Tanggal:22 April 2024

10+ Ide Konten Instagram yang Menarik untuk Tingkatkan Engagement

Salah satu konten yang sangat banyak diminati oleh kalangan muda saat ini adalah konten Instagram. Kalian bisa berbagi hal-hal seru lewat Instagram yang bisa dibagikan ke teman-teman, keluarga, dan lain-lainnya. 

Marketing di Instagram. Sumber: InMarketing.com

Kalian sedang kebingungan, kehabisan ide, atau tidak sedang ingin membuat konten apapun di Instagram yang menarik audiens. Terutama bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis, pasti membutuhkan ide-ide yang menarik supaya mendapatkan feedback dari audiens di media sosial. Konten tersebut bisa kamu jadikan bahan untuk mengembangkan sebuah kreativitas. Tidak perlu bingung, satu hal yang perlu kamu siapkan adalah ide supaya konten Instagrammu menarik perhatian audiens.

Apalagi Instagram saat ini menjadi media yang efektif untuk melakukan pemasaran produk (marketing). Instagram memiliki berbagai fitur menarik dan lengkap untuk kamu dalam membuat konten promosi. Kamu juga bisa mengunggah foto atau gambar detail untuk mempromosikan bisnismu, mengunggah video/reel, tulisan, dan saling berkomentar dalam sebuah konten. Jika kamu ingin membagikan sebuah konten yang menarik, tentu tidak hanya memposting saja, tetapi harus juga membuat rancangan yang matang untuk mendapatkan hasil yang baik; jika kamu dapat meningkatkan komunikasi yang baik terhadap audiens, maka peluang untuk terjadinya transaksi juga semakin banyak.

Sobat Vocasia! Kira-kira apa saja sih ide konten yang menarik untuk meningkatkan engagement? Yuk, ikuti 10+ Ide Konten Instagram yang Menarik untuk Tingkatkan Engagement berikut ini:

1. Foto Produk Atau Jasa Yang Menarik

Langkah ini bisa Anda lakukan dengan membagikan (share) gambar produk atau jasa yang menarik dengan keterangan yang jelas dan menarik. Pastikan gambar yang akan dibagikan memiliki pencahayaan yang bagus biar tampil menarik, terlihat lebih natural, dan terlihat asli.

2. Memberikan Tutorial Konten Pendidikan

Anda bisa membuat sebuah tutorial singkat terkait tips, trik, atau informasi terbaru mengenai industri atau bidang yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Langkah lain seperti membuat contoh ide-ide konten Instagram dilakukan dengan mengunggah tips atau tutorial singkat di Instagram Story atau Feed. Untuk melakukan hal tersebut, tentu harus berkaitan dengan usaha atau bisnis yang sedang Anda jalankan. Misalnya bisnis di bidang kecantikan, fashion, makanan, minuman, dan lain-lain. Anda bisa membagikan keseruan itu melalui tutorial singkat produk yang sedang Anda promosikan.

Mengingat ide konten dan bisnis yang saling berhubungan akan memberikan dampak baik bagi usaha dan bisa meningkatkan omzet penjualan. 

3. Konten di Balik Layar

Bagikan foto atau video tentang apa yang terjadi di balik layar bisnis Anda. Hal ini dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang bisnis Anda. Membuat konten seperti behind the scene atau biasa disebut aktivitas di balik layar bisa menarik perhatian audiens karena memberikan kesan totalitas.

Membagikan konsep dari kinerja para pegawai, seperti proses pembuatan produk, pengemasan produk, pengiriman produk, membuat live Instagram oleh bagian sales, dan juga mengadakan office tour yang menampilkan keadaan di kantor kamu. Pastikan video yang dibuat memiliki durasi yang tidak terlalu lama agar audiens tidak mudah bosan. 

4. Konten Tanya Jawab dan Giveaway

Membuat sesi tanya jawab dengan pengikut Anda untuk menjawab pertanyaan terkait bisnis atau topik lain yang menarik bisa meningkatkan engagement akun media sosialmu. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan pengikut dan membangun koneksi dengan mereka. 

Hal kedua adalah mengadakan konten giveaway. Ini hal yang paling seru dari sebuah konten karena banyak  audiens yang ingin mengikuti acara giveaway untuk memenangkan pilihan hadiah menarik. Cara mengikuti konten giveaway ini dengan mengikuti aturan/syarat dan ketentuan yang berlaku. Biasanya konten giveaway diadakan untuk mereka yang belum mengikuti akun Instagrammu. Kegiatan ini dilakukan agar mengikuti, mengajak para followers Anda untuk like, berkomentar, dan share ke teman-teman lainnya untuk mensupport akunmu.

Tujuan diadakannya konten giveaway adalah untuk meningkatkan hubungan interaksi dengan pengikutmu. Dengan demikian, Anda bisa berinteraksi dua arah dan mendapatkan feedback agar produk yang Anda promosikan dapat berkembang dengan baik.

5. Konten Seri

Buatlah seri konten yang menarik dan terus di-update, seperti “Tips dan Trik” atau “Cerita Sukses”. Hal ini dapat membuat pengikut Anda tetap tertarik dan terlibat dengan konten Anda.

6. Konten Testimoni

Bagikan testimoni dari pelanggan yang puas dengan produk atau jasa Anda. Testimoni dapat membantu Anda dalam membangun kepercayaan dan meningkatkan keterlibatan pengikut. Bagikan testimoni konsumen pada sorotan Anda agar audiens bisa melihat beragam testimoni dari pelanggan.

7. Konten Acara

Bagikan foto dan video dari acara yang Anda hadiri atau adakan. Hal ini dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang bisnis Anda dan membuat pengikut merasa lebih dekat dengan Anda.

8. Konten Kolaborasi

Buatlah konten bersama dengan influencer atau partner bisnis Anda. Hal ini dapat membantu Anda menjangkau audiens baru dan meningkatkan keterlibatan pengikut.

9. Menyediakan Endorsement 

Hal ini dibuat untuk menambahkan jumlah followers Anda, menambah omzet penjualan, menambah pelanggan terutama pembeli yang belum membeli produk yang Anda jual. Biasanya endorsement ini melakukan hubungan kerja sama antara merek atau toko dengan para selebgram sampai kalangan artis. Tentunya melakukan endorsement ini tidak gratis dan ada feedback-nya.

10. Konten Hari Besar

Bagikan konten yang berkaitan dengan hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, dan sebagainya. Hal ini dapat membuat pengikut Anda merasa lebih dekat dengan Anda dan bisnis Anda. Saat perayaan hari besar Anda juga bisa mengadakan diskon besar-besaran agar audiens tertarik untuk membeli produk anda dengan harga penawaran spesial yang tersedia. 

11. Konten Infografis

Bagikan infografis yang menarik tentang konten yang berkaitan dengan bisnis Anda.

12. Konten Inspiratif

Bagikan kata-kata bijak atau motivasi yang dapat menginspirasi dan memotivasi pengikut Anda. Itu bisa dimulai dari sesuatu yang menginspirasi sebuah produk atau terinspirasi dari hal baru lainnya.

Nah, itu adalah 12 ide konten Instagram yang menarik untuk meningkatkan engagement pengikutmu. Bagaimana? sangat menarik bukan? Selamat mencoba menggunakan ide-ide seru di atas. Sobat Vocasia juga bisa mengikuti Kursus di Vocasia; pembahasan yang menarik tentang Strategi Rahasia untuk Tingkatkan Engagement Social Mediamu. Anda akan belajar cara membuat konten media sosial yang efektif & menarik, mulai dari perencanaan konten, meneliti ide, membuat judul, dan mempelajari cara menganalisisnya.

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *