Tanggal:17 May 2024

Jenis-Jenis Persuasi beserta Contohnya

Jenis persuasif propaganda - @rawpixel.com

Penulis merupakan orang yang inging menyampaikan isi pikiran dan hatinya dalam bentuk tulisan.

Tak jarang, seorang penulis mengajak atau membujuk para pembacanya untuk mengikuti atau melakukan hal yang disampaikan oleh penulis melalui karya tulisnya.

Penulis menggunakan teks yang bersifat persuasif untuk membujuk dan mengajak pembacanya.

Teks persuasi itu sendiri artinya teks yang di dalamnya mengandung ajakan maupun bujukan.

Teks persuasi itu sendiri tidak hanya sekedar teks yang berisikan ajakan dan bujukan, melainkan pada teks persuasi terdapat ciri-ciri seperti data, fakta serta informasi, usaha meyakinkan pembaca, terdapat kata ajakan sampai teks pencegahan konflik.

Tujuan akhir dari penulis menarus teks persuasif tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mempengaruhi para pembacanya dan menjaga rasa percaya dari pembaca untuk si penulis.

Teks persuasi itu sendiri dibagi menjadi 4 jenis, di antaranya adalah:

1. Persuasi politik

Politikus merupakan salah satu profesi dimana akan sering melakukan yang namanya upaya mempengaruhi orang banyak, hal ini dikarenakan bisa mempengaruhi situasi politik dan kenegaraan.

Contoh:

Sebentar lagi akan diselenggarakn pemilihan Presiden Amerika Serikat. Pastikan kamu menggunakan hak suara kamu ya! Jangan biarkan oknum memanfaatkan hak suara kamu untuk hal yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, mari semua rakyat Amerika Serikat pastikan sudah memberikan suara untuk presiden yang lebih baik.

2. Persuasi pendidikan

Profesi guru. Sumber: pexels.com

Persuasi pendidikan. Sumber: pexels.com

Tentu saja dalam dunia pendidikan, teks atau kalimat persuasif akan sangat sering kamu jumpai

Contoh:

Pendidikan adalah hal yang penting dan dilestarikan kepada generasi selanjutnya. Suskesnya seseorang sangat ditentukan oleh kualitas pendidikannya. Maka dari itu, pemerintah segera bertindak dengan menerapkan sistem pendidikan gratis selama 9 tahun. Yuk tingkatkan kualitas anak bangsa demi Indonesia yang lebih maju!

3. Persuasi advertensi

Pasti kalian sudah sering dengar mengenai kalimat ajakan dari suatu perusahaan dalam menjual produknya. Kalimat atau teks ajakan tersebut merupakan jenis persuasi adevrtensi.

Contoh

Susu Kongji merupakan susu yang dihasilkan oleh sapi perah pilihan tanpa campuran kimia sedikit pun, tanpa terbuat dari bahan kimia sedikitpun. Susu ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan susu kongji mengandung protein tinggi dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu, pastikan kamu sudah minum Susu Kongji setiap pagi agar lebih produktif dalam beraktivitas.

4. Persuasi propaganda

Jenis persuasif propaganda - @rawpixel.com

Jenis persuasif propaganda – @rawpixel.com

Teks persuasi yang digunakan dalam mengkampanyekan atau mensosialisasikan sesuatu dengan maksud mengajak para pembaca menuruti pesan dari si penulis masuk ke dalam jenis teks persuasi propaganda.

Contoh:

Manusia merupakan mahkluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Maksud dari kalimat tersebut adalah setiap manusia saling memiliki rasa ketergantungan dan membutuhkan manusia lain dalam kehidupan kita. Maka dari itu, sebagai manusia sekaligus mahkluk sosial, kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan antar agama, ras, dan suku. Pada dasarnya kita adalah sama yakni anak bangsa, bangsa Indonesia. Mari kita bahu membahu dan hidup dalam kesinambungan agar tercipta Indonesia yang damai dan aman.

Demikian adalah 4 jenis teks persuasi beserta contohnya, semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *