Tanggal:25 April 2024

Kajian Kasus Negatif dalam Penelitian

Dalam sebuah penelitian terdapat kajian kasus negatif untuk mendapatkan informasi atau data yang baik. Oleh karena itu, berikut dibawah ini adalah penjelasan mengenai kajian kasus negatif dalam penelitian. Simak dibawah ini, yuk!

Baca juga : Tahap Kondisi Pengumpulan Data dalam Penelitian

Kajian Kasus Negatif dalam Penelitian

Umumnya kajian kasus negatif dilakukan dengan jalan mengumpulkan contoh dan kasus yang tidak sesuai. Dengan dan kecenderungan informasi yang telah dikumpulkan dan digunakan sebagai bahan pembanding. Kajian ini dapat dilakukan dengan mengkaji suatu kegiatan penelitian lain yang gagal. Umpamanya para petugas lapangan, karena kesulitan di lapangan tidak dapat menemui informan di rumah masing-masing informan. Sebagai jalan keluarnya, mereka mengumpulkan informan di balai desa. Serta mewawancarai mereka sepuluh orang sekaligus. Karena peneliti memperoleh informasi yang sama pada wawancara berikutnya. Alhasil peneliti menganggap bahwa sepuluh informan berikutnya lagi akan menyampaikan informasi yang sama pula. Maka peneliti tidak melakukan wawancara kepada informan lagi. Tetapi mengisi sendiri lembaran interview itu dan meninggalkan desa tersebut.

Kasus-kasus negatif semacam ini dapat digunakan untuk mencegah terjadinya hal yang sama pada penelitian yang akan dan sedang dilakukan. Hal ini dalam rangka meningkatkan kualitas keabsahan data penelitian.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai kajian kasus negatif dari penelitian. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Baca juga : Proses Auditing dalam sebuah Penelitian

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *