen sebenarnya memiliki perbedaan. Rekrutmen adalah proses yang lebih luas dan meliputi semua aktivitas yang dilakukan untuk menarik kandidat potensial, sedangkan hiring hanya merupakan salah satu tahapan dalam proses rekrutmen.

Selain itu, hiring biasanya dilakukan untuk mengisi kekosongan posisi yang kosong, sedangkan rekrutmen dilakukan untuk mencari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi; baik untuk posisi yang kosong maupun posisi yang akan datang.

Sekian artikel tentang “Pengertian hiring, Fungsi, Tahapan dan Bedanya hiring dan Rekrutmen”. Mari simak artikel berkualitas Vocasia yang lainnya dengan mengklik link di bawah ini!!

www.vocasia.id/blog

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *