Tanggal:30 April 2024

Kemenkop UKM RI Minta Masyarakat Berkolaborasi dengan Swasta untuk Kemajuan UMKM

TIMES JAKARTA, JAKARTA – Deputi Bidang Kewirausahaan Menteri Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM RI), Siti Azizah menekankan pentingnya kolaborasi antara kelompok masyarakat dengan perusahaan swasta, serta stakeholder lainnya agar UMKM mampu bangkit di masa pandemi.

Hal ini disampaikan Siti Azizah dalam webinar nasional bertajuk ‘Memperkuat Kolaborasi Pasar untuk Pengembangan UMKM Papua’ di Jakarta, Jumat (27/8/2021), mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.

Dalam webinar tersebut, dia juga memaparkan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM mempunyai target rasio Kewirausahaan tahun 2021 sebesar 3,55% dan 3,94% pada 2024. Oleh karena itu dia ingin merangkul semua stakeholder agar mau berkolaborasi.

“Di masa pandemi ini, UMKM merupakan sektor yang sangat terdampak, untuk itu kolaborasi merupakan kunci agar UMKM mampu bangkit dan melakukan inovasi pengembangan produk sehingga dapat bersaing baik di pasar domestik maupun global,” kata Siti Azizah di Jakarta, Jumat (27/8/2021).

“Adanya kolaborasi antara kelompok masyarakat di Papua dengan perusahaan swasta, dan stakeholder lainnya diharapkan mampu meningkatkan kualitas produk hasil hutan yang bernilai ekonomi namun tetap menjaga kelestarian hutan, serta memperluas jaringan distribusi pemasaran produk dimaksud,” lanjut Azizah.

Siti Azizah menjelaskan bahwa Papua memiliki potensi sumber daya yang cukup besar untuk dikembangkan menjadi produk yang berdaya saing. Dia mengapresiasi berbagai pihak yang sudah bersedia menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan kekayaan alam Papua. Salah satunya melakukan promosi besar-besaran lewat media sosial.

Untuk diketahui, Webinar ini merupakan rangkaian dari acara sekaligus penutup Festival Torang Pu Para Para yang diadakan secara maraton sejak tanggal 16 Agustus 2021 dan diselenggarakan oleh The Asia Foundation (TAF) bersama Perkumpulan PUPUK Surabaya, bekerjasama dengan KIPRa Papua, PtPPMA Papua, Mnukwar Papua, dan GEMAPALA Fakfak.

Siti Azizah mengapresiasi program Webinar Nasional ini. Dia mengaku salut kenapa berbagai komunitas yang mau berkolaborasi untuk mempromosikan berbagai kegiatan positif seputar Papua. Dia tidak menyangka semangat anak-anak muda di dalamnya masih menyala saat kondisi negara sedang dilanda pandemi.

“Penyelenggaraan kegiatan Festival Torang Pu Para Para ini merupakan salah satu contoh kolaborasi yang dilakukan oleh TAF bekerjasama PUPUK dalam rangka mengembangkan inovasi produk UMKM di Tanah Papua,” pungkas Siti Azizah.(*)

Sumber Artikel ini : jakarta.times.co.id – Kemenkop UKM RI Minta Masyarakat Berkolaborasi dengan Swasta untuk Kemajuan UMKM

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *