Tanggal:20 May 2024

Job Fair: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Tips Mengikutinya

Untuk kalian yang masih belum mendapatkan pekerjaan, pastinya pernah terpikirkan oleh kalian “Kenapa sih, nyari kerja susah banget?”.

Nah, jika kalian pernah merasa seperti itu, kemungkinan kamu belum tahu apa itu job fair. Padahal job fair merupakan salah satu kesempatan yang dapat kalian ambil untuk mendapatkan pekerjaan.

Nah, kira-kira apa sih job fair itu sendiri? tujuan? manfaat? dan juga tips mengikuti job fair. Tentu saja artikel ini akan menjawab semua pertanyaanmu seputar job fair. Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Apa itu Job Fair?

Job fair atau yang biasa di career expo merupakan event yang menjadi wadah berkumpulnya bermacam perusahaan dengan berbagai latar belakang industri yang berbeda. Job fair ini merupakan salah satu event yang paling ditunggu-tunggu oleh para jobseeker. 

Job fair memberikan kesempatan kepada para jobseeker untuk memberikan CV yang terbaiknya kepada perusahaan yang dilamar. Kalian juga bisa mengikuti walk in interview secara langsung di event tersebut. 

Job fair sendiri biasanya diadakan di berbagai tempat, tergantung dengan event-nya akan dilaksanakan dimana. Untuk kalian yang mengkhawatirkan biaya, tenang saja biasanya job fair diadakan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Manfaat Mengikuti Job Fair

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dalam mengikuti job fair, manfaat yang paling utama pastinya memberikan peluang besar dalam mendapatkan pekerjaan. Tak hanya itu saja ada beberapa manfaat lain dari mengikuti acara tersebut.

1) Melamar Kerja Secara Langsung

Manfaat pertama yang kalian dapatkan ketika mengikuti job fair, kamu dapat melamar kerja secara langsung (on the spot). Dengan begitu, kalian akan lebih mudah tanpa harus mengirim CV, berkas-berkas dan juga surat lamaran melalui email atau kantor pos, lebih efisien bukan!

2) Konsultasi Karier Secara Gratis

Keuntungan selanjutnya kalian dapat melakukan konsultasi karier tanpa dipungut biaya sedikit pun. Biasanya di event seperti ini perusahaan akan membuka sesi konsultasi secara gratis kepada khalayak umum.

3) Memperluas Wawasan

Manfaat selanjutnya yang bisa kalian dapatkan adalah kesempatan berdiskusi secara langsung bersama para HRD dari berbagai perusahaan. Dengan begitu, kalian bisa lebih mengetahui info-info terbaru dan banyak ilmu mengenai dunia kerja dan career development.

4) Memperbanyak Relasi

Selain memperluas wawasan, dengan mengikuti job fair kita juga bisa memperbanyak relasi. Mulai dari para HRD dan juga teman-teman sesama jobseeker. Dengan begitu, kita bisa memperluas jejaring sosial dengan orang-orang yang sudah profesional di dunia kerja.

Tujuan Diadakannya Job Fair

Tujuan utama dari adanya job fair sendiri adalah untuk mewadahi dan memberikan fasilitas kepada para jobseeker dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan juga skill yang dimilikinya.

Bagi perusahaan sendiri, job fair sendiri bisa membantu mereka untuk mendapatkan talent pool atau sumber daya manusia yang akan menjadi calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tips Jitu Mengikuti Job Fair

Untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal dalam mengikuti job fair pastinya ada beberapa tips agar kalian bisa mempersiapkan diri kalian sebelum mengunjungi event tersebut.

1) Pilihlah Dresscode yang Tepat

Tidak mungkin kan, ketika kita ingin melamar pekerjaan menggunakan pakaian yang santai? Pastinya kalian akan dianggap tidak niat dalam melamar pekerjaan.

Oleh karena itu, pakaian menjadi hal yang krusial. Pastikan kalian menggunakan pakaian yang formal dan pastinya yang sopan ya, Sobat.

2) Mempersiapkan Diri Kalian

Dalam melamar pekerjaan pastinya kalian akan mempersiapkan segala hal mulai dari CV, berkas-berkas penting, dan juga mental kalian untuk menghadapi sesi wawancara.

Begitu juga pada saat mengikuti job fair karena tidak akan menutup kemungkinan bahwa kamu akan melakukan walk-in interview. 

Selain itu, kalian juga harus mempersiapkan CV dan resume yang paling terbaik. Karena sayang sekali kalau kalian datang tetapi tidak membawa CV dan juga data diri yang diperlukan oleh perusahaan.

3) Tunjukan Semangat dan Interest Kalian

Orang yang memiliki semangat yang menggelora dan ketertarikan/interest yang tinggi, pastinya akan mampu membuat orang lain memberikan perhatian lebih terhadap kalian.

Sebab para HRD pasti akan memilih kandidat-kandidat yang memberikan passion lebih terhadap pekerjaannya. Oleh sebab itu, kalian harus menunjukan antusias, minat, bakat, dan juga semangat yang menggelora.

Nah, itulah dia beberapa tips, manfaat, tujuan, dan juga pengertian dari job fair. Selain menyertakan kemampuan dan riwayat pendidikan untuk mendapatkan pekerjaan, pastinya dibutuhkan persiapan yang matang dan file penting yang harus dilampirkan salah satunya CV.

Untuk kalian yang ingin meningkatkan kualitas CV, Sobat bisa mengikuti kursus Vocasia yang membahas Membuat CV yang Ramah Applicant Tracking System (ATS). Dengan begitu, hal ini akan membantu Sobat untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Yuk, buruan daftar sekarang juga dan dapatkan benefit serta potongan harganya, WAKTU TERBATAS!

sukses wawancara - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *