Tanggal:05 May 2024

Helper Gudang: Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawab Beserta Gajinya

Sobat Vocasia pastinya pernah melihat karyawan yang bekerja di gudang. Karyawan-karyawan yang bekerja di gudang disebut juga helper gudang. Sesuai dengan namanya yang diambil dari bahasa Inggris, helper gudang ialah orang yang membantu bekerja di gudang.

Kebanyakan orang memandang rendah pekerjaan ini, namun ternyata helper gudang memiliki tanggung jawab dan peran yang penting, lho! Sobat Vocasia ingin tahu apa pengertian, tugas, dan tanggung jawab serta gaji dari helper gudang? Mari simak rangkuman Vocasia, di bawah ini.

Pengertian Helper Gudang

Helper merupakan sebuah pekerjaan yang sifatnya membantu mempersiapkan keperluan yang berhubungan dengan alat-alat. Helper gudang merupakan seseorang yang bekerja untuk menyiapkan keperluan di gudang sebuah perusahaan, seperti memastikan kondisi alat berat, mengangkat dan meletakkan barang, mencocokkan stock dengan pencatatan dan lainnya.

Mereka akan memenuhi kebutuhan gudang dan bisa jadi membersihkan gudang bahkan sampai melakukan perawatan pada produk yang ada di gudang. Helper gudang biasanya mengandalkan kekuatan fisik karena harus bekerja dengan otot, selebihnya diperlukan kemampuan kejelian yang tinggi. Pekerja yang cekatan dan ulet tentu akan menghasilkan area gudang yang tertata dengan rapi.

Tugas dan Tanggung Jawab Helper Gudang

Helper gudang bertugas membantu menyiapkan berbagai kebutuhan gudang. Akan tetapi, apa saja tugas helper gudang sebenarnya?

1. Bongkar Muat Barang ke Gudang

Tugas helper gudang yang pertama adalah mengurus bongkar muat barang ke gudang, mulai dari hasil produksi pabrik ke gudang, hingga barang tersebut dikirim dan sampai ke tangan konsumen. Dalam proses ini, seorang helper gudang akan memindahkan barang tersebut sambil menyesuaikan jumlah barang dengan catatan invoice.

2. Mencatat Stok Barang yang Masuk dan Keluar Gudang

Memastikan jumlah stok menjadi salah satu penentu profitabilitas perusahaan. Dalam proses ini, tugas helper gudang adalah memastikan dan mencatat stok barang yang masuk dan keluar gudang. Tugas ini cukup krusial dan membutuhkan ketelitian serta kecermatan. Sebab, kesalahan kecil yang terjadi dapat mengurangi tingkat kepuasan konsumen. Biasanya, perusahaan menggunakan sistem untuk melakukan pencatatan barang keluar dan masuk. Dengan sistem tersebut, helper gudang dapat mengkondisikan arus keluar masuk barang. Dengan demikian, seorang helper gudang dapat mengetahui waktu yang tepat untuk membeli bahan baku atau memproduksi barang. Selain itu, helper gudang juga dapat memberikan informasi untuk menahan laju keluar barang jika stok menipis.

3. Melakukan Stock Opname

Stock opname adalah aktivitas perhitungan ulang seluruh barang di gudang. Langkah ini dilakukan untuk memastikan stok barang di gudang sudah sesuai dengan pembukuan administrasi yang sudah dilaporkan helper gudang sebelumnya. Dalam proses ini, tugas helper gudang memakan waktu yang tidak sedikit.

4. Mengelompokkan Barang

Tugas helper gudang yang keempat adalah mengelompokkan barang di setiap rak yang ada. Nantinya, setiap rak akan diberikan kode tertentu agar jenis barang yang keluar dan masuk dapat dikelompokkan dengan jelas. Selain itu, seorang helper gudang juga harus memisahkan barang yang rusak dan bisa disimpan.

Apabila ada barang yang rusak, helper gudang akan melaporkannya agar barang tersebut dikembalikan ke pabrik. Dalam proses ini helper gudang berperan penting untuk mengantisipasi komplain sebelum barang masuk ke toko.

5. Mengurus Faktur Barang Produksi

Faktur barang produksi berisi daftar barang dan jumlah biayanya. Dalam proses ini, helper gudang bertugas menandatangani struk untuk dilaporkan ke divisi keuangan. Selain itu, helper gudang juga mengumpulkan faktur sebagai bahan pembuatan laporan harian.

6. Packing Barang yang Akan Dikirim

Helper gudang bertugas untuk melakukan pengemasan atau packing barang yang akan dikirimkan ke konsumen. Ya, tidak hanya tugas di poin nomor satu sampai lima, packing barang yang akan dikirim juga menjadi salah satu tugas helper gudang.

7. Menjaga Kebersihan

Terakhir, helper gudang juga dituntut untuk selalu menjaga kebersihan gudang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi barang menjadi kotor atau rusak. Selain itu, helper gudang juga bertugas untuk mengantarkan barang (bersama supir) ke tangan konsumen. Akan tetapi, tidak dilakukan setiap hari, tugas pengantaran barang hanya dilakukan di waktu tertentu saja.

Gaji Helper Gudang

Dikutip dari Indeed, hingga tanggal 18 Oktober 2021 lalu, nominal gaji pokok seorang helper gudang adalah Rp3.390.000 per bulan. Sementara itu, dikutip dari LinovHR, nominal gaji pokok helper gudang berada pada kisaran Rp3.000.000 hingga Rp4.500.000. Akan tetapi, untuk kota besar dengan UMR yang tinggi, seorang helper gudang mungkin saja memiliki kesempatan mendapatkan gaji yang lebih besar.

Selain mempertimbangkan UMR, gaji seorang helper gudang juga ditentukan berdasarkan uang makan per hari dan juga uang transportasi. Dengan demikian, besar gaji seorang helper gudang tidak bisa dipukul rata.

Baca juga: Sales Force, Divisi Penopang Perkembangan Bisnis Perusahaan

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *