Tanggal:10 May 2024

Host Live Streaming: Tugas, Skill, Gaji dan Tipsnya

Sekarang ini sedang banyak pelaku bisnis yang melakukan live streaming di media sosial untuk mempromosikan produk yang mereka jual.

Salah satu platform media sosial yang sedang marak digunakan oleh para pelaku usaha untuk melakukan live streaming adalah Tiktok. Sebab, Tiktok menjadi salah satu platform yang sedang naik daun dan banyak digunakan kaula muda. 

Setelah itu banyak e-commerce lain yang juga ikut menyediakan fitur live streaming. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha yang berlomba lomba untuk menarik konsumen agar membeli produk mereka melalui live streaming.

Lahirnya fitur penjualan melalui live streaming, juga membuka lapangan pekerjaan baru yaitu host live streaming. Tanpa adanya host dalam live streaming pastinya tidak akan maksimal dalam melakukannya.

Sampai ada salah satu platform yang memberikan peraturan bahwa pada saat live streaming, host harus selalu in frame. Jika, host keseringan out frame akun tersebut bisa dikenakan pelanggaran bisa juga sampai terbanned.

Apa Itu Host Live Streaming?

Host live streaming merupakan salah satu pekerjaan yang baru yang muncul setelah adanya fitur live streaming yang digunakan untuk menjual produk. Host memiliki peran yang cukup penting dalam melakukan live streaming. 

Host live streaming memiliki tanggung jawab untuk melakukan dan memandu aktivitas live streaming.

Tugas utama host livestream adalah memastikan acara berjalan dengan lancar, berinteraksi dengan penonton, menyampaikan informasi dan menjaga suasana yang menyenangkan bagi semua penonton. 

Sebagai host live streaming harus mampu mempertahankan minat penonton, merangsang diskusi, menjawab pertanyaan, dan mengelola situasi jika terjadi masalah teknis atau keadaan darurat lainnya.

Tugas Host Live Streaming

  • Menyampaikan informasi saat live, host live streaming bertugas untuk memberikan informasi tentang acara, topik yang dibahas, produk yang dijual, atau hal-hal lainnya yang relevan dengan siaran langsung. Mereka memastikan bahwa penonton tahu live ini sedang membahas apa.
  • Menjawab pertanyaan dan komentar, host harus siap untuk menjawab pertanyaan dari penonton, memberikan klarifikasi, atau merespons komentar yang diberikan melalui platform live streaming.
  • Mengelola situasi darurat atau masalah teknis, terkadang dalam live masalah teknis dapat terjadi. Host harus dapat mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan efektif agar siaran tetap berjalan lancar.

Skill Yang Dimiliki Host Live Streaming

Berikut adalah beberapa skill singkat yang harus dimiliki host live streaming,

  • Keterampilan Komunikasi yang baik.
  • Kemampuan dalam mempromosikan produk.
  • Kreativitas dan kemampuan improvisasi.
  • Keterampilan interaksi dengan penonton.
  • Manajemen waktu yang efisien.
  • Fleksibilitas dan adaptabilitas dalam menghadapi situasi yang tak terduga.

Gaji Seorang Host Live Streaming

Gaji seorang host live streaming dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada beberapa faktor, termasuk popularitas, tingkat pengalaman, negara atau wilayah geografis, dan tipe acara yang mereka tangani.

Dirangkum dari berbagai sumber, gaji yang diumumkan bervariasi, ada perusahaan yang membayar 3-8 juta rupiah per bulan. Namun, ada juga yang membayar Rp 5-6 juta untuk layanan streaming tersebut.

Nah, itulah beberapa info yang wajib kalian ketahui sebelum menjadi seorang host live streaming. Pastikan kalian sudah mempersiapkan skill dan memahami apa saja tugas dari seorang host live streaming. Semoga artikel ini membantu Sobat untuk memahami apa itu host live streaming.

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *