Tanggal:29 February 2024
importir adalah

Apa Itu Importir? Pengertian, Jenis, Syarat, dan Contohnya

Apakah kalian pernah merasa bingung mengapa barang-barang dari luar negeri bisa masuk ke Indonesia dengan mudah? Atau mungkin kalian penasaran bagaimana caranya menjadi importir? Jika kalian belum mengerti cara kerja importir, pasti merasa ada yang kurang dari pengalaman belanjanya. Mungkin ada barang yang ingin kalian beli di luar negeri, tetapi kalian tidak tahu tentang importir sehingga tidak dapat menerimanya. Nah tenang saja, kami punya solusinya! Di artikel ini, Minvo akan kupas tuntas tentang importir. Mulai dari apa itu importir, jenis-jenis importir, syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi importir, dan kita juga akan membahas contoh-contoh importir.

Jadi, kalau kalian ingin tahu tentang importir yuk simak artikel ini!

Apa Itu Importir

Importir adalah individu atau organisasi yang memainkan peran penting dalam perdagangan internasional. Biasanya para importir bertanggung jawab untuk membawa barang dari negara lain ke negara asalnya untuk dijual atau didistribusikan.

Menurut KBBI importir adalah individu atau perusahaan yang memasukkan barang dari negara lain. Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan importir adalah orang atau badan yang tugasnya melakukan kegiatan impor dari negara lain.

Jenis-Jenis Importir

1. Importir Perorangan

Apa itu importir perorangan? Importir perorangan ini buat orang-orang yang menyukai belanja barang dari luar negeri lewat situs-situs belanja online global. Nah, bukan cuma buat pribadi saja, mereka juga bisa beli barang buat dijual lagi di negara kita. Jadi, bayangin aja mereka bisa jadi penyelamat kalau ada barang-barang yang bagus di luar negeri yang ga ada disini!

2. Importir umum

Importir umum ini merupakan perusahaan yang spesialisasinya mengurus impor barang dari luar negeri. Biasanya yang masuk kategori importir umum itu adalah perusahaan dagang, seperti wisma dagang. Jadi, mereka ini pahlawan buat kita karena bisa membawa barang-barang asik dan keren dari luar negeri. Mulai dari yang sudah siap dipakai sampai bahan baku untuk membuat barang lain yang keren.

3. Importir Terbatas

Importir terbatas atau yang biasa disebut IT merupakan perusahaan atau badan hukum yang sudah dapet izin dari yang berwenang untuk mengimpor barang-barang tertentu saja. Dan yang perlu kalian tahu kalau ternyata ada barang yang cuma boleh diboyong sama si IT loh. Jadi, mereka benar-benar spesialis buat mentraktir kita sama barang-barang yang spesial juga.

4. Import Merchant

Selanjutnya adalah import merchant. Jadi, import merchant ini seperti suatu bisnis/usaha yang mempunyai kartu ID khusus yang disebut dengan Tanda Pengenal Pengakuan Impor (TAPPI), yang artinya mereka sudah mendapat izin dari pemerintah untuk mengimpor barang dari negara tertentu. Nah, biasanya si import merchant ini akan mencari barang-barang spesial yang boleh diimpor saja. Kemudian yang perlu kalian ketahui adalah seorang import merchant tidak boleh mengimpor barang lain selain yang sudah diizinkan.

5. Sole Agent Importer

Selanjutnya ada sole agent importer. Jadi, tipe ini berbeda dari empat tipe lainnya yaitu bukan warga lokal, tetapi dari luar negeri. Jadi, ada perusahaan asing yang ingin menjual langsung di negara kita, tetapi tidak sendiri. Mereka akan mencari teman lokal untuk membantu mereka dalam memasarkan produknya disini. Nah, teman lokal ini akan jadi juru dagang eksklusif yang membawa produk-produk keren dari negara mereka ke negara kita.

6. Approved Traders

Yang terakhir, yaitu approved traders. Jadi, approved traders ini merupakan importir yang mendapatkan keistimewaan ditunjuk oleh pemerintah untuk impor beberapa jenis komoditas. Umumnya, jenis barang yang diimpor oleh pihak approved traders adalah barang yang memiliki nilai atau tujuan tertentu.

tutorial membuat ruang tamu 3D

Syarat-Syarat Menjadi Importir

Berikut syarat-syarat untuk kalian yang ingin menjadi importir, yaitu:

  1. Pastikan kalau kamu sudah punya perusahaan resmi yang dilengkapi dengan dokumen penting seperti akte perusahaan, NPWP, SIUP, surat keterangan domisili perusahaan, tanda daftar perusahaan, dan semua dokumen dasar yang diperlukan.
  2. Dapatkan juga dokumen API beserta nomor registrasi dari Departemen Perdagangan/Kementerian Perdagangan. Jadi, kamu punya identitas resmi sebagai importir yang diakui.
  3. Jangan lupa juga punya NIK (Nomor Induk Kepabeanan) serta nomor registrasi dari Bea Cukai setelah proses registrasi.
  4. Persiapkan dokumen API untuk urusan impor secara umum.
  5. Khusus untuk kamu yang mau jadi importir produsen yang punya pabrik, siapkan juga dokumen API yang sesuai. Ini penting untuk perjalananmu jadi importir sukses.

Contoh

Contoh Approved Traders

Kasus: PT XYZ dan Import gula dari luar negeri

Pada tanggal 17 Agustus 2012, PT XYZ telah ditunjuk oleh pemerintah untuk mengimpor sebesar 50.000 ton dari negara brazil.

Contoh Importir Perorangan

Kasus : Dono dalam bisnis impor

Dono seorang pria berusia 25 tahun dengan semangat berwirausaha, memiliki minat dalam produk-produk fashion unik dari Korea Selatan. Dia memutuskan untuk menjalankan bisnis produk-produk fashion dari Korea dengan cara memesan lewat marketplace global yang menjual produk fashion dari Korea.

tutorial membuat ruang tamu 3D

Sobat vocasia sering merasa frustasi ketika mencoba membuat desain interior ruang tamu 3D? Bayangkan jika kalian menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk membuat desain interior ruang tamu 3D tetapi hasilnya masih jauh dari yg anda harapkan. Tidak perlu lagi merasa putus asa, karena Minvo telah menyiapkan solusi yang tepat untuk sobat vocasia menciptakan ruang tamu 3D yang realistis dan memukau!

Yuk join kursus  *Kreasi Desain Interior dengan Blender: Tutorial Membuat Ruang Tamu 3D yang Realistis* bersama instruktur Abrar Sang Ajatasatru agar kalian dapat menciptakan desain interior ruang tamu 3D yang memukau.

Penulis : Achmad Refikasa – Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *