Tanggal:15 May 2024

KEUNTUNGAN BELANJA SAAT PROMO FLASHSALE BUKALAPAK

Bukalapak menyediakan berbagai kebutuhan dengan kualitas terbaik dan harga termurah. Aneka kebutuhan seperti perlengkapan bayi & anak, fashion muslim, smartphone & aksesories, pakaian dan tas pria hingga wanita tersedia di Bukalapak dengan berbagai promo belanja menarik.

Salah satu promo yang wajib diketahui para pengguna marketplace Bukalapak adalag promo flashsale. Promo flash sale merupakan sebuah penawaran dengan konsep potongan harga pada jangka waktu tertentu. Sesuai dengan namanya, program flash sale berkonsep siapa cepat dia yang akan dapat.

Hal tersebut dikarenakan tidak semua produk dikenai nominal potongan yang begitu fantastis dan jumlah produk yang termasuk ke dalam promo flash sale pun terbatas.

Pelanggan yang mengikuti promo flash sale akan bersaing dengan ratusan hingga ribuan pelanggan lainnya untuk memperebutkan barang yang jumlahnya terbatas. 

Flash sale adalah mode pemasaran e-commerce yang populer di mana pemilik brand menjual produk baru dalam jumlah terbatas dengan harga diskon dalam waktu tertentu sebelum periode penjualan normal.

Flash sale awalnya dikembangkan untuk membantu pemilik brand menjual dengan harga diskon dengan memanfaatkan persediaan berlebih yang tidak dapat dijual dengan harga penuh di toko.

Namun, pemilik brand pada umumnya memilih menggunakan platform flash sale untuk menjual produk baru dalam beberapa tahun terakhir, misalnya Adidas, BLOCCO, Goldlion, Lancome, ST&SAT, Walker Shop, OLAY dll.

Pada kenyataannya, pemilik brand yang berbeda dengan popularitas dan produk yang berbeda telah mengadopsi cara yang berbeda untuk menjual produk baru di platform flash sale.

Misalnya, beberapa menawarkan diskon besar atau bahkan gratis, sementara yang lain hanya memberikan diskon kecil atau bahkan membebankan harga penuh, beberapa menjual dalam jumlah besar, sementara yang lain menjual dalam jumlah kecil, beberapa menjual produk baru di kedua platform flash sale dan di toko fisik, sementara yang lain menjual produk baru secara eksklusif di platform flash sale.

Pemilik brand biasanya hanya menjual produk baru dalam jumlah terbatas di platform flash sale, sehingga mayoritas pelanggan hanya dapat membeli produk dengan harga penuh pada periode penjualan normal.

Saat pemilik brand mengikuti flash sale, mereka akan menjual produknya dengan harga rendah terlebih dahulu di platform flash sale kemudian dengan harga tinggi di periode penjualan normal. 

Meskipun promo ini memiliki kuota dan waktu yang terbatas, ada banyak keuntungan yang didapatkan pelanggan serta penjual dibandingkan jika membeli atau menjual dengan harga dan waktu normal. Berikut beberapa keuntungan mengikuti promo flash sale: 

  1. Potongan harga besar

Keuntungan belanja saat promo flash sale yang pertama adalah pelanggan akan mendapatkan potongan harga yang cukup besar. Bahkan, pelanggan dapat membeli produk berkualitas dengan diskon hingga 90%. Akan tetapi, diskon yang mencapai 90% ini biasanya memiliki lebih banyak kandidat yang ikut memperebutkannya. 

  1. Menemukan Produk Incaran yang Limited Edition 

Biasanya, produk dalam promo ini akan jauh lebih sedikit dan tersedia hanya dalam satu atau dua sampel (limited edition).

Agar tidak kehabisan produk yang ternyata cukup worth it to buy, kita harus mempersiapkan diri dengan koneksi internet yang memadai dan pilih proses pembayaran tercepat. 

  1. Meningkatkan omzet penjualan

Keuntungan menjual pada saat musim flash sale bagi para pedagang yaitu memberikan kesempatan untuk meningkatkan omzet penjualan dengan waktu yang cepat.

Pasalnya, penjualan dengan cara ini sering menciptakan rasa urgensi di benak calon pembeli terlebih lagi jika barang yang dijual terkategori sebagai barang yang Limited Edition.

Dengan model promosi flash sale yang menampilkan potongan harga fantastis, konsumen akan berpikir cepat dalam mengambil keputusan.

Pembelian impulsif seperti ini akan membuat calon pembeli takut kehilangan kesepakatan bagus yang ditawarkan karena terdapat ratusan atau ribuan pelanggan yang akan akan bersaing untuk mendapatkan barang tersebut.

Maka dari itu, flash sale bertujuan memotivasi pelanggan untuk membeli produk maupun membelanjakan lebih banyak uang daripada biasanya.

  1. Produk semakin dikenal 

Keuntungan lainnya dari adanya flash sale adalah dapat meningkatkan brand awareness produk atau toko online pedangan sehingga bisa dikenal banyak orang.

Terlebih lagi Bukalapak menggunakan berbagai situs hingga media sosial yang didedikasikan untuk berbagi penawaran bagus sehingga seluruh masyarakat Indonesia dapat mengakses informasi promo flash sale tersebut. 

  1. Sarana untuk Menjual Kelebihan Persediaan atau Produk yang Rendah Peminat

Flash sale bermanfaat untuk membantu menghasilkan permintaan baru untuk produk, dalam rangka mengurangi inventaris (daftar keseluruhan barang milik perusahaan). Misalnya, menjual produk lama dan menambahkan produk baru juga akan membantu mengurangi biaya operasi dan persediaan barang.

Flash sale juga berguna untuk menjadi tempat menjual produk atau barang di luar musim yang tidak terjual (seperti yang diharapkan). Oleh sebab itu, flash sale memungkinkan kita untuk bisa tetap menghasilkan uang dari inventaris.

Ditulis Oleh Julia Rosela Kapisa (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *