Tanggal:25 April 2024
kapan anda dapat mulai bekerja

Jawaban “Kapan Anda Dapat Mulai Bekerja?” Saat Interview

Saat mengikuti sesi wawancara kerja, ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan, salah satunya adalah, “Kapan kamu dapat mulai bekerja?” Pertanyaan ini penting karena memberikan kesempatan bagi kamu untuk menunjukkan kesiapan dan komitmen kamu terhadap pekerjaan yang kamu lamar.

Jawaban yang tepat dapat membantu menciptakan kesan positif kepada pewawancara. Berikut Vocasia  memberi panduan lengkap untuk memberikan jawaban yang baik dan mudah dipahami terhadap pertanyaan kapan Anda dapat mulai bekerja.

1. Ketika Kamu Langsung Bisa Bergabung

Jika kamu saat ini tidak memiliki pekerjaan, tentu saja kamu ingin menjawab pertanyaan “kapan Anda dapat mulai bekerja” dengan mengatakan bahwa kamu bisa mulai besok. Namun, perlu diingat bahwa jawaban tersebut dapat memberikan kesan yang berbeda kepada pewawancara.

Jawaban tersebut mungkin akan terlihat kurang antusias, bahkan dapat menunjukkan keputusasaan karena belum mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, lebih baik memberikan jawaban yang menyatakan bahwa kamu dapat mulai bekerja secepatnya atau “as soon as possible”.

Selain itu, mengutip dari The Muse, ada jawaban lain yang dapat kamu berikan, yaitu dengan mengatakan bahwa kamu dapat memulai bekerja pada awal minggu berikutnya. Berikut ini contoh jawaban yang dapat kamu berikan:

“Saya sangat antusias untuk bergabung dengan perusahaan ini dan memulai peran baru. Saya siap untuk mulai bekerja secepatnya atau bahkan pada awal minggu berikutnya. Saya menghargai kesempatan ini dan siap untuk memberikan kontribusi yang terbaik kepada tim.”

Dengan memberikan jawaban seperti ini, kamu menunjukkan antusiasme dan komitmen kamu terhadap pekerjaan yang kamu lamar. kamu juga memberikan kesan bahwa kamu siap untuk berkontribusi dengan segera, tanpa memberikan janji palsu yang tidak dapat dipenuhi.

Selalu ingat untuk memberikan jawaban yang jujur dan realistis, tetapi tetap menunjukkan semangat dan kesiapan untuk memulai peran baru. Dengan pendekatan ini, kamu dapat meningkatkan kesempatan kamu untuk berhasil dalam wawancara kerja dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

2. Jawaban Jika Kamu Perlu Memberitahu Perusahaan yang Sekarang

Jika kamu tidak memiliki pekerjaan saat ini, tentunya kamu  ingin menjawab pertanyaan “kapan bisa mulai bekerja” dengan mengatakan bahwa kamu dapat mulai bekerja besok. Namun, perlu diingat bahwa hal tersebut dapat memberikan kesan yang berbeda kepada pewawancara.

Jawaban tersebut mungkin akan terlihat kurang antusias, bahkan dapat menunjukkan keputusasaan karena belum mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, lebih baik memberikan jawaban yang menyatakan bahwa kamu dapat memulai bekerja secepatnya atau “sesegera mungkin”.

Selain itu, seperti yang dilaporkan oleh The Muse, ada juga jawaban lain yang bisa kamu berikan, yaitu dengan menyebutkan bahwa kamu dapat memulai bekerja pada awal minggu depan. Berikut ini adalah contoh jawaban yang bisa kamu berikan:

“Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan perusahaan ini dan memulai peran baru. Saya siap untuk memulai bekerja sesegera mungkin atau bahkan pada awal minggu depan. Saya sangat menghargai kesempatan ini dan siap memberikan kontribusi terbaik kepada tim.”

Dengan memberikan jawaban semacam ini, kamu menunjukkan antusiasme dan komitmen terhadap pekerjaan yang kamu lamar. kamu juga memberikan kesan bahwa kamu siap untuk berkontribusi segera, tanpa memberikan janji yang tidak dapat dipenuhi.

Ingatlah untuk memberikan jawaban yang jujur dan realistis, tetapi tetap menunjukkan semangat dan kesiapan untuk memulai peran baru. Dengan pendekatan ini, kamu dapat meningkatkan peluang untuk berhasil dalam wawancara kerja dan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

3. Jawaban Ketika Memerlukan Waktu Istirahat

Kadang-kadang, ketika seorang pekerja baru saja mengundurkan diri dari pekerjaan sebelumnya, mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi sebelum memulai di perusahaan berikutnya. Kamu dapat meminta izin untuk mendapatkan waktu istirahat sebelum bergabung dengan perusahaan baru.

Contoh jawaban yang bisa kamu berikan:

“Saya membutuhkan waktu transisi sebelum bergabung dengan perusahaan ini untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja baru. Selain itu, ada beberapa masalah pribadi yang perlu saya selesaikan sebelum memulai pekerjaan di posisi ini. Apakah mungkin bagi saya untuk memulai pekerjaan pada minggu ke-4 bulan depan? Saya berharap dapat memahami situasi saya.”

4. Jawaban Ketika Menyesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Jika kamu memiliki keterbatasan waktu tertentu, kamu dapat menyesuaikan waktu mulai bekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Contoh jawaban yang bisa kamu berikan:

“Saya dapat mulai bekerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun, saya akan berterima kasih jika diberikan waktu 5-7 hari untuk melakukan persiapan sebelum bergabung dengan tim. Namun, saya juga bersedia untuk bersikap fleksibel jika perusahaan membutuhkan saya untuk memulai posisi ini secepat mungkin.”

5. Jawaban Ketika Membutuhkan Waktu untuk Pindah

Jika kamu menghadiri wawancara kerja untuk posisi yang berlokasi di kota atau provinsi yang berbeda dari tempat tinggal kamu saat ini, kamu pasti membutuhkan waktu untuk pindah. kamu dapat menjelaskan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk pindah dan kapan kamu dapat mulai bekerja. Contoh jawaban yang bisa kamu berikan:

“Karena posisi ini mengharuskan saya untuk pindah ke kota baru, saya membutuhkan beberapa hari untuk mencari tempat tinggal baru dan melakukan pemindahan barang. Setelah proses pindah selesai, saya akan siap untuk memulai bekerja. Apakah perusahaan memiliki kebijakan atau batasan waktu tertentu untuk karyawan yang pindah lokasi seperti saya?”

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *