Tanggal:19 May 2024

Gaya Hidup Tidak Sehat

Banyak orang secara tidak sadar menerapkan kebiasaan yang termasuk dalam gaya hidup tidak sehat. Kebiasaan ini tidak kita sadari memberikan efek secara tidak langsung untuk kesehatan tubuh. Secara umum gaya hidup merupakan cara yang digunakan oleh individu atau kelompok yang mengacu pada karakteristik dan perilaku sehari-hari. Di mana cakupannya dapat termasuk dalam pekerjaan, aktivitas, kesenangan, dan pola makan. Gaya hidup tidak sehat didefinisikan sebagai pola atau kebiasaan individu melakukan kegiatan yang merugikan kesehatan. Misalnya seperti melewatkan sarapan, makan terlalu banyak atau cepat, minum terlalu sedikit, tidak berolahraga, merokok, hingga terlalu lama menonton televisi. Berkebalikan dengan gaya hidup sehat yang bertujuan untuk menciptakan kondisi sehat dalam jangka panjang.

Budaya hidup tidak sehat berupa kebiasaan-kebiasaan seseorang dalam beraktivitas yang justru banyak merugikan Kesehatan. Menjadi gaya hidup karena kebiasaan-kebiasaan tersebut dilakukan dengan cara berulang-ulang, tanpa kita sadari. Menurut beberapa penelitian, gaya hidup ini sangat memberikan pengaruh yang signifikan pada kesehatan fisik dan mental. Sehingga jika gaya hidup sehat dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit, maka kebiasaan hidup tidak sehat akan menyebabkan berbagai penyakit. Bahkan, beberapa kebiasaan ini bisa mendekatkan pada kematian. Menurut World Health Organization (WHO), 60 persen faktor yang berhubungan dengan kesehatan individu dan kualitas hidup berhubungan dengan gaya hidup. Jutaan orang di dunia yang menerapkan gaya hidup tidak sehat diketahui berisiko atau sudah merasakan dampak negatifnya bagi kesehatan.

Gaya hidup tidak sehat rentan membuat seseorang lebih berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Misalnya seperti penyakit metabolisme, masalah sendi dan tulang, penyakit kardiovaskular, hipertensi, kelebihan berat badan, kekerasan dan sebagainya. Inilah alasan mengapa hubungan gaya hidup dan kesehatan harus sangat diperhatikan. Adapun penyebab gaya hidup tidak sehat yang harus dihindari yaitu :

1) Tidak Pernah Berolahraga

Gaya hidup tidak sehat yang umum adalah jarang atau tidak pernah berolahraga. Padahal, olahraga telah terbukti tak hanya menghilangkan stres, tetapi juga membantu menurunkan risiko berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit jantung, karena olahraga dapat menurunkan tekanan darah, memperkuat otot jantung. Selain itu, olahraga juga bermanfaat dalam mempertahankan berat badan yang ideal. Menariknya lagi, olahraga juga diketahui dapat melepaskan bahan kimia peningkat suasana hati yang disebut endorfin. Karena itu, penting untuk berolahraga secara rutin, khususnya bagi kamu yang kurang atau tidak pernah berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga berat, kamu hanya perlu melakukan gerakan olahraga ringan, seperti berjalan santai, secara rutin.

2) Kurang mengonsumsi makanan banyak gizi

Orang orang yang sedang mengalami stres cenderung mengonsumsi junk food atau makanan siap saji secara berlebih. Padahal, makanan siap saji seperti burger, pizza, atau ayam goreng tinggi akan sodium dan lemak. Di mana keduanya sama-sama dapat memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan. Sebagai contoh, terlalu banyak sodium pada tubuh dapat memicu tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung. Sementara itu, kadar lemak yang berlebihan pada tubuh dapat memicu terjadinya obesitas, yang dapat berujung pada penyakit kronis seperti diabetes. Maka dari itu, gantilah makanan siap saji dengan makanan yang lebih sehat, dengan gizi yang seimbang. Pastikan juga untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

3) Kurang Tidur

Kurang tidur juga menjadi bagian dari gaya hidup tidak sehat yang perlu dihindari. Sebab, tidur terlalu sedikit dapat membuat jantung bekerja terlalu keras dan dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih stres. Berdasarkan kebiasaan ini, penting bagi orang dewasa untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya. Agar bisa menjalani kebiasaan tidur yang lebih sehat, kamu bisa melewatkan kopi di sore hari, membatasi tidur siang, atau mematikan ponsel saat akan tidur. Di samping itu, batasi menonton TV atau layar elektronik lainnya satu hingga dua jam sebelum tidur. Itulah penjelasan mengenai gaya hidup tidak sehat, sekaligus beberapa jenisnya yang perlu dihindari. Penting diingat bahwa menerapkan pola hidup sehat merupakan hal yang perlu senantiasa dilakukan. Sebab, pola hidup sehat dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, sekaligus mengurangi risiko berbagai penyakit.

Kurangnya minum air putih merupakan cairan paling sederhana yang menyimpan banyak sekali manfaat. Sebab, hampir 60-70% tubuh manusia ini terbentuk dari cairan. Selain itu, kebanyakan metabolisme dalam tubuh juga didukung oleh air putih ini. Sehingga kekurangan air putih ini akan berakibat buruk pada kesehatan.

Membiasakan kegiatan yang tidak sehat pastinya akan mendatangkan berbagai macam masalah dalam kesehatan tubuh, baik fisik atau mental. Bahkan, beberapa kebiasaan di atas dapat menyebabkan penyakit yang merugikan dan mematikan. Terdapat beberapa tanda dalam jangka pendek yang memperlihatkan bahwa kita menjalani kebiasaan hidup tidak sehat. Gejala-gejala ini berupa sulit tidur, berubahnya berat badan secara drastis, mengorok saat tidur, sering merasa lemas, dan jarang buang air besar (BAB).

Penulis Asli: Raysa Alevia Permana [Kelompok D – Studi Independen Vocasia]

Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *