Tanggal:04 May 2024

5 Manfaat Tea Tree Oil Untuk Wajah

Berbicara soal kecantikan memang tidak akan ada habisnya. Sejak zaman manusia pertama kali lahir, zaman ratu Mesir Kleopatra, hingga zaman sekarang pun kecantikan selalu menjadi hal yang sering diperbincangkan oleh banyak kalangan. Oleh karena itu menjaga kesehatan serta melakukan perawatan wajah menjadi hal yang sangat penting bukan hanya untuk perempuan, tetapi juga untuk pria.

Tumbuh-tumbuhan dan bahan alami telah lama dipercaya memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Selain itu, bahan alami cenderung memberikan efek samping yang lebih sedikit atau bahkan tidak sama sekali jika dibandingkan dengan bahan kimia. Teh adalah salah satunya. Sering menjadi opsi bagi pengobatan serta perawatan tubuh, teh menjadi salah satu tanaman yang paling banyak kita manfaatkan khasiatnya. Mulai dari teh hijau, teh hitam, hingga teh putih, semuanya memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

Selain itu, ada pula tea tree oil yang akhir-akhir ini cukup populer dan banyak menyita perhatian di dunia kecantikan lantaran manfaatnya yang luar biasa. Mengapa demikian dan apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya pada penjelasan di bawah ini!

Apa itu Tea Tree Oil?

Sebelum menguak beragam manfaat yang dimilikinya, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan jenis teh yang satu ini. Tea tree oil sendiri merupakan frasa dalam bahasa Inggris yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti minyak pohon teh atau sering juga disebut sebagai minyak atsiri esensial. Tea tree oil  berasal dari tanaman melaleuca alternifolia yang hanya ada di benua Australia. Jadi, tea tree oil bukan berasal dari pohon teh yang biasanya dipergunakan untuk membuat minuman teh di negeri kita, ya!

Pengertian Tea Tree Oil (sumber: freepik.com)

Saat ini, tea tree oil tengah banyak diperbincangkan dan menjelma sebagai salah satu primadona dalam dunia kecantikan lantaran berbagai manfaat yang dimilikinya, mulai dari untuk kulit, untuk rambut, hingga aroma tubuh. Di Australia sendiri tea tree oil telah banyak digunakan sebagai minyak antiseptik dan anti inflamasi serbaguna sejak 100 tahun terakhir. Selain itu, tea tree oil memiliki kandungan berupa terpinen-4-ol, eucalyptol, cineole, nerolidol, 1,8-cineole, dan viridiflorol. Kandungan terpinen-4-ol sendiri telah terbukti mampu membunuh bakteri, jamur, dan beberapa jenis virus.

Hebatnya lagi, Terpinen-4-ol juga mampu meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam melawan bakteri dan ‘benda asing’ lainnya yang menyerang tubuh. Karena itulah tea tree oil efektif untuk mengatasi infeksi jamur, bakteri, dan mempercepat penyembuhan pada penyakit kulit.

5 Manfaat Tea Tree Oil Untuk Wajah!

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa tea tree oil memiliki beragam manfaat yang sangat berkhasiat bagi tubuh. Oleh karena itu, berikut adalah ulasan mengenai beberapa manfaat tea tree oil yang sangat berkhasiat untuk wajah.

1. Mengempiskan jerawat

Pernah nggak sih kamu merasa kesal karena tiba-tiba muncul jerawat? Terlebih lagi jika jerawatnya cukup besar dan terasa sakit jika disentuh. Belum lagi saat datang bulan dan hormon menjadi pemicu munculnya semakin banyak jerawat. Huh! Mimpi buruk! Untungnya, kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan tea tree oil. Kandungan senyawa yang ada di dalam tea tree oil sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang umumnya ada di dalam obat pereda jerawat. Selain itu, tea tree oil juga mampu membunuh bakteri sehingga meminimalkan risiko infeksi pada jerawat kamu, loh!

Mengempiskan dan Meringankan Jerawat (sumber: freepik)

Baca juga: Manfaat Collagen Untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Selain itu, tea tree oil juga diyakini mampu mencegah dan menyamarkan luka bekas jerawat. Kamu bisa menggunakan tea tree oil untuk meredakan jerawat dengan cara mencampurkan satu tetes tea tree oil dengan 9 tetes air putih atau carrier oil terlebih dahulu lalu aduk secara merata. Gunakan cutton bud yang bersih untuk mengaplikasikannya pada jerawat kamu. Jika terdapat reaksi alergi, kamu bisa menghentikan pemakaian tea tree oil sebagai obat alami dan berkonsultasi ke dokter.

2. Meringankan kulit merah dan meradang

Manfaat selanjutnya dari tea tree oil adalah mengatasi peradangan, iritasi, dan pembengkakan pada kulit. Seringkali kulit wajah terasa sakit dan kemerahan saat jerawat meradang. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan penggunaan tea tree oil. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Legal Medicine yang mengungkapkan bahwa tea tree oil murni mampu mengurangi peradangan pada kulit yang sensitif terhadap nikel. Kamu bisa menggunakan tea tree oil untuk mengatasi peradangan pada kulit, khususnya kulit wajah.

Baca juga: 10 Rekomendasi Obat Jerawat Terbaik, Mudah Ditemukan di Pasaran!

3. Mengurangi produksi minyak yang berlebihan

Tahukah kamu kalah salah satu manfaat tea tree oil adalah untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah yang berminyak?

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih (sumber: freepik.com)

Kandungan antiseptik yang ada di dalam tea tree oil diyakini dapat mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada wajah. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Dermatology Research and Therapy yang mendapati bahwa partisipan yang menggunakan sunscreen dengan kandungan tea tree oil di dalamnya selama 30 hari berturut-turut mengalami perbaikan kondisi kulit yang menjadi tidak terlalu berminyak.

Baca juga: 8 Khasiat Ampuh Argan Oil Untuk Rambut dan Cara Pakainya!

4. Menenangkan pori-pori penyebab jerawat

Kandungan antibakteri yang ada di dalam tea tree oil mampu membersihkan pori-pori dari kotoran yang menyumbat. Lebih lanjut, tea tree oil juga akan membantu menenangkan pori-pori kulit kamu sehingga dapat menurunkan risiko munculnya jerawat.

5. Menghilangkan komedo & noda hitam bekas jerawat

Seringkali kita merasa kesal lantaran tumpukan komedo serta bekas jerawat yang sulit hilang. Dengan tea tree oil, kamu bisa mengatasi permasalahan kulit tersebut khususnya yang berada di area hidung. Kamu bisa menggunakan tea tree oil secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

Itulah dia beberapa manfaat yang akan diperoleh dengan tea tree oil bagi wajah. Meski begitu, kamu tetap harus berhati-hati lantaran bisa saja muncul reaksi alergi dari penggunaan tea tree oil di kulit kamu. Oleh karenanya, kamu harus rajin menjaga kebersihan kulit kamu. Di samping menjaga kesehatan wajah, kamu juga bisa belajar merias wajah untuk mempercantik diri dengan mengikuti kursus berikut ini.

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *