Tanggal:21 February 2024

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Indonesia mengalami masalah gangguan kejiwaan. Hal itu berarti ada satu dari lima penduduk di Indonesia yang mengalami gangguan kejiwaan. Masalahnya gangguan kejiwaan di Indonesia masih dianggap kurang serius bagi kebanyakan orang. Tentu hal ini menjadi prihatin yang harus dilakukan oleh pemerintah di Indonesia. Apalagi bila dilihat dari angkanya, Indonesia termasuk negara yang masyarakatnya banyak mengalami gangguan kejiwaan.

Perlu sekali pemerintah untuk memberikan kampanye serta perhatian lebih terhadap masalah gangguan kejiwaan, karena pada intinya kesehatan mental dan kesehatan tubuh itu sama pentingnya. Tentu masih ingat sebuah slogan yakni mensana in corpore sano yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan demikian, kesehatan mental dan juga kesehatan tubuh dianggap sama pentingnya tidak dominan salah satunya. Maka dari itu anda perlu menjaganya juga. Tiga jiwa dan tubuhnya sehat Anda bisa menjadi pribadi yang lebih produktif. Orang yang memiliki kesehatan mental yang baik akan mempengaruhi kesehatan fisiknya juga. sebagai contoh orang yang selalu optimis memiliki jantung yang lebih sehat. Selain memiliki jantung yang lebih sehat seorang yang optimis juga bisa menurunkan potensi berkembangnya suatu penyakit di dalam jantungnya. Tanpa anda sadar menjadi optimis aja bisa menghindarkan anda dari penyakit jantung. Meski tidak mutlak. Bagaimana cara anda memandang kehidupan Anda bahagia atau tidak Anda juga bisa dikaitkan dengan turunnya risiko penyakit kardiovaskular. Tentu faktor-faktor lain juga diperhitungkan. Meskipun seperti itu jiwa yang sehat tentu akan mempermudah faktor pencegahan terhadap penyakit-penyakit dalam seperti jantung dan lainnya.

Pentingnya kesehatan mental bagi manusia

Setiap tahapan usia seorang manusia kesehatan mental penting untuk dijaga. Tidak hanya ketika dewasa atau tidak hanya dikala remaja, tapi semua tahap usia dari manusia perlu diperhatikan kesehatan mentalnya. Dari mulai anak-anak remaja dewasa hingga lanjut usia semuanya penting untuk diperhatikan. Kesehatan mental perlu diperhatikan pada setiap tahap usia manusia dikarenakan hal itu akan mempengaruhi tingkat kesehatan dan kesejahteraan manusia selama hidupnya. Mental yang sehat akan berujung pada kesehatan tubuh yang baik juga. Selain itu mental yang baik akan memberikan pengelolaan emosi yang baik juga. Dalam hal membangun kesehatan mental yang baik terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunannya. Hal-hal tersebut adalah faktor biologis, masalah psikologis, background orang tua atau keluarga serta pengalaman yang dialami oleh manusia. Merupakan hal yang sangat normal ketika seseorang mengalami gangguan mental dalam fase kehidupan. Masalah kesehatan mental dalam kehidupan manusia merupakan hal yang lumrah terjadi. Namun perlu digarisbawahi agar anda segera mengobati dan mengkonsultasikan masalah kesehatan mental Anda pada orang yang tepat sebelum terlambat. Tentu semakin cepat ditangani akan semakin baik pula hasil yang akan diperoleh. Bila tidak segera ditangani akan berakibat pada penyakit mental yang lebih akut lagi. Sehingga perlu sekali untuk deteksi secara dini dan obati secara dini juga. Agar di masa depan gangguan mental anda tidak mengganggu aktivitas anda. Lebih-lebih pada kesehatan anda pribadi.

Maka penting sekali untuk bisa mengidentifikasi gejala dari gangguan kesehatan mental sejak awal. Bila anda mengalami beberapa perasaan yang tidak enak mungkin anda bisa dikategorikan sedang mengalami gangguan kesehatan mental. Beberapa hal yang menandai seseorang mengalami gangguan kesehatan mental adalah

1) Pola tidur maupun pola makan yang tiba-tiba berubah

Anda biasa tidur pukul 09.00 malam kemudian tiba-tiba ada tidur pukul 12.00 kemudian pukul 08.00 dan pukul 07.00. ketidakteraturan ini menjadi salah satu tanda bahwa anda mengalami gejala gangguan kesehatan mental. Selain itu jika anda yang biasanya makan lebih sedikit tiba-tiba makan lebih banyak ataupun Anda yang biasa makan lebih banyak bisa menjadi makan lebih sedikit. Hal tersebut juga penting untuk diwaspadai sebagai gejala awal dari gangguan kesehatan mental.

2) Kesulitan untuk menjaga fokus

Anda yang biasanya selalu menjadi juara kelas atau menjadi panutan saat presentasi di kantor tiba-tiba saja kesulitan untuk melakukan hal-hal tersebut. Seperti kesulitan untuk mengerjakan, kesulitan untuk memusatkan perhatian pada hal yang sedang dikerjakan. Bisa masuk dari tanda-tanda Anda mengalami gangguan kesehatan mental. Sehingga Anda harus memperhatikan hal tersebut dan mulai waspada.

3) Mengalami gangguan fisik

Gangguan fisik juga bisa masuk dalam tanda-tanda seseorang mengalami gangguan kesehatan mental. Gangguan fisik bisa pusing, sesak, pegal, mual dll. Apabila Anda ingin meredakan rasa sakit tersebut harus menggunakan obat. Kemudian ketika mengkonsumsi obat benar Anda bisa sembuh. Namun bila tidak dalam kondisi mengonsumsi obat gangguan fisik tersebut muncul kembali apalagi ketika anda dalam keadaan stress.

4) Self harm

Hal ini bisa saja terjadi pada orang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Maka dari itu penting sekali untuk menjaga kesehatan mental agar terhindar dari menyakiti diri sendiri.

5) Tidak ingin lagi bergaul maupun berinteraksi dengan orang lain

Tiba-tiba saja anda merasa perlu untuk menarik diri dari lingkungan sosial anda. Hal ini juga bisa termasuk dalam gejala gangguan kesehatan mental yang perlu anda perhatikan. Seyogyanya manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan sosialisasi. Akan menjadi suatu pertanyaan bila manusia dalam hidupnya tidak ingin bersosialisasi dengan orang lain sama sekali.

Tiga hal tersebut merupakan gejala awal yang bisa dideteksi sebagai tanda bahwa anda mengalami gangguan kesehatan mental. Namun baiknya anda jangan terlalu berasumsi terlebih dahulu. Konsultasikanlah keadaan kesehatan mental Anda pada orang yang tepat dan berlisensi.

Penulis Asli: Rose Diantika Rini – [Kelompok D – Studi Independen Vocasia]

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *