Tanggal:30 May 2024

Cara Jaga Kesehatan Tubuh Saat Puasa

Penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh saat bulan suci Ramadhan. Pola makan yang tiba-tiba berubah tentu bisa berdampak pada tubuh kita. Sehingga perlu sekali untuk lebih memperhatikan asupan gizi serta kegiatan yang dilakukan saat bulan suci Ramadhan. Cara jaga kesehatan tubuh saat puasa bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana. Tak memerlukan usaha yang berlebihan ataupun materi yang lebih. Berikut beberapa cara jaga kesehatan tubuh saat puasa agar tetap sehat dan kuat beraktivitas.

1) Tidak begadang

Tidak begadang merupakan salah satu kegiatan yang perlu dilakukan saat bulan Ramadhan. Meskipun dalam hari-hari biasa, tidak dalam suasana bulan Ramadhan begadang juga merupakan aktivitas yang tidak baik. Selain karena akan mengganggu pola tidur seseorang. Begadang juga mengakibatkan seseorang susah bangun di pagi hari. Kemudian bisa menghambat aktivitas di hari tersebut. Seseorang bisa tidak bersemangat dan mengalami rasa kantuk yang berlebihan saat melakukan begadang di malam harinya. Apalagi saat bulan Ramadhan. Saat bulan Ramadhan ada aktivitas sahur Yang membuat seseorang harus bangun pagi sekali untuk menyantap menu sahur. Tentu aktivitas ini memakan waktu yang lebih banyak daripada sekedar beribadah di malam hari. Sehingga bila Pada malam harinya seseorang melakukan begadang. Dikhawatirkan pada saat sahur akan terlambat bangun. Sehingga bisa tergesa-gesa saat makan karena mendekati imsak. Ataupun juga saat setelah selesai makan sahur seseorang akan menjadi mudah mengantuk. Dikarenakan tidak mendapatkan tidur yang cukup. Penting sekali untuk tidak begadang dalam rangka menjaga kesehatan tubuh saat bulan Ramadhan.

2) Makan yang bergizi

Selain tidak begadang makan sahur yang bergizi juga penting untuk dilakukan. Makan sahur sebaiknya dipilih makanan yang mengandung banyak serat. Hal tersebut baik dilakukan agar bisa menjaga pencernaan di saat bulan Ramadhan. Selain makan makanan yang banyak serat sebaiknya untuk menghindari minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Pasalnya kedua bahan tersebut merupakan bahan yang bersifat diuretik. Kopi dan teh memiliki kafein yang bisa menyebabkan seseorang buang air kecil secara berlebihan. Hal tersebut akan membuat seseorang kehilangan cairan dalam tubuhnya. Apalagi ketika seharian beraktivitas dalam keadaan puasa. Perlu sekali untuk menjaga makanan yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. Saat berbuka puasa pun dianjurkan untuk tidak memakan makanan yang terbuat dari gula. Memang dianjurkan untuk memakan makanan manis namun bukan yang berasal dari pemanis buatan. Hal ini tentu bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan. Gangguan dapat terjadi seperti begah karena memakan makanan manis saat berbuka puasa. Selain itu makanan manis saat berbuka puasa bisa menyebabkan kegemukan. Terlalu banyak makan saat berbuka puasa juga tidak dianjurkan. Dikarenakan akan menimbulkan begah pada perut. Ketika berbuka puasa hendaknya untuk memakan secara bertahap tidak langsung banyak. Hal ini untuk menghindari perut yang begah. jadi penting sekali untuk memakan makanan yang bergizi saat melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.

3) Olahraga 30 menit

Meskipun dalam keadaan berpuasa tetap dianjurkan untuk berolahraga meskipun tidak terlalu lama. Olahraga dilakukan agar badan tetap bugar dan segar. Sehingga mampu beraktivitas melakukan kegiatan yang dilakukan dalam seharian. Hal ini penting juga dilakukan selain tidak begadang dan memakan makanan yang berserat, dikarenakan dengan membiasakan tubuh untuk melakukan kegiatan berolahraga akan memberikan efek bugar dan tidak letih. Namun sebaiknya olahraga dilakukan selama 30 menit. Takutnya bila olahraga terlalu panjang durasinya akan membuat seseorang yang sedang puasa menjadi kecapean sehingga membatalkan puasanya. Tentu hal ini sangat dihindari apabila seseorang sedang melakukan puasa.

4) Berhenti merokok

Berhenti merokok dalam 12 jam dianjurkan saat melakukan puasa di bulan Ramadhan. Kenapa selama 12 jam? Hal itu dikarenakan puasa pada tahun ini adalah 12 jam. Badannya merokok berarti ikut menyehatkan paru-paru. Harapannya dengan berhenti merokok selama 12 jam akan bisa diteruskan sampai satu hari penuh. Kemudian akan menjadi sebuah kebiasaan untuk tidak merokok lagi. Dear Nathan bahaya merokok yang cukup signifikan apabila terus-menerus dikonsumsi. Seperti gangguan pernafasan dan gangguan reproduksi. Tentu anda tidak mau hal itu terjadi kepada diri anda. Sehingga baik sekali bila anda meneruskan kebiasaan untuk tidak merokok ini lebih dari 12 jam saat anda sedang berpuasa. Niat yang baik tentu akan diiringi dengan hasil yang terbaik.

Penting sekali untuk menjaga kesehatan saat bulan suci Ramadhan dikarenakan pola hidup yang teratur akan membuat tubuh menjadi segar dan bugar. Tubuh yang sehat akan mempermudah kegiatan sehari-hari dalam bulan Ramadhan. Diharapkan dengan menjaga kesehatan tubuh bulan Ramadhan akan berjalan normal seperti hari biasanya. Cara-cara yang telah disebutkan di atas merupakan cara yang akan membantu anda tetap fit saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Penulis Asli: Rose Diantika Rini – [Kelompok D – Studi Independen Vocasia]

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *