Tanggal:04 May 2024

Latih Logika Anak Dengan 6 Game Coding Sederhana Berikut!

Saat ini, teknologi berkembang sangat pesat, menggunakan teknologi kini menjadi suatu kewajiban bagi semua kalangan, termasuk kalangan anak kecil. Maka tak heran jika kebanyakan anak usia dini di zaman sekarang sudah pandai menggunakan gadget atau smartphoneSemua metode pembelajaran juga melalui gadget.

Apalagi sekarang pengembangan aplikasi mendesain untuk aplikasi belajar bahasa pemrograman atau coding. Untuk kamu yang memiliki anak, bisa menjadikannya media pembelajaran untuk mengasah logika. Nah, kamu bisa banget mengaplikasikan ke anak untuk melakukan pembelajaran melalui coding ini, bisa belajar sekaligus bermain, loh! Lalu, sebenernya apa itu coding? Simak berikut ini, ya! 

Apa Itu Coding? 

Bahasa pemrograman python – @rawpixel.com

Coding adalah sebuah instruksi atau berkomunikasi untuk memerintah komputer agar bisa menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini terdiri dari suatu himpunan aturan sintaksis dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

Fungsi utamanya untuk memerintah komputer agar dapat mengolah data sesuai dengan langkah-langkah atau logika penyelesaian yang telah dibuat oleh programmerSeperti data apa saja yang akan disimpan atau diteruskan, data mana yang ingin diolah, langkah apa saja yang ingin diambil, dan sebagainya. Dalam coding terdapat tiga tingkatan bahasa pemrograman, di antaranya: 

1. Low-level

Bahasa pemrograman ini termasuk dalam tingkat rendah, berisi instruksi yang ditunjukkan kepada komputer menggunakan kode biner atau bisa disebut dengan bahasa mesin. Sehingga bisa langsung diterjemahkan dan dijalankan oleh komputer tanpa harus melalui proses kompilasi terlebih dahulu karena kompleksitas instruksi terbatas.

2. Mid-level

Bahasa pemrograman ini dikategorikan tingkat menengah, karena merupakan instruksi berupa kode mnemonic (seperti ADD, SUB, DIV, STOLOD, JMP, dan lainnya). Namun, bahasa pemrograman ini tetap harus diterjemahkan ke dalam bahasa mesin terlebih dahulu, karena komputer hanya mengerti penggunaan kode mesin saja.

3. High-level

Bahasa pemrograman ini masuk ke dalam tingkat tinggi, berisi instruksi dengan bahasa yang dimengerti manusia. Meliputi, pemrograman berorientasi objek, berbasis web, basis data, aplikasi mobile, dan sebagainya.

Selain itu, tools ini sangat berguna untuk melatih anak-anak sampai remaja dalam mengasah keterampilan coding mereka, agar siap menghadapi era revolusi industri 4.0 di Indonesia yang terus berkembang. Belajar coding, tidak hanya bagi orang-orang dewasa yang bergelut di dunia IT saja, loh! Anak-anak juga bisa belajar coding sejak usia dini tentunya, dengan cara yang lebih menarik. 

Belajar pemrograman biasanya identik dengan kegiatan yang cukup menguras konsentrasi dan pola pikir seseorang. Namun, berbanding terbalik dengan kebiasaan anak-anak yang cenderung ingin bermain dan mencoba hal-hal baru yang menyenangkan.

Jadi, untuk kamu para orang tua dapat mengenalkan coding lewat aplikasi belajar bahasa pemrograman untuk anak! Berikut beberapa rekomendasi aplikasi coding yang bisa kamu kenalkan ke anak untuk belajar bahasa pemrograman sambil bermain tentunya, simak berikut ini, ya!

Aplikasi Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Anak

Orang Tua Sedang Mengajak Anak Untuk Mempelajari Bahasa Pemrograman Melalui Game Coding (Pexels)

1. Scratch 

 Aplikasi ini menjadi salah satu yang digunakan untuk belajar bahasa pemrograman, yang dikembangkan oleh perusahaan MIT Media Lab. Platform Scratch ini dikemas secara menarik, agar anak-anak dapat belajar pemrograman dengan cara yang asyik dan tidak membosankan tentunya! 

Platform ini mengajarkan bahasa pemrograman kepada anak-anak usia 8-16 tahun, tentunya dengan media visual yang menarik, loh! Anak-anak akan disediakan area kerja yang mencakup beberapa script atau perintah, variabel, dan sebagainya.

Dalam platform ini, mengajak anak-anak untuk mengolah logika mereka masing-masing, dan menempatkan script serta variabel tersebut ke area kerja sesuai keinginan masing-masing. Tak hanya itu, loh, platform ini juga menyediakan banyak artikel berisi tentang pemahaman dasar untuk membantu orang tua membimbing anak-anak mereka saat belajar bahasa pengodean tentunya! 

2. Tynker

Salah satu tools ini dapat digunakan belajar bahasa pemrograman yang diakses secara online, Tynker dirancang untuk membuat anak-anak dapat menuangkan ide kreatif mereka dalam membuat sebuah gamePlatform pemrograman visual ini, memudahkan anak-anak untuk drag dan drop script dan variabel yang ada di area kerja, mereka juga dapat melihat hasil karya yang dibuat secara real time di area yang sama. 

Tynker juga cocok dimanfaatkan bagi orang tua yang ingin melatih kreatifitas untuk anak mereka. Platform ini didesain semenarik mungkin sehingga tidak membosankan dan asyik saat digunakan. Kamu bisa mencoba untuk buah hatimu, loh! 

3. Code Kingdom

Code Kingdom atau yang bisa disebut dengan Treasure, membuat permainan coding lebih menyenangkan bagi anak-anak tentunya! Karena, didesain sangat menarik dapat memanjakan mata dan mudah dimengerti. Platform ini memiliki level, dan setiap level diberikan tingkat kesulitan yang pas sesuai dengan kemampuan anak-anak. 

Melalui platform ini, anak diajarkan untuk mencari cara bagaimana si tokoh utama bisa mencapai harta karun yang jadi target diserap levelnya. Di awal permainan, anak-anak akan diarahkan dan dikenalkan dengan arah dasar dan perintah sederhana yang tidak sulit untuk dipahami. 

4. Coding Games for Kids to Play

 Game sekaligus untuk belajar bahasa pemrograman satu ini, menjadi permainan yang seru dengan berbagai pilihan minigame yang menarik untuk anak-anak tentunya! 

Coding Games for Kids to Play menyediakan permainan, seperti memanah buah, balapan mobil, menjadi petugas kebakaran, dokter gigi, hingga pergi ke toko es krim. Anak-anak dapat bebas memilih apa yang diinginkan sehingga bisa berkreasi dengan luas. 

Logika merupakan pemikiran dasar yang dibutuhkan dalam berbagai bidang pekerjaan. Maka dari itu, dengan cara bermain sambil belajar seperti ini, anak-anak akan mendapatkan ilmu sekaligus terhibur sambil bermain. 

5. Code Spark Academy: Kids Coding

Nah, jenis game satu ini juga tidak kalah asyiknya, loh! Memiliki varian game di dalamnya. Dalam game ini, tokoh utama harus melewati rintangan, dengan berbagai kemungkinan jalan dapat tercipta sesuai keinginan anak. 

Karakter utamanya berupa monster kecil, hewan, dan tokoh animasi lainnya yang menggemaskan tentunya! Terdapat level yang bervariasi, lengkap dengan perintah dasar yang mudah dipahami logika anak, seperti berlari maupun meloncat. Dengan begitu, anak dapat dilatih untuk merancang jalan permainannya sendiri. Tak hanya itu, game ini juga dapat mengasah kreativitas dalam menyelesaikan masalah tentunya! 

6. Code Combat

Untuk belajar bahasa pemrograman, Code Combat juga menjadi salah satu jalannya. Kamu akan diminta untuk menggerakkan karakter utamanya, berjalan menuju labirin dan melakukan sesuai petunjuk, loh! Tentu kamu akan terlibat dalam menulis kode berbahasa python, javascript, coffeescript, hingga lua. Permainan ini gratis dan ditujukan untuk pelajar, namun, siapapun dapat bermain melalui situsnya.

Nah, itulah informasi sekaligus rekomendasi terkait coding serta permainannya yang dapat kamu aplikasikan ke kamu yang memiliki anak tentunya! kamu dapat mengikuti kursus di vocasia dengan belajar coding untuk anak dengan scartch lho! Karena sangat bermanfaat untuk anak yang ingin berlatih bahasa pemrograman atau programming, dari manapun sumber yang kamu gunakan, tetap terus belajar, ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *